• sumber : kitamuda.id

Pantai Tiga Warna, Malang – Surga Bagi Penggemar Snorkeling

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Tiga Warna. Anda penggila wisata pantai? Datanglah ke Malang Selatan, kunjungilah Pantai 3 Warna niscaya Anda akan terpesona. Pantai molek ini tepatnya berada di Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

Melalui kedalaman yang berbeda, Pantai Tiga Warna mampu menghadirkan kesan air laut yang khas dengan 3 warna yang berbeda, biru, hijau dan kuning. Selain kedalaman, warna-warna yang ditimbulkan tersebut juga disebabkan oleh banyaknya jumlah alga di dasar pantai.

Pantai 3 Warna tergolong sebagai pantai baru di Malang selatan, namun oleh karena kecantikannya, pantai ini menjadi salah satu yang terpopuler di kunjungi. Pantai yang baru dipublikasikan pada tahun 2014 ini, terletak satu wilayah dengan Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Ketiga pantai tersebut adalah bagian dari Clungup Mangrove Conservation.

Mengingat letaknya yang berada di kawasan konservasi Mangrove, sehingga pengelola menerapkan beberapa aturan kepada wisatawan yang hendak mengunjunginya. Terdapat batasan kunjungan dalam satu hari yakni maksimal 100 orang, selain itu ketika masuk harus melalui sistem reservasi. Tidak hanya itu, untuk menjaga keasrian dan kebersihan, pengunjung wajib membawa kembali sampah dari makanan atau minuman yang telah dibawa masuk.

Aktivitas di Pantai Tiga Warna

Pantai 3 Warna adalah pantai yang menawan. Tidak hanya panorama alam pantainya saja, namun juga keindahan bawah lautnya. Ini berarti snorkeling adalah aktivitas ideal di pantai ini. Jika snorkeling adalah aktivitas yang Anda gemari, adalah ide bagus untuk segera meluncur ke pantai ini.

Menyibukan diri dengan berenang dan bermain air adalah aktivitas yang populer, selain mengagumi keindahan bawah laut dengan snorkeling. Tentunya masih banyak yang bisa dilakukan, mungkin Anda lebih suka bermalas-malasan, bisa juga dengan jelajah pantai dan takjub dengan panorama pantai yang asri, bersih serta terlindungi oleh hijaunya hutan lindung.

Fasilitas di Pantai Tiga Warna

Seperti yang telah disebutkan di atas, pantai ini menjadi bagian dari kawasan konservasi hutan Mangrove dimana pengelola memberikan aturan yang sangat ketat khusus pantai ini, termasuk batas kunjungan maksimal 2 jam. Oleh karena snorkeling menjadi aktivitas utama di pantai ini, tersedia fasilitas penyewaan alat snorkeling meliputi pelampung dan kacamata.

Bagi yang ingin mendirikan tenda, bisa dilakukan di pantai lain dalam kawasan hutan konservasi, biasanya di Pantai Gatra.  Di pantai tersebut juga tersedia fasilitas dasar seperti toilet. Sebagai info tambahan, berwisata ke Pantai Tiga Warna berarti juga berlibur ke beberapa pantai sekaligus. Selain Clungup dan Gatra, Anda juga melewati pantai Watu Pecah.

Tiket & Booking Pantai Tiga Warna

Demi menjaga kelestarian Pantai Tiga Warna, pihak pengelola menerapkan aturan yang cukup ketat. Ketika ingin berlibur ke pantai ini, pembaca sebelumnya harus booking terlebih dahulu dengan menelepon pihak pengelola. Tanpa melalui booking, kemungkinan besar Anda hanya bisa berkunjung ke pantai lain yang masih satu wilayah dengan pantai ini.

Proses booking dimaksudkan agar bisa memastikan bahwa Anda tidak kehabisan kuota kunjungan. Seperti yang telah di sebutkan di awal, kunjungan ke pantai ini dibatasi sampai 100 orang perhari, itu pun batas maksimal kunjungan hanya 2 jam perorang. Jadi, sebelum jauh- jauh datang, setidaknya Anda dapat kepastian bisa berkunjung ke Pantai 3 Warna.

Harga tiket masuk ke Pantai Tiga Warna sebenarnya sangatlah terjangkau, namun oleh karena ketatnya aturan, pengunjung diwajibkan untuk sekalian menyewa jasa pemandu wisata. Berikut ini adalah rincian harga tiket, jasa pemandu wisata, sewa alat dan parkir kendaraan :

  • Harga Tiket : Rp 10.000 / per orang
  • Pemandu Wisata : Rp 100.000 / per 10 orang
  • Alat Snorkeling : Rp 20.000 (pelampung dan kacamata)
  • Biaya Parkir : Rp 5.000 (spd motor) / Rp 10.000 (mobil)

* Untuk booking silahkan coba hubungi : 0823-2094-8529 atau 0812-3333-9889
* Harga diatas sewaktu- waktu bisa berubah

Rute & Maps Pantai Tiga Warna

Dari Kota Malang, pantai ini terletak sekitar 70 km. Dibutuhkan sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Dari Kota Malang, silahkan melanjutkan perjalanan ke arah Turen dan temukanlah sebuah pertigaan yang ada petunjuk jalan ke arah Sendangbiru (ke kiri).

Setelah menemukan dan memilih melanjutkan ke Pantai Sendangbiru, ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk jalan ke Pantai Clungup. Ikuti jalan itu hingga menemukan kantor Clungup Mangrove Conservation.

Dari kantor tersebut, perjalanan akan melewati jalan sempit dan agak sulit. Sepeda motor masih dimungkinkan untuk melaluinya, namun mobil harus diparkir sekitar 1 km sebelum masuk konservasi mangrove. Dalam hal ini, Anda akan melewati Pantai Clungup terlebih dahulu sebelum ke Pantai Tiga Warna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *