• sumber : jejakpiknik.com

Pantai Watu Leter – Satu yang Paling Eksotik di Malang Selatan

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Watu Leter. Wahai penggila wisata pantai, kemasi barangmu dan bersegeralah ke Malang Selatan untuk menjadi bagian dari keindahan. Habiskan harimu, tinggalkan jejakmu dan kabarkan pada mereka bahwa Watu Leter adalah citra surga. Bisikan pada mereka, pantai ini ada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Watu Leter adalah sebuah harmoni yang menenangkan, melepaskan bahkan memaksa kerinduan untuk kembali datang. Bebatuan karang begitu sabar ketika deburan ombak tak henti-henti membuatnya timbul tenggelam. Keduanya selalu mesra demi sebuah irama yang menghegemoni alam bawah sadar untuk setia pada ketenangan.

Sama saja, berjalan atau bermalas-malasan di pesisir pantai ini tidaklah membuat Anda terlepas dari jeratan pesona warnanya. Bagaimana tidak! Hamparan pasir putih berpadu dengan gradasi biru kehijauan air laut, sementara putihnya riak ombak tetap setia menyapa dan menjadi penyambung setiap bagian dari pantai ini, tidak terkecuali pada pulau-pulau kecil yang melengkapi komposisi.

Tidakkah tulisan ini berlebihan? Tidak! bahkan kurang jika harus menggambarkan betapa eksotiknya pantai yang lebih mirip dengan kolam ini. Tahukah Anda? Pulau-pulau kecil itu adalah tempat kesukaan kawanan penyu abu-abu ketika mereka ingin bertelur. Keberadaan penyu juga berarti bahwa pantai ini benar-benar bersih dan alami sehingga terpilih menjadi pusat pelestarian penyu dan ekowisata.

Perihal penamaan, Watu Leter dikaitkan dengan salah satu tebing bagian ujung pantai yang berbentuk datar. Ini merupakan tebing yang paling menonjol diantara tebing-tebing lainnya. Selain Watu Leter, ada juga yang menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Ngleter.

Aktivitas di Pantai Watu Leter

Watu Leter adalah pantai yang asri dan bersih karena belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Jadi, ketika berkunjung kesini seolah pantai ini milik sendiri dan bersiaplah untuk dimanjakan oleh kemolekannya. Tentu saja, jelajahi setiap sudutnya dengan selalu menyiapkan banyak ketakjuban.

Cobalah melebar hingga sampai dirimbunnya hutan mangrove, tempat dimana air payau mengalir tenang dari Sungai Sitiarjo yang bermuara di pantai ini. Penjelajahan akan semakin seru jika Pembaca mendapatkan ketersediaan perahu. Nikmatilah suasana yang menenangkan ketika menyisiri sungai dengan rimbun tanaman mangrove di sisi kanan kirinya.

Di Pantai Watu Leter, jangan lupa bermain air, sebab itu menyenangkan. Air disini lebih dingin ketimbang pantai tetangga, yakni Pantai Goa Cina. Masuklah perlahan kedalamnya, jadilah tenang setenang alunan ombaknya dan abadikan sebagai bukti bahwa Anda layak menjadi bagian dari keindahan.

Itu saja? tidak juga! Bahkan lebih disarankan untuk mendirikan tenda, agar memaksimalkan pengalaman wisata Anda. Terserah bagaimana cara Anda mengatur kedatangan, pastikan saja menikmati suasana malam dan pagi. Hanya perlu diketahui, matahari terbit dipantai ini benar-benar menawarkan keeksotikan tersendiri.

Tiket & Fasilitas Pantai Watu Leter

Sebagai pantai yang masih tersembunyi, fasilitas di Pantai Watu Leter masih sangat minim. Namun, itu bukan berarti tidak tersedia fasilitas sama sekali. Jika hanya untuk kebutuhan dasar, di pantai ini telah tersedia kamar mandi, mushola dan tempat parkir.

Sementara itu, tidak tersedia fasilitas penginapan di pantai ini. Bagi yang ingin menginap bisa mendirikan tenda. Inilah sisi menarik dari wisata Anda di Watu Leter. Bermalam dengan berkemah akan semakin membuat liburan semakin berkesan.

Menikmati suasana alam pantai di malam hari ditemani hangatnya api unggun tentu menyenangkan, semakin nikmat dengan adanya secangkir kopi hangat. Hanya saja, bermalam di Watu Leter perlu adanya perbekalan yang cukup, mengingat tidak adanya penjual makanan di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Leter : Pengunjung akan dikenakan biaya masuk hanya sebesar Rp 10.000 ditambah biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Sedangkan jika berniat bermalam disini, ada biaya tambahan parkir sebesar Rp 3.000.

Rute & Maps Pantai Watu Leter

Berlibur ke pantai ini, terlebih dahulu pengunjung akan menuju ke Pantai Goa Cina. Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Turen hingga sampai pada pertigaan. Kemudian belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Meneruskan perjalanan ke Pantai Sendang Biru sampai ada pertigaan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Pantai Goa Cina.

Opsi kedua bisa dari Kota Malang ke Kepanjen. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Pagak, terus hingga ke daerah Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan melanjutkan ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan sebelum masuk Pantai Balekambang belok ke kiri menuju Pantai Goa Cina.

Dari Pantai Goa Cina ke Pantai Watu Leter didominasi jalan yang cukup sulit dan sempit. Memasuki hutan bakau dengan jalanan di penuhi batu yang cukup tajam. Setelah itu melewati jalan berumput liar yang tajam dam tinggi. Mobil dipastikan tidak bisa melalui jalan itu dan harus diparkir di dekat Pantai Goa Cina, kemudian lanjut dengan berjalan kaki sekitar 20 menitan. Sementara itu, bagi yang menggunakan sepeda motor bisa memarkir kendaraan di area yang lebih dekat dengan pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *