Pulau Tabuhan, Banyuwangi – Yang Mungil dan Alami di Tengah Selat Bali

Pulau Tabuhan. Alam Jawa Timur selalu mempesona. Bahkan hingga di ujung timurnya, ada Banyuwangi yang berbatasan dengan Pulau Bali. Kabupaten yang dijuluki The Sunrise of Java itu juga mencakup Pulau Tabuan, yang mungil tersendiri dalam kealamiannya.

Meski terletak cukup jauh di tengah-tengah laut Selat Bali, pulau tak berpenghuni ini masih merupakan bagian dari wilayah Banyuwangi. Secara administratif Pulau Tabuhan berada di desa Bengkak, kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Tabuhan adalah pulau yang indah dengan hamparan pasir putih lembut yang mengitari kehijauan rimbun pohon-pohon di tengahnya. Lanskap kemolekan daratannya kemudian disempurnakan oleh perlindungan gradasi biru laut yang membentang dengan luasnya.

Jika sedang berada di Banyuwangi atau memiliki rencana liburan ke kabupaten tersebut, sempatkanlah singgah ke Tabuhan. Tidak hanya di permukaannya saja, di kedalaman airnya juga merupakan surga yang mampu membahagiakan siapa saja. Tuntaskan artikel ini sebagai bekal informasi.

Pulau Tabuhan
sumber : @bungabangsa_tour

Aktivitas di Pulau Tabuhan

Sebagai pulau yang terpencil, Tabuhan lebih menawarkan aktivitas yang memicu rasa ketakjuban pengunjungnya. Carilah tempat ternyaman di bawah pohon yang cukup rindang. Bersantailah, nikmati suasana. Sementara angin spoi-spoi menyapa, sejauh pandangan hanya keindahan memanjakan.

Lakukan dengan penuh etika, apapun yang membuat Anda bahagia. Bermain di hamparan pasir putihnya atau berenang di perairan dangkalnya. Saran terbaik adalah menjelajah pulau. Menyusuri sepanjang pesisir pantai dan berusaha menemukan spot-spot terbaik untuk diabadikan.

Tabuhan Island
sumber : @traveling_banyuwangi

Dengan luas hanya sekira 5-6 ha, tidaklah berat dan tidak terlalu lama mengelilingi pulau ini. Bagi yang suka fotografi atau selfie, ada beberapa sopt menarik. Satu di antaranya adalah di reruntuhan bangunan tidak jauh di lepas pantainya. Ada juga spot ayunan bertuliskan Tabuhan.

Apa lagi? Pulau Tabuhan juga tentang keindahan bawah laut yang menakjubkan. Snorkeling adalah aktivitas yang jangan sampai terlewatkan. Untuk aktivitas ini, biasanya nahkoda perahu yang Anda sewa sebelumnya akan mengantarkan ke spot-spot snorkeling terbaik.

Untuk diketahui, meskipun memiliki potensi keindahan bawah laut, di Pulau Tabuhan belum tersedia persewaan alat snorkeling. Anda perlu mempersiapkan sebelumnya dengan menyewa di Pantai Bangsring Banyuwangi, tempat Anda mengawali penyeberangan ke pulau ini.


Fasilitas di Pulau Tabuhan

Belum banyak fasilitas di Pulau Tabuhan. Hanya ada beberapa warung makanan dan minuman sederhana, serta sebuah bilik untuk mengganti baju. Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk kebutuhan snorkeling wisatawan bisa mendapatkan perlengkapannya di Pantai Bangsring.

Tidak ada akomodasi apapun di Tabuhan. Traveler hanya bisa melakukan one day tour tanpa menginap di pulau ini. Beragam jenis penginapan seperti hotel, homestay dan lain sebagainya bisa ditemukan di sekitar Bangsring yang juga populer sebagai destinasi underwater di Banyuwangi.

Biaya wisata ke Pulau Tabuhan :

Keterangan Harga
Sewa Perahu Rp 500.000 / min. 10 orang
Alat Snorkeling ± Rp 30.000
Sepatu Katak ± Rp 10.000
Opsi Penginapan & Hotel Cek Harga
Snorkeling Pulau Tabuhan
sumber :@ervanarkadia

Lokasi & Rute Pulau Tabuhan

Lokasi Pulau Tabuhan : Bengkak, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur

Untuk menyeberang ke Tabuhan, sebelumnya sobat traveler harus menuju ke Pantai Bangsring, sekitar 20 km ke utara dari Kota Banyuwangi. Cara terbaik menuju ke sana adalah melalui Stasiun Banyuwangi Baru.

Apabila ingin naik bus, lanjut ke Terminal Sri Tanjung dan naik bus jurusan Situbondo kemudian turun di jalan raya Bangsring. Dari jalan tersebut lokasi pantai masih 1,5 kilometer lagi. Jalan masuknya agak kecil, usahakan tidak kelewatan.

Jika lebih tertarik naik taksi, mengingat jaraknya yang cukup dekat, biasanya tidak menggunakan argo. Jadi Anda bisa nego tarifnya. Bisa juga menggunakan ojek yang mangkal di Stasiun Banyuwangi atau memanfaatkan Ojek Online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *