9 Hal Terkait Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Yang Perlu Traveler Tahu

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau tujuan wisata favorit di Kepulauan Seribu, Jakarta. Seperti diisyaratkan oleh namanya, pulau ini mencoba menawarkan apa saja yang menjadi harapan para pecinta wisata bahari.

Harapan melalui keindahan alamnya. Juga, melalui ragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di pesisir maupun di perairannya. Sobat traveler pasti suka! maka dari itu, mulai rencanakan kehadiran. Berangkatlah, realisasikan harapan Anda.

Di artikel ini telah dirangkum mengenai setidaknya 9 hal terkait dengan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu. Perihal daya tarik dan aktivitas wisatanya. Juga, perihal biaya dan cara terbaik untuk mencapainya. Lanjutkan saja, tuntaskan membacanya.

Paket Pulau Harapan

Pulau Favorit di Kepulauan Seribu Utara

Jika di Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Tidung adalah destinasi primadona. Maka, di Kepulauan Seribu Utara, ada Pulau Harapan yang menjadi tujuan favoritnya. Keindahan baharinya mampu menjadi magnet yang menarik kunjungan siapa saja.

Lokasinya yang jauh dari Jakarta, membuat kondisi pesisir dan lautnya lebih bersih. Setidaknya dibutuhkan 4 jam menggunakan kapal motor tradisional dari Kali Adem, atau 2 Jam menggunakan speedboat dari Marina Ancol untuk mencapainya.

Bagian Taman Nasional Kepulauan Seribu

Berkat potensi sumberdaya alamnya, Pulau Harapan menjadi bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) bersama dengan Pulau Panggang dan Pulau Kelapa. Ketiga pulau ini juga sebagai kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu sendiri tersusun oleh ekosistem pulau-pulau kecil dan perairan dangkal. Terdiri dari gugusan kepulauan yang mencakup 78 pulau kecil, 86 gosong, hamparan laut dangkal, terumbu karang, mangrove dan lamun.

Spot Snorkeling Tereksotis di Pulau Seribu

Snorkeling di Pulau Seribu

Sebagai bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu, Harapan island termasuk zona pemukiman dengan perairan yang kaya keragaman hayati. Merujuk pada data TNKpS, di perairan pulau ini terdapat 36 jenis terumbu karang dan 56 jenis ikan hias.

Oleh karena itu, dalam hal pariwisata, daya tarik utama pulau ini berada di kedalaman perairannya. Snorkeling dan diving adalah aktivitas utamanya. Bahkan keindahan bawah lautnya dikatakan sebagai yang tereksotis di Kepulauan Seribu.

Tersambung ke Pulau Penangkaran Penyu

TNKpS juga merupakan tempat bertelurnya penyu sisik dan penyu hijau yang langka. Pulau Harapan dan Pulau Kelapa adalah satu di antara pulau yang dijadikan tempat penangkaran penyu. Menariknya, kedua pulau ini terhubung melalui sebuah jembatan.

Jika sobat memiliki rencana wisata, pastikan menjelajahi kedua pulau itu. Penyu-penyu yang ada di sana biasanya dipisahkan sesuai usia. Mulai dari tukik (anak-anak penyu) berusia 10 hari, satu bulan, dua bulan, hingga dewasa. Tiket masuknya Rp 5.000.

Keindahan Sunrise & Sunset Pulau Harapan

Harapan island adalah pulau yang indah, menjadi lebih indah di waktu-waktu tertentu. Momen matahari terbit sangat istimewa di pulau ini. Bagaimana dengan sunset? Lokasi strategisnya ada di Pulau Bulat yang biasanya dijadikan satu paket wisata.

Keseruan Watersport Wisata Pulau Harapan

Wahana Watersport

Selain keindahan pesisir dan bahari, Pulau Harapan menjadi salah satu pulau wisata favorit di Pulau Seribu karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan. Aneka wahana watersport juga telah tersedia. Banana boat adalah yang populer di sana.

Dari Island Hopping Hingga Memancing

Island Hopping Pulau Seribu

Seperti dikatakan di atas, TNKpS terdiri dari 78 pulau kecil dan 86 gosong pulau. Aktivitas yang menarik dilakukan adalah island hopping atau jelajah pulau. Selain menikmati sudut pandang keindahan yang berbeda, jika ingin memancing bisa juga.

Fasilitas & Akomodasi di Pulau Harapan

Dalam sejarahnya, geliat wisata di Pulau Harapan dimulai pada tahun 2011, seiring masuknya pasokan listrik ke pulau tersebut. Pariwisatanya terus berkembang dengan ditandai semakin bertambahnya fasilitas penunjang wisata di sana.

Jika awalnya hanya terdapat 16 homestay. Setidaknya, sejak 2016 yang lalu jumlahnya sudah mencapai lebih dari 100 homestay. Adapun saat ini sudah semakin lengkap dengan penambahan fasilitas kebersihan, ibadah, tempat makan dll.

Pilih Backpackeran atau Paket Wisata?

Bagi Anda yang ingin melakukan solo traveling, rekomendasi terbaiknya adalah ikut open trip agar bisa memangkas biaya perjalanan. Apabila dari awal telah berencana membawa rombongan, ada baiknya memanfaatkan paket wisata dari agen travel.

Tentu, jika memilih menggunakan travel Pulau Harapan diperlukan kehati-hatian dalam memilih. Sebagai pertimbangan awal, di sini blogkulo.com merekomendasikan Dino Traveling, agen travel yang dikelola langsung oleh Putra Pulau Seribu.

Jika pada wisata kali ini, Anda bersama setidaknya 20 orang, harga paket wisatanya bisa lebih murah, hanya IDR 320K per orang. Biaya tersebut adalah harga paket wisata 2 Hari 1 Malam dengan keberangkatan dari Muara Angke di Jakarta Utara.

Fasilitas dalam paket wisata yang ditawarkan Dino Traveling ini mencakup transportasi kapal PP, homestay ber-AC, makan 3x, alat snorkeling beserta kapal dan pendamping. Ada juga pemandu wisata, agenda barbeque dan camera underwater.

Fasilitas di atas hanya sebagian yang ada dalam Paket Standar. Ada juga Paket Lengkap dengan fasilitas yang lebih. Jika durasinya kurang, bisa juga memilih paket 3 Hari 2 Malam. Untuk booking dan info lebih lanjut, hubungi kontak di bawah ini.

INFO KONTAK / BOOKING DINO TRAVELING

Telp0852-0000-0344
Situs / BookingDino Traveling (dinotraveling.com)
Peta LokasiGoogle Maps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *