Pantai Tomen, Malang Selatan – Indah Tersembunyi di Area Konservasi

Pantai Tomen. Bagian selatan Malang, berhias ragam pantai yang memanjakan. Saking banyaknya, selalu ada kemungkinan untuk menjelajah beberapa pantai sekaligus. Jika berminat, cobalah pergi ke Clungup Mangrove Conservation dan temukan Pantai Tomen dalam jajaran pantai indah diarea tersebut.

Secara administratif, pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Clungup adalah pintu masuknya. Jadi, sebagai langkah awal sobat perlu menuju pantai tersebut dengan menempuh perjalanan ke selatan, sekitar 72 kilometer dari Kota Malang.

Meski kalah tenar dengan pantai-pantai lain di area konservasi Clungup, Pantai Tomen tidaklah kalah dalam hal keindahan alamnya. Nuansa tenang mendominasi karena lokasinya yang tersembunyi. Lautnya yang membiru berhias hijau bukit-bukit karang sehingga ombak yang menepi pun lebih bersahabat.

Bersantai di hamparan pasir putih, berteduh dalam naung rindang pepohonan, sembari tetap takjub pada apa yang tersaji di sejauh mata memandang. Datang dan realisasikan kedamaian itu, bersama yang terkasih atau sahabat. Dengan tetap penuh etika, bolehlah menganggap pantai ini milik sendiri.

Hanya saja, sebagai pantai yang tersembunyi, Pantai Tomen minim fasilitas. Tidak ada penjual disekitarnya, jadi sobat bisa membeli apa yang dibutuhkan disekitar ruas jalan utama sebelum masuk Pantai Clungup. Di sana juga ada beberapa homestay atau jika ingin berkemah bisa di Pantai Clungup atau di Pantai Gatra.


Rute & Maps Pantai Tomen

Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk menuju pantai ini paling mudah adalah melalui Pantai Clungup. Sebenarnya pantai ini memiliki pintu masuk sendiri, namun perjalanan menjadi lebih jauh karena harus memutar melalui ladang perkebunan yang jaraknya cukup jauh dari jalan utama.

Lakukan perjalanan dari Kota Malang ke arah Turen hingga bertemu papan petunjuk arah pantai di sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambil arah ke kiri ke Pantai Sendangbiru. Berjalan terus hingga menemukan papan petunjuk jalan ke Pantai Clungup.

Ikuti petunjuk tersebut hingga sampai di sebuah desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk menuju lokasi.

Rute alternatif juga bisa melalui Pantai Balekambang. Dari Kota Malang menuju Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga sampai di perempatan sebelum masuk Balekambang. Belok kiri, ikuti terus Jalan Lintas Selatan tersebut sampai di depan Clungup Mangrove Conservation.

Lokasi Pantai Tomen : Area Perbukitan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *