• sumber : umihabibah.net

Pantai Watu Ulo, Jember – Pantai Dengan Batu Ular Yang Sarat Mitos

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Watu Ulo. Pantai akan menjadi objek wisata yang selalu menarik untuk didatangi. Ketika sampai pada artikel ini, kami tahu Anda adalah satu diantara mereka yang menyukainya, terutama jika tujuan wisatanya adalah Jawa Timur. Banyak tempat di provinsi ini yang memiliki pantai indah, salah satunya adalah Kabupaten jember. Disana Anda bisa meluncur ke Pantai Tanjung Papuma, atau langsung ke pantai tetangga, yakni Pantai Watu Ulo yang lokasinya berada di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember.

Seperti diisyaratkan namanya, keunikan pantai ini lebih ditonjolkan oleh batu yang memanjang seperti ular menjorok ketengah laut. “Watu” berarti batu dan “Ulo” berarti ular. Keberadaan batu tersebut tidaklah terlepas dari berbagai mitos, salah satunya tentang seekor ular raksasa bernama Nogo Rojo yang dikisahkan bertarung berebut wilayah dengan penduduk. Akhirnya, Nogo Rojo kalah dengan tubuh terbelah menjadi tiga. Versi lain menyebutkan, ular tersebut adalah utusan Ajisaka yang bertapa dan membatu, kepalanya berada di Banyuwangi, sementara tubuh dan ekornya berada di pantai ini.

Terlepas dari berbagai kisah yang menyertainya, Pantai Watu Ulo adalah pantai indah yang mana “batu ular” tersebut turut melengkapi komposisi keeksotikannya. Selain Pantai Pasir Putih Malikan (papuma), pantai ini menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Jember yang selalu ramai dipadati pengunjung, siang dan malam hari. Jadi, kedatangan Anda di Jember menjadi wajib untuk mengunjungi kedua pantai ini. Tidak terkecuali berkunjung ke Goa Jepang yang terletak diantara Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma.

Aktivitas di Pantai Watu Ulo

Seperti umumnya sebuah pantai, Watu Ulo sangatlah ideal bagi pengunjung yang ingin bersantai. Bermain diatas pasir, menghirup udara khas pantai sambil menikmati panorama alam yang tersaji. Apabila, energi wisata mencukupi, saran terbaik adalah menjelajah hingga mendaki puncak dari bukit Siti Hinggil. Di bukit inilah tempat terbaik untuk menikmati panorama Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma.

Bagi yang suka berfoto, sembari menjelajahi pantai, temukanlah spot-spot terbaik untuk diabadikan. Berwisata sejarah ke Goa Jepang bisa menjadi aktivitas tambahan untuk menambah pengalaman wisata Anda. Pastikan saja untuk tetap bertahan hingga sampai pada kemolekan senja hari di pantai ini. Biasanya, pantai ini selalu ramai, baik siang maupun malam hari. Jika berminat, bisa juga bermalam dengan mendirikan tenda.

Tiket & Fasilitas Pantai Watu Ulo

Meski tak sebersih pantai Papuma, di pantai Watu Ulo telah tersedia fasilitas yang memadai. Selain area parkir yang cukup luas, di pantai ini sudah tersedia tempat ibadah berupa mushola dan ada beberapa warung makan dan kios. Fasilitas lain termasuk toilet, gazebo, dan camp area. Bagi yang membutuhkan tempat menginap, di sekitar pantai juga ada penginapan dan guest house.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo Jember : Tarif masuk ke pantai ini adalah sebesar Rp 7.500. Harga tersebut berlaku untuk hari biasa maupun hari libur.

Rute & Maps Pantai Watu Ulo

Lokasi pantai Watu Ulo berada di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, atau sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jember. Pengunjung bisa mencapainya dengan akses jalan yang mudah dan banyak petunjuk jalan. Dari jember dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan berkendara ke arah selatan. Berikut ini adalah peta petunjuk jalan ke pantai ini :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *