Pantai Ungapan, Malang Selatan – Molek Pantainya, Menawan Sunsetnya

Pantai Ungapan. Berwisata ke Malang Raya, sangat dimungkinkan mendapatkan paket wisata yang komplit. Selain Kota Batu, Kabupaten Malang tampil dengan ciri khasnya sendiri melalui garis pantai yang panjang di Malang Selatan. Alhasil, ratusan pantai pun siap memanjakan siapa saja dengan banyak pantai yang lokasinya berdekatan.

Untuk diketahui, di dekat Pantai Bajulmati yang populer, ada Pantai Ungapan yang menunggu Anda di Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur. Ungapan adalah citarasa alam sebagai bagian dari panjangnya garis Pantai Bajulmati, selain Pantai Jelangkung. Bahkan, pantai ini terletak lebih dekat dengan Jembatan Bajulmati yang artistik.

Meski tetap mengusung pesona alam yang sama dengan pantai induknya, pantai ini menjadi beda melalui muara sungainya. Muara itulah yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini. Ungapan adalah bahasa Jawa yang berarti muara sungai, sebagai tempat paling digunakan wisatawan menghabiskan sebagian besar waktu di pantai ini.

Panorama Pantai Ungapan cukup kaya dengan bebukitan karang yang menghijau. Termasuk juga bebatuan yang dikatakan bentuknya mirip buaya di sisi sebelah kanan. Lautnya lepas di sepanjang mata memandang.

Tentu saja warnanya biru dengan gradasi semakin muda yang kemudian ditegaskan oleh putihnya riak ombak sebagai sentuhan border laut yang temporer. Meski berwarna lebih gelap dibanding pantai di Malang lainnya, hamparan pasir pantai ini cukup bersih dari karang sehingga nyaman di kaki telanjang.

Pantai Ungapan Malang Selatan
sumber : @goeshanan

Aktivitas di Pantai Ungapan

Selamat datang di Pantai Ungapan. Persiapkanlah banyak-banyak energi wisata dan pastikan cukup untuk melebar ke setidaknya empat pantai molek yang tersedia, termasuk juga Pantai Goa Cina.

Semua bergantung pada gairah dan durasi liburan, karena sebenarnya Pantai Ungapan saja bisa jadi lebih dari cukup untuk memanjakan. Bersiaplah takjub akan alam sembari secara jujur berbahagia untuk kemudian bersyukur akan nikmat kesempatan dan keberadaan.

Sudah pasti liburan kali ini milik Anda sepenuhnya, namun jangan ada keinginan berenang di pantai karena itu bahaya. Seperti diketahui, sebagai pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, gelombang air disini cenderung menggila.

Ungapan Beach Malang
sumber : @malanghitst

Masih jelas teringat di awal Maret lalu, traveler dari Surabaya ditemukan tewas tenggelam di pantai ini. Di waktu-waktu yang telah dimaklumi, boleh saja bermain air di sekitaran muara.

Sejauh ini, muara sungai yang ada di sebelah timur Pantai Ungapan ini adalah tempat ideal untuk menghabiskan waktu. Bergembiralah di kedalamannya yang dangkal dengan arus air yang cenderung tenang.

Bagi yang tidak bisa berenang, bisa juga menyewa ban pelampung agar tetap bisa menikmati bermanja di muara sungai Bajulmati ini. Alternatif lain adalah menyewa perahu untuk menyusuri sungai. Bahkan bagi yang beruntung, jika stok masih tersedia, ada juga perahu bebek yang unik.

Selebihnya, apapun aktivitas Anda, usahakan untuk tetap bertahan hingga sore hari tiba. Pasalnya, matahari terbenam di pantai ini adalah salah satu yang terindah di pantai Malang.

Adapun bagi Anda yang terlanjur betah, silahkan saja bermalam dengan mendirikan tenda. Hanya saja, sejauh yang penulis ketahui belum ada penyewaan tenda di pantai ini. Sehingga perlu membawa segala sesuatunya dari rumah.


Fasilitas Wisata di Pantai Ungapan

Oleh karena Pantai Ungapan tidak sepopuler Pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina, fasilitas di pantai ini pun tidak selengkap yang ada di kedua pantai tersebut. Beberapa warung penjual makanan dan minuman memang bisa ditemukan, namun belum bisa memastikan apakah warung tersebut buka sampai malam atau tidak.

Persiapan sangat penting terutama bagi sobat traveler yang berniat berkemah di Bumi Perkemahan pantai ini. Agar amannya persiapkan bekal sedari awal. Fasilitas lain termasuk kamar mandi serta beberapa pondok kecil untuk berteduh dan bersantai. Untuk melengkapi suasana siang hari, bisa juga membeli es kelapa muda yang tersedia.


Harga Tiket Masuk Pantai Ungapan

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 10.000
Parkir Roda 2 Rp. 10.000
Parkir Roda 4 Rp. 15.000
Sewa Pelampung Rp. 5.000
Sewa Perahu Rp. 50.000 – Rp. 100.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Ungapan Malang
sumber : www.photomalang.com

Lokasi & Rute Pantai Ungapan

Rute pantai ini tentu saja sama halnya dengan rute Pantai Bajul Mati, tepatnya berada disebelah timur pantai tersebut. Jika menggunakan rute melalui Turen, pintu masuk pantai ini berada dekat dengan Jembatan Bajulmati.

Sedangkan jika Anda datang dari arah Pantai Balekambang, pantai ini terletak sebelum jembatan tersebut. Dari Malang sendiri, pantai ini berjarak sekitar 70 kilometer dengan durasi perjalanan berkendara kurang lebih 2,5 jam. Ada dua rute yang bisa ditempuh, sebagai berikut :

  • Rute Pertama : Kota Malang ke arah Turen. Belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Meneruskan perjalanan ke Pantai Sendang Biru sampai ada pertigaan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Pantai Ungapan. Pada rute ini, pantai ini terletak di sebelah barat atau setelah Jembatan Bajulmati. Jalur ini beraspal namun harus naik turun gunung
  • Rute Kedua : Kota Malang ke Kepanjen. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Pagak, terus hingga ke daerah Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan melanjutkan ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan sebelum masuk Balekambang belok ke kiri, kurang lebih 16 km untuk menuju Pantai Ungapan. Jalur ini beraspal, namun jalanan lebih bagus dan lebih direkomendasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *