Pesta Kesenian Bali 2019 – Festival Seni Bali Terbesar Akan Segera Digelar

Pesta Kesenian Bali 2019. Sejak pertama digelar tahun 1979, event Pesta Kesenian Bali (PKB) selalu berhasil sebagai upaya penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali yang adiluhung. Dari tahun ke tahun acara ini menjadi sorotan utama dalam kalender acara di Bali, menjadi yang terbesar dan termegah karena biasanya berlangsung sebulan penuh.

Pada tahun 2019 ini, pesta rakyat Bali tersebut akan kembali digelar dan dipastikan lebih meriah, melibatkan ribuan seniman di dalam maupun di luar Bali. Pada PKB ke-41 ini setidaknya ada 24 materi yang diwajibkan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Materi tersebut terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya pawai, parade, lomba, pagelaran, workshop, apmeran dan sarasehan.

Tema Pesta Kesenian Bali 2019 kali ini adalah “Bayupramana”. “Bayu” berarti angin, dan “pramana” berarti kekuatan, memuliakan sumber daya angin. Menurut I Nyoman Suarka, selaku penggagas tema, Bayupramana dapat dimaknai sebagai nafas kehidupan, ditransformasikan menjadi sebuah karya seni, yang semuanya berhubungan dengan elemen angin.

Dalam gelaran PKB 2019, tema tersebut diolah menjadi seni tari, teater, karnaval, serta aneka lomba yang melibatkan seluruh masyarakat Bali dan wisatawan. Ada sekitar 38 lomba seni turut memeriahkannya. Ada lomba gender wayang dan wayang kulit parwa dalang anak-anak, baleganjur remaja, bapang barong dan makendang tunggal, taman penasar, kostum tari Bali, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, ada juga lomba terkait bahasa dan aksara Bali, serta lomba kuliner tradisional khas Bali. Selebihnya, festival atau parade Gong Kebyar merupakan salah satu agenda yang sangat bergengsi dalam setiap gelaran PKB. Dalam festival ini, semua orang berkesempatan menikmati karya seni para seniman dan kepiawaian para pengrawit dalam memainkan gambelan Gong Kebyar.

PKB merupakan sajian bagi wisatawan beruntung yang berkunjung ke bali saat acara tersebut digelar. Jika Pembaca memiliki rencana liburan ke Bali, berkunjunglah sekitar 15 Juni – 13 Juli 2019, selama sebulan Bali menjadi sangat meriah. Tandai penanggalan Anda, pastikan untuk datang karena ini adalah moment yang tepat untuk sepenuhnya menikmati kekayaan seni pertunjukan Bali.


Pesta Kesenian Bali 2019

Lokasi Taman Werdhi Budaya Art Centre, Kota Denpasar, Provinsi Bali
Tanggal Mulai 15 Juni 2019
Tanggal Akhir 13 Juli 2019
Daftar Isi
  1. Jadwal & Lokasi
  2. Akomodasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *