Pasih Uug (Broken Beach) – Eksotika Karang Berlubang di Nusa Penida, Bali

Pasih Uug (Broken Beach). Keindahan Bali tersebar hingga di pulau-pulau kecil di sebelah tenggaranya, Nusa Penida adalah satu di antaranya. Wisatawan begitu mengagumi kecantikan bawah lautnya, sementara bentang alam pulaunya tak kalah mempesona. Beberapa spot terbaiknya ada di sisi barat, Broken Beach salah satunya.

Broken Beach, atau ada pula yang menyebutnya Broken Bay merupakan nama beken yang berhasil menggeser nama lokalnya, Pasih Uug. Ini adalah formasi pantai indah yang terletak di ujung barat daya Nusa Penida. Baik nama beken maupun nama lokalnya menunjukkan bahwa pantai ini adalah “pantai yang rusak“. Namun, justru alam sengaja membuatnya “rusak” demi menegaskan kemolekannya.

Pantai Pasih Uug adalah salah satu primadona di pulau Nusa Penida, selain Pantai Klingking. Jadi, jika sobat adalah traveler pemburu keindahan yang berencana liburan ke Pulau Bali, wajib mampir barang sejenak atau berlama-lama di pantai ini. Artikel ini akan menjadi menu awal yang mengajak Anda menjelajahi Broken Beach secara maya. Lanjutkan membaca untuk mengetahui detail informasinya.

Pasih Uug Broken Beach Bali
sumber: @infiatravel

Daya Tarik & Aktivitas di Pasih Uug

Broken Beach adalah tentang karang berlubang yang mungkin tercipta akibat proses abrasi selama berabad-abad. Dari atas, pantai ini terlihat seperti kolam alami yang eksotik dengan berbenteng tebing berwarna elegan. Di satu bagian lingkaran tebing setinggi 50-200 meter, ada semacam terowongan sebagai jalan air laut agar senantiasa menggenanginya. Indah dan pasti memanjakan mata.

Bagi traveler pecinta fotografi ataupun selfie, ini adalah tempat terbaik mengabadikan diri dengan latar belakang yang menakjubkan. Anda yang suka landscape photography, mudah menemukan lanskap yang indah. Eksotik lebih menggambarkan pesonanya, karena istilah “pantai” di sini lebih merujuk pada batas alam dengan tebing terjal yang membentang, seperti halnya Pantai Kesirat di Jogja.

Dibutuhkan energi dan gairah berlebih untuk memaksimalkan kegembiraan wisata. Menjelajah dengan trekking di medan berbatu terjal akan memberi pengalaman tersendiri. Jangan juga lengah dengan keindahan, perlu hati-hati di setiap langkah. Selain didominasi batuan karang, Pasih Uug juga diperindah dengan hamparan hijau rumput. Tidak ada yang menghentikan Anda, jika ingin kembali selfie.

Waktu kunjungan terbaik adalah memulai di pagi hari. Selain karena kawasan ini cukup panas, di siang hari biasanya ramai dipenuhi banyak turis mancanegara. Ada baiknya berkunjung ke sini bukan di musim libur, karena sudah pasti kunjungan wisata lebih ramai dari biasanya. Selain lubang karang, ide terbaik lainnya adalah mengunjungi spot Angel’s Billabong di sekitar pantai ini.

Pasih Uug Nusa Penida Bali
sumber: pexels.com

Fasilitas & HTM Pantai Pasih Uug

Untuk saat ini, Broken Beach sudah tertata dengan baik. Fasilitas wisata untuk konsumsi juga sudah tersedia, ada beberapa warung penjual makanan dan minuman, termasuk ada juga restauran di sekitarnya. Tidak dikenakan tiket masuk di pantai ini alias gratis, sementara untuk lokasi parkirnya menjadi satu dengan parkir Angel’s Billabong. Jadi, sayang jika tidak mampir juga ke Angel’s Billabong.

Broken Beach Nusa Penida Bali
sumber: @pesonaid_travel

Peta Lokasi & Rute Broken Beach Bali

Pantai Pasih Uug beralamatkan di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk mengunjunginya, pertama-tama sobat perlu naik speed boat dari Pantai Sanur atau naik kapal feri dari Padang Bai hingga tiba di Nusa Penida. Dari pelabuhan utama Nusa Penida durasi perjalanan sekitar 1,5 jam ke lokasi. Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk mencapainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *