Pantai Tebing, Lombok – Pantai Bertebing Indah Jejak Letusan Rinjani Tua

Pantai Tebing. Seterusnya, pantai akan selalu menjadi salah satu objek wisata alam paling diminati. Menjadi tempat ideal bagi beragam jenis wisatawan untuk meremajakan fikiran, untuk mengasah rasa ketakjuban. Khususnya bagi traveler petualang, seolah wajib menambah koleksi kunjungan pantainya.

Sebagai negeri kepulauan, Indonesia dibatasi oleh border pantai-pantai menawan. Jadilah bijak untuk menjelajah perlahan, satu per satu. Seperti Blog Kulo yang senantiasa memperbarui daftar koleksi artikel pantainya. Khusus bagi sobat yang tengah berada di Lombok, ada Pantai Tebing yang menunggu keterpikatan Anda.

Pantai Tebing merupakan pantai yang turut meneguhkan citra keindahan alam Kabupaten Lombok Utara. Sejenak beralihlah dari gegap gempita Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Dapati pantai ini di Kecamatan Gangga. Lokasi tepatnya berada di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Tebing
sumber : @mary_we_

Tentang Pantai Tebing

Pantai ini unik mengusung keindahan dengan citarasanya sendiri. Tebing sekira 20-25 meter tingginya tampak kokoh membentengi pesisirnya yang berpasir hitam. Tidak diketahui perihal asal mula namanya, mungkin tebing inilah yang melatarbelakangi penamaan pantai di perairan sekitar Selat Lombok ini.

Komposisi alam yang memadukan tebing nan gagah, hamparan pasir hitam serta laut yang membiru benar-benar elok di pandang mata. Meski suasana siang hari cenderung panas, banyak wisatawan yang lebih disibukkan oleh aktivitas mereka. Mendekati perairannya, atau yang paling populer, berswafoto dengan latar belakang tebingnya.

Tebing pasir yang ikonik itu dikatakan sebagai sisa-sisa letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Gunung Samalas yang terjadi pada tahun 1257. Letusan terbesar pada periode 7000 tahun terakhir. Awan panas bercampur dinginnya air laut menimbulkan letusan sekunder, terlontar ke darat dan endapannya diduga membentuk tebing di pantai ini. sumber

Tebing di sini sangatlah istimewa dengan dinding bertekstur lekukan. Terlihat bersih dan indah. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang ke sini selalu menyempatkan waktu berselfie kemudian membaginya di sosial media. Bagi penggemar fotografi, lanskap pantai ini sangat eksotis untuk diabadikan.

Pantai Tebing Lombok
sumber : @teguhfiqriazi

Fasilitas di Pantai Tebing

Salah satunya karena akses yang mudah berlokasi di sekitar perkampungan, saat ini sudah banyak tempat makan di sekitar pantai. Rumah makan terdekat berjarak sekitar 1,5 km dari pantainya. Demikian pula untuk akomodasi, ada penginapan sejenis resort tidak terlalu jauh dari lokasi pantai.

Di lokasi pantainya sendiri belum ada fasilitas penunjang. Sejauh ini hanya ada lahan sebagai tempat parkir mobil dan sepeda motor. Bagaimana dengan tiket masuk? untuk saat ini harga tiket masuk pantai inigratis tidak dipungut biaya. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya untuk parkir saja.

Tebing Beach
sumber : @fachreeizzy

Lokasi & Rute Pantai Tebing

Pantai Tebing berjarak sekitar 47 km dari pusat kota Mataram. Aksesnya mudah bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun angkutan. Ada angkutan umum dari Terminal Mandalika yang melewati pantai ini. Tarifnya sekitar 25 ribu. Perjalanan bisa melalui Pantai Senggigi maupun kawasan Hutan Pusuk.

Pantai ini berada 200 meter dari jalan utama yang menghubungkan Desa Bayan dan Mataram. Dari jalan raya masuk ada jalan tanah untuk sampai ke lokasi pantai. Jalan itu cukup lebar dan bisa dilalui oleh mobil hingga tiba di lahan parkir. Untuk mempermudah, manfaatkan peta berikut. Klik “directions/ petunjuk arah”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *