• sumber : bertemanangin.wordpress.com

Teluk Hijau, Banyuwangi – Pantai Perairan Dangkal yang Eksotik

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Teluk Hijau. Bagian selatan Banyuwangi menyimpan sederetan pantai molek yang setia menunggu kedatangan siapa saja yang kaya akan rasa kagum. Wisata alam pantai telah menjadi magnet kuat dan memberi sumbangsih besar dalam mempertegas pesona Bumi Blambangan ini. Cobalah ke Taman Nasional Meru Betiri, fokuslah ke Pantai Teluk Hijau, niscaya setidaknya 3 wajah keindahan akan memanjakan Anda. TN. Meru Betiri bisa dikunjungi di Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Teluk Hijau adalah pantai feminim yang menghadirkan komposisi alam dengan didominasi warna hijau, tidak terkecuali warna pantainya. Pantai dengan perairan dangkal yang kaya akan alga, sehingga memantulkan kehijauan dipermukaan airnya. Sementara itu, ombak mengalun cukup tenang dengan setia menyapa hamparan pasir putihnya. Hanya perlu diketahui, bahwa pasir pantai ini adalah lebih lembut daripada pasir-pasir pantai lain.

Rimbunnya kehijauan hutan yang menyelimuti bebukitan karang juga turut menyempurnakan keeksotikan pantai ini. Bahkan tidak hanya itu, Pantai Teluk Hijau juga termasuk keberadaan air terjun kecil berdebit air sedang. Mengingat keindahan air terjun lebih diwakili oleh debit airnya, maka di musim penghujan air terjun ini semakin menampakkan keindahannya. Selain itu, pantai ini juga bersebelahan dengan Teluk Damai yang hampir tak berpasir, namun penuh batuan malika dan memiliki gelombang ombak yang kontras dengan apa yang disajikan di Teluk Hijau.

Aktivitas di Teluk Hijau

Pantai Teluk Ijo dikatakan sebagai salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Banyuwangi, maka dari itu persiapkan diri sebaik-baiknya untuk bermanja di setiap bagiannya. Awali kedatangan dengan merasakan benar kelembutan pasirnya, mendekatlah dan biarkan kesantunan alunan ombak menyapa dan membasahi ujung jari kaki Anda.

Menjelajahi dan mengagumi setiap sudutnya, karena bebukitan karang yang berselimut hijaunya rimbun tetumbuhan itu menunggu Anda menghayatinya. Sesekali fahamilah, bebatuan besar kecil yang berserakan itu juga ada. Meski tak beraturan, batu-batu turut mengukuhkan keeksotikan. Santunlah, sesantun nuansa ketenangan alam pantai ini.

Lebarkan petualangan ke sisi timur, datangilah air terjun yang konon menjadi tempat mandi para bidadari itu. Boleh juga mencoba menelusuri sejarah mistisnya, tentang pelangi yang menggantung di Teluk Rajegwesi selama beberapa hari yang katanya bermula dari air terjun ini. Masyarakat punya cerita perihal keberadaan sesosok perempuan yang tengah mandi bersamaan dengan kedatangan pelangi.

Pastikan durasi liburan ini panjang. Pastikan juga Anda telah datang ke pantai tetangga, Teluk Damai. Lakukanlah perbandingan dan lihatlah betapa kedua pantai ini bertolak belakang. Teluk Ijo nan tenang, berpasir lembut, berombak santun, sementara Teluk Damai begitu maskulin dengan tebaran batu-batu, “Berisik” disaat kerasnya ombak bersikeras menghantamnya.

Buktikanlah bahwa Anda benar-benar mencintai alam, maksimalkan wisata dengan bermalam mendirikan tenda. Hanya saja waspadalah, disaat air pasang, ombak mengambil alih seluruh permukaan pantai. Jadi, carilah tempat ideal di semak-semak (perdu). Perlu juga diperhatikan, kawasan ini juga menyimpan habitat hewan-hewan liar termasuk rusa dan macan tutul. Ada baiknya, melapor dan meminta izin terlebih dahulu jika berminat berkemah disini.

Tiket & Fasilitas Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau lebih ideal bagi mereka yang menghendaki wisata berbau petualangan, bukankah itu Anda?. Menyandang sebutan pantai tersembunyi, berarti pula bahwa Teluk Hijau belumlah dilengkapi dengan fasilitas, tidak ada kamar mandi atau apapun itu. Jadi bersiaplah masuk pada keterbatasan, siapkan segala yang dibutuhkan, apalagi jika berniat untuk berkemah disini. Jika membutuhkan air bersih untuk membersihkan diri dari pasir, silahkan menuju ke air terjun yang hanya berjarak 20 meter saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Hijau : Pengunjung yang ingin berlibur ke pantai ini, diwajibkan membayar tiket masuk di pos Rajegwesi seharga 7 ribuan perorang. Jika ingin menggunakan jalur laut, dari Pantai Rajegwesi bisa naik perahu seharga Rp 35.000 per orang. Jangan lupa, biaya parkir kisaran 5.000 hingga 10.000 rupiah.

Rute & Maps Pantai Teluk Hijau

Liburan ke Taman Nasional Meru Betiri, termasuk ke pantai ini benar-benar dibutuhkan semangat berpetualang. Desa Rajegwesi adalah pintu masuk, disini adalah tempat pengunjung menentukan bagaimana cara terbaik menuju ke Teluk Hijau. Jika memilih yang termudah, bisa memilih jalur laut dengan berperahu. Bisa juga memilih berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer dengan kondisi jalan yang lumayan ekstrim, naik turun penuh batuan terjal.

Rute ke Pantai Teluk Hijau bisa melalui Banyuwangi atau Jember. Dari Banyuwangi sekitar 90 kilometer, sementara dari Jember kurang lebih 100 kilometer. Baik dari Banyuwangi atau Jember, lanjutkan perjalanan ke arah Pantai Sukamade melalui Jajag. Lanjut ke perempatan pasar Bangorejo dan terus ke pasar Pedotan hingga Kesilir. Teruskan ke pasar Pesanggaran, PTPN sampai ke Desa Kandangan dan Sarongan dan tiba di Rajegwesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *