9 Objek Wisata Banyuwangi Ini Dijamin Akan Membuatmu Terpesona

Tempat Wisata Banyuwangi. Selain wisata di Malang Raya, pariwisata Banyuwangi adalah opsi terbaik bagi mereka yang merencanakan liburan ke Jawa Timur. Bumi Blambangan inilah yang pada tahun 2016 lalu diganjar UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Liburan ke Banyuwangi memastikan siapapun mendapatkan pengalaman wisata yang berkesan, apapun citarasa wisatanya. Suka wisata alam? Banyuwangi adalah surganya, baik alam pegunungan maupun pantainya dipastikan memicu ketakjuban siapa saja. Bahkan, setidaknya ada tiga objek wisata alam di Banyuwangi yang telah mendunia.

Untuk diketahui, Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa. Menjadi bagian dari kawasan Tapal Kuda, terletak di ujung paling timur berbatasan langsung dengan Selat Bali. Oleh karena itu, Banyuwangi juga dijuluki sebagai “The Sunrise of Java” karena memang disinilah matahari terbit untuk pertama kali di Pulau Jawa di setiap harinya.

Wisata Banyuwangi bukan hanya tentang wisata alam, namun sebagai destinasi ideal bagi keserbajenisan wisatawan. Julukan Kota Gandrung dan Kota Osing mengisyaratkan bahwa Banyuwangi adalah destinasi wisata seni dan budaya. Sejak 2011, julukan sebagai Kota Festival juga semakin melekat karena beragam festival tahunan rutin di gelar.

Segera! jadilah satu diantara traveler beruntung dimanja gegap gempita wisata di Banyuwangi. Aneka obyek wisata Banyuwangi selalu siap menjamu apapun obsesi liburan Anda. Pastikan rencana keberangkatannya, kemasi barang Anda. Sebagai bekal informasi, berikut adalah daftar tempat wisata Banyuwangi yang terbaik dan wajib dikunjungi.


Rekomendasi Tempat Wisata Banyuwangi


1. Bangsring Underwater – Eksotisme Taman Laut Bumi Blambangan

Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi
sumber : @acutski

Bangsring Underwater menjadi satu diantara tempat wisata Banyuwangi yang paling digandrungi baru-baru ini. Berbeda dengan pantai Banyuwangi pada umumnya, Pantai Bangsring ini lebih menonjolkan kemolekan taman lautnya. Tidak hanya wisatawan domestik, turis asing pun betah dikedalamannya.

Liburan ke Banyuwangi, pastikan destinasi wisata berbasis konservasi terumbu karang ini masuk dalam daftar kunjungan Anda. Perairannya sangatlah jernih berhias keragaman terumbu karang, baik yang alami maupun buatan. Semua itu dipercantik oleh beragam jenis ikan hias berwarna-warni.

Rumah Apung adalah daya tarik utama di Bangsring Underwater yang memungkinkan traveler melakukan banyak hal. Bermain kano atau banana boat, mencoba sensasi berenang bersama ikan hiu jinak, atau bersantai menanti cantiknya pemandangan senja. Tentu, snorkeling & diving adalah aktivitas utama.

Info lengkap : Aktivitas, Fasilitas, Tiket & Rute, baca di Bangsring Underwater Banyuwangi

Jl. Situbondo – Banyuwangi, Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


2. Pulau Tabuhan – Surga Wisata Bahari di Tengah Selat Bali

Pulau Tabuhan - Wisata Alam Banyuwangi
sumber : @bungabangsa_tour

Mumpung masih di Desa Bangsring, lebarkan penjelajahan hingga ke Pulau Tabuhan. Meski terletak cukup jauh di tengah Selat Bali, pulau mungil molek ini masih merupakan bagian dari Banyuwangi. Seperti halnya Bunder (Bangsring Underwater), Pulau Tabuhan juga sangat ideal untuk snorkeling & diving.

Pulau Tabuhan merupakan surga bagi para petualang yang akrab dengan keterbatasan fasilitas. Sebelum kesini, bekalilah diri dengan apa saja yang dibutuhkan, termasuk alat penyelaman yang bisa didapat di Pantai Bangsring. Tahukah Anda, pulau ini sangatlah mempesona, baik saat sunrise maupun sunset.

Pulau Tabuhan, Bengkak, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


3. Desa Wisata Kemiren – Sejenak Bersama Uniknya Budaya Suku Osing
Desa Wisata Osing Kemiren
sumber : @amronpaulyuwono

Pesona Banyuwangi tidaklah berhenti pada keindahan alamnya saja. Bahkan, masyarakat pribumi Banyuwangi, yakni Suku Osing, turut memperkaya dengan keunikan tradisi dan budayanya. Desa Wisata Osing Kemiren adalah tempat wajib dituju untuk bisa lebih dekat dengan mereka.

Memasuki desa ini, traveler akan merasakan atmosfir yang berbeda dari seluruh desa yang ada di Banyuwangi. Terutama bisa dilihat dari anjungan wisata yang dikonsep menyajikan miniatur-miniatur rumah khas Osing. Disitu pula digelar beragam kesenian dan sebagai tempat memamerkan kebudayaan Suku Osing.

Fasilitas di Desa Wisata Kemiren sangatlah lengkap, ada kolam renang, tempat bermain, hingga museum yang mengoleksi berbagai pernak-pernik budaya suku asli Blambangan ini. Selebihnya, beragam atraksi seni tradisi juga mewarnai desa ini, dan yang tak kalah menarik adalah mencicipi kopi khas Osing.

Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


4. Bukit Mondoleko – Kemolekan Panorama Alam Lima Gunung

Bukit Mondoleko - Objek Wisata Banyuwangi
sumber : @hidayats881

Bukit Mondoleko merupakan tempat wisata Banyuwangi yang masih tergolong baru. Meskipun begitu akhir-akhir ini, objek wisata yang masih dalam tahap pembangunan ini banyak dikunjungi seiring banyaknya foto yang tersebar di media sosial. Oleh karena itu, mumpung liburan di Banyuwangi sempatkan berkunjung.

Bukit Mondoleko merupakan tempat sempurna jika traveler ingin menikmati lanskap pemandangan alam dari ketinggian. Melalui sebuah jembatan kayu yang dibangun oleh warga setempat, pengunjung bisa dengan leluasa memanjakan mata dengan sajian alam berlatarbelakangkan lima barisan pegunungan yang menakjubkan.

Bukit Mondoleko, Sragi, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


5. Lori Kalibaru – Jelajahi Banyuwangi Barat Bersama Kereta Wisata

Wisata Lori Kalibaru - Tempat Wisata di Banyuwangi
sumber : tirto.id

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini akan mengajak setiap traveler merasakan sensasi wisata yang berbeda. Adalah PT. KAI yang memiliki ide kreatif untuk memanjakan wisatawan dengan menciptakan Lori Wisata Kalibaru. Menaikinya, Anda akan diajak berkeliling dari Banyuwangi hingga masuk ke wilayah Jember.

Sejauh perjalanan kurang lebih 18 kilometer di atas kereta, sobat bisa menikmati secara lebih detail sudut-sudut Banyuwangi bagian barat. Melintasi persawahan, melalui perkebunan cokelat dan kopi di ketinggian 400 mdpl dan masih banyak lagi pemandangan hijau dan asri yang pastinya menyejukkan setiap pandangan.

Dusun Krajan, Banyuanyar, Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


6. Jawatan Benculuk – Citarasa “Hutan Fangorn” Lord Of The Rings
Jawatan Benculuk - Tempat Wisata di Banyuwangi
sumber : medium.com

Meski pada awalnya tidak dibangun untuk wisata, apa yang tersaji di Jawatan Perhutani di Desa Benculuk ini terlanjur mempesona. Perlahan tapi pasti para pengagum keindahan berbondong-bondong datang, singgah untuk kemudian mengagumi kemolekannya.

Jawatan Benculuk menawarkan suasana hutan trembesi yang eksotik dan terkesan misterius. Banyak yang mengatakan, hutan ini mirip dengan Hutan Fangorn yang ada di film Lord of The Rings dan The Hobbit yang mengambil lokasi syuting di Selandia Baru.

Datanglah! terutama jika Anda penggemar dua film trilogi tersebut. Selain ideal untuk bersantai dengan dominasi nuansa hijau elegan yang sejuk dan menenangkan, hutan ini kaya akan spot-spot fotografi yang pastinya menarik untuk diabadikan.

Info lengkap : Aktivitas, Fasilitas, Tiket & Rute, baca di Wisata Djawatan Benculuk Banyuwangi

Jawatan Perhutani, Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi


7. Mangrove Bedul Ecotourism – Satu Yang Terbesar di Pulau Jawa

Mangrove Bedul Ecotourism - Wisata Banyuwangi
sumber : titinwulan.wordpress.com

Alam benar-benar memanjakan siapapun yang menetapkan Banyuwangi sebagai destinasi liburan. Selanjutnya, Taman Nasional Alas Purwo yang fenomenal turut andil dengan keeksotikan alam rimbanya. Selain Pantai Plengkung yang mendunia, ada juga wisata Mangrove Bedul Ecotourism.

Di taman nasional ini ada kawasan rawa air payau yang dinamakan Segara Anakan. Sepanjang kurang lebih 17 kilometer kawasan tersebut ditumbuhi rimbunnya tanaman mangrove alami. Ada setidaknya 27 jenis mangrove yang juga dihuni oleh beragam satwa, kera, kijang, penyu, serta burung-burung.

Gondang-Gandung adalah nama perahu yang telah dipersiapkan untuk mengantar traveler berpetualang. Memasuki hutan atau bahkan bisa melebar ke pantai-pantai terdekat, seperti Pantai Kere, Pantai Cungut, hingga yang terjauh, Pantai Ngagelan yang membutuhkan durasi hingga 2 jam perjalanan.

Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


8. Pantai Pulau Merah, Nuansa Pantai Kuta Bali di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah - Tempat Wisata Banyuwangi
sumber : magazine.job-like.com

Tentunya, Tempat Wisata Banyuwangi sudah pasti termasuk pantai-pantai selatan Jawa. Melalui garis pantainya sepanjang 175 kilometer, Banyuwangi mengoleksi puluhan pantai indah. Salah satu yang terindah dan paling wajib dikunjungi adalah Pantai Pulau Merah (Red Island).

Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini memiliki hamparan pasir putih lembut yang melengkung sepanjang 3 kilometer. Air lautnya jernih dengan gelombang khas pantai selatan. Pantai ini semakin populer sejak diadakannya International Surf Competition tahun 2013.

Suka selancar? bergembiralah. Selebihnya, beragam aktivitas bisa dilakukan, termasuk memancing, berperahu, voli pantai, hingga snorkeling pun tetap memungkinkan. Perihal namanya, pantai yang disebut sebagai Pantai Kuta-nya Pulau Jawa ini, dikaitkan dengan bukit kecil di pinggir pantainya.

Info lengkap : Aktivitas, Fasilitas, Tiket & Rute, baca di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


9. Teluk Hijau – Pantai Perairan Dangkal Eskotis Yang Tersembunyi
Pantai Teluk Hijau Banyuwangi - Tempat Wisata Banyuwangi
sumber : bertemanangin.wordpress.com

Bagi petualang pantai, pastikan untuk menempatkan Pantai Teluk Hijau di daftar unggulan. Sebuah pantai feminim yang menghadirkan komposisi alam didominasi warna hijau. Perairannya dangkal kaya akan alga, sehingga memantulkan kehijauan ketika sinar matahari menyapa permukaan airnya.

Berbeda dengan Pulau Merah, ombak disini mengalun lembut menyapa hamparan pasir putihnya. Untuk diketahui, pasir Teluk Hijau lebih lembut dibanding pasir pantai lain di Banyuwangi. Menariknya, bersebelahan dengan pantai ini ada Teluk Damai yang maskulin, berombak besar penuh batuan malika.

Tidak hanya itu, Pantai Teluk Hijau juga termasuk air terjun yang konon dikatakan sebagai tempat mandi para bidadari. Datang dan cari tahu tentang legendanya. Jelajahi setiap sudut keindahan pesisirnya, berenang, atau snorkeling. Semakin sempurna jika bermalam dengan mendirikan tenda.

Info lengkap : Aktivitas, Fasilitas, Tiket & Rute, baca di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Dusun Krajan, Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur


10. Tiga Tempat Wisata Banyuwangi Yang Telah Mendunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *