Pantai Watu Lepek, Malang – Eksotika Alam Didominasi Ketajaman Karang

Pantai Watu Lepek. Mengingat definisi surga yang begitu abstrak, sejauh ini tempat-tempat terindahlah yang dirasa cukup mewakili makna surga itu. Kabupaten Malang terdiri dari bagian-bagian yang mendefinisikan perihal surga, terutama di bagian selatannya.

Di antara sekian pantai yang ada, tersebutlah Pantai Watu Lepek sebagai salah satunya, yang terindah senantiasa mempesona. Pantai molek ini bisa sobat traveler kunjungi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Watu Lepek adalah salah satu Pantai Malang yang cukup pintar menjaga keindahannya. Meski dikatakan letaknya tidak jauh dari Pantai Batu Bengkung yang populer, pantai ini tersembunyi dibalik perbukitan sehingga jarang ada yang menjamahnya.

Alhasil, keperawanan Watu Lepek cenderung terjaga. Lebih asri, lebih bersih sehingga sangat diharapkan pengunjung yang mengunjunginya hanyalah mereka-mereka yang benar-benar mencintai alam. Yang datang dengan segenap etika. Bukankah itu Anda?

Pantai Watu Lepek Malang
sumber : photomalang.com

Deburan ombak pantai selatan menghasilkan harmoni suara dan gradasi warna visual dalam balutan suasana menenangkan. Pasir putih lembut itu jelas terhampar dalam ruang yang sempit. Sementara didominasi oleh kegagahan karang yang dingin dalam ketajamannya.

Sungguh artistik komposisi alam pantai ini. Hijau menyelimuti perbukitan, biru mendominasi warna lautnya, dan putih riak ombak senantiasa terlukis abstrak hingga sampailah air membasahi permukaan pasirnya.

Orang Jawa lebih suka kemudahan dalam menamakan banyak hal, tidak terkecuali nama pantai ini yang hanya berdasar pada bentuk batu karang. Batu yang dimaksud adalah batu sepanjang kurang lebih 20 meter dengan lebar 6 meter menghadap kelaut.

Bentuk batu itulah yang unik, sekilas seperti lepek atau piring kecil yang digunakan untuk mendinginkan minuman panas. Jadilah, ini adalah Pantai, di dalamnya banyak Watu (batu), salah satunya berbentuk seperti Lepek. Kita namakan saja Pantai Watu Lepek.


Aktivitas di Pantai Watu Lepek

Pada umumnya, mereka yang memiliki gairah wisata lebih akan melanjutkan petualangan ke pantai ini setelah memuaskan diri di Pantai Batu Bengkung. Sobat traveler bisa saja melakukan hal serupa untuk melengkapi pengalaman wisata.

Namun, tentu saja dibutuhkan energi lebih mengingat sulitnya medan yang harus dilalui. Penulis sangat yakin, ini bukanlah masalah bagi petualang sejati seperti Anda yang selalu bersemangat untuk menjadi bagian dari keindahan.

Pantai Watu Lepek Malang
sumber : @ulum_prakoso

Sesampainya di kawasan Watu Lepek, yang perlu diluapkan adalah banyak-banyak ketakjuban dan rasa syukur karena diberi kesempatan menikmati sajian alam yang menawan. Hirup udaranya ketika sejauh pendangan hanya keindahan

Sepenuh hati jelajahi pantai ini dengan lebih detail memahami setiap bagiannya. Mencoba terpejam hingga terdengar alunan ombak yang selalu bersikeras ingin meruntuhkan pertahanan karang-karang. Musik alam yang menenangkan!

Bukanlah ide buruk jika sobat seperti traveler kebanyakan yang gemar mengabadikan diri. Namun usahakan latar belakang alam tetap mendominasi fotonya. Betapa foto Anda lebih indah ketika menjadi satu dengan alam dan bukan alam yang hanya dijadikan pelengkap eksistensi diri.

Apalagi? Selanjutnya, Anda-lah yang paling tahu bagaimana cara terbaik untuk berbahagia.


Fasilitas di Pantai Watu Lepek

Sejauh ini pantai ini masih dalam pengembangan. Segala fasilitas hanya bisa pengunjung dapati di Pantai Batu Bengkung. Di Batu Bengkung, pengunjung bisa dengan mudah menemukan beragam fasilitas termasuk mushola, warung makanan, kamar mandi dan lain-lain.

Tidak terkecuali lahan parkir, ketika ingin ke Watu Lepek harus memarkir kendaraan di Pantai Batu Bengkung. Apabila ingin bermalam, perlu diketahui bahwa di kedua pantai ini belum tersedia penginapan. Ide bagusnya, bawa tenda agar semakin maksimal wisata Anda.

Terserah sobat ingin berkemah di mana. Semua bergantung pada bagaimana cara terbaik bagi Anda menikmati liburan kali ini. Yang perlu ditekankan, jika ingin bermalam di Watu Lepek, persiapkanlah segala yang dibutuhkan. Dan…jagalah kebersihan pantai ini.

Pantai Watu Lepek di Malang
sumber : @kaniatistya

Harga Tiket Masuk Pantai

Semua pengunjung bisa menikmati Watu Lepek hanya dengan membayar tiket masuk di Pantai Batu Bengkung. Berikut rinciannya

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 7.500
Parkir Motor Rp. 5.000
Parkir Menginap Rp. 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Lokasi & Rute Pantai Watu Lepek

  • Rute Pertama : Dari Malang lanjut ke Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, lanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Melalui pantai inilah akses ke Watu Lepek.
  • Rute Kedua : Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke Turen. Kemudian belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru hingga sampai di pertigaan. Perhatikan papan penunjuk jalan dan pilihlah arah ke Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung sekitar 3 kilo ke arah barat dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Watu Lepek.

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *