Punthuk Setumbu, Magelang – Sunrise Borobudur Indah Yang Lebih Murah

Punthuk Setumbu. Candi Borobudur adalah ikon wisata Indonesia. Monumen Buddha terbesar dunia ini memiliki banyak hal yang secara halus memaksa siapapun untuk mengaguminya. Dalam hal ini, Sunrise Borobudur adalah satu yang istimewa.

Saking istimewanya, secara resmi untuk bisa menikmati Sunrise di Borobudur, wisatawan harus merogoh kocek dalam-dalam. Wisatawan domestik saja tiketnya IDR 370K, sementara wisatawan mancanegara IDR 500K. Harga tersebut sudah termasuk sarapan dan suvenir.

Jika sobat memang ingin berwisata secara royal, harga tiket di atas bukanlah masalah. Di pagi buta, silahkan meluncur ke kawasan Hotel Manohara di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Namun, jika ingin yang jauh lebih murah, artikel ini akan menuntut Anda.

Punthuk Setumbu Borobudur
Ikhsan Sugiarto

Adalah Punthuk Setumbu, satu di antara 5 punthuk yang ada di kawasan Candhi Borobudur sebagai tempat alternatif untuk menikmati keindahan pagi. Punthuk sendiri adalah istilah lokal yang digunakan untuk menyebut bukit atau gundukan tanah. Tiketnya murah, hanya IDR 15K.

Jika tertarik, sobat traveler bisa mengunjunginya di Dusun Kerahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pastikan tiba di puncaknya sebelum pukul 05.00 WIB. Lokasinya tidak terlalu jauh dari area Candi Borobudur karena masih menjadi bagian dari Pegunungan Menoreh.


Daya Tarik Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu berada di lokasi yang strategis untuk menikmati moleknya matahari terbit di Borobudur. Berada di sebelah barat, sekitar 4 kilometer dari candi peninggalan dinasti Syailendra tersebut. Dengan ketinggian 400 mdpl, lanskap alam terlihat sempurna.

Pada awalnya, spot sunrise di bukit ini hanya merupakan ladang milik warga setempat. Hingga, tibalah seorang fotografer yang berhasil mengabadikan keelokan lanskap pagi. Foto yang epik itu kemudian tersebar dan memicu banyak orang untuk turut mengunjungi tempat ini.

Seiring berjalannya waktu, dari kunjungan ke kunjungan, dari foto ke foto, daya tarik Punthuk Setumbu demikian menggoda. Selanjutnya bukit ini pun menyandang nama keren, Borobudur Nirvana Sunrise. Di sinilah spot sunrise Borobudur terbaik selain di Hotel Manohara.

Punthuk Setumbu Borobudur Sunrise
Sebastian Staines

Pemandangan sunrise di Punthuk Setumbu demikian elok. Ketika kabut mulai terangkat seiring dengan matahari beranjak naik dari balik gunung. Berlatar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, setiap mata akan dimanjakan oleh siluet Candi Borobudur yang berselimut lautan putih.

Datang dan jadilah satu di antara wisatawan yang beruntung di awal pagi. Nikmati sejuk pagi saat sekujur pandangan hanya pemandangan alam elok berseri. Putih kabut menyelimuti hijau, sebelum akhirnya gradasi warna alam menawarkan sentuhan warna kekuning-kuningan.


Aktivitas & Fasilitas Wisata

Aktivitas utama di Borobudur Nirvana Sunrise tentu saja berusaha sebisa mungkin berada di sudut terbaiknya. Usahakanlah untuk tiba di puncak sebelum pukul 5 pagi. Trekking merupakan kegiatan wajib untuk bisa mencapainya, mudah hanya sekitar 15 menit saja.

Karena keindahan sunrise ditentukan juga oleh musim, hindari kunjungan wisata di musim penghujan. Musim kemarau adalah waktu yang sempurna yang biasanya terjadi di bulan Juni hingga September. Selain cuacanya cerah, trekking pun lebih mudah karena tidak becek.

Punthuk Setumbu
sumber : punthuksetumbu.com

Udara pagi dan ketinggian sangat identik dengan hawa yang dingin. Usahakan memakai pakaian hangat agar tidak menggigil di puncak bukit. Solusi lain agar tetap hangat adalah ngopi atau ngeteh. Di Punthuk Setumbu sudah tersedia warung-warung makanan dan minuman.

Bukit Punthuk Setumbu Borobudur sangat ideal, terutama bagi mereka yang doyan fotografi. Tidak terkecuali bagi Anda yang suka berswafoto atau selfie. Carilah sudut atau saat terindah untuk diabadikan. Momen terbaik adalah ketika matahari naik menampakkan cahayanya.


Lokasi & Rute Punthuk Setumbu

Seperti yang telah disebutkan di awal, Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 4 kilometer di sebelah barat Taman Wisata Candi Borobudur. Persisnya berada di Jl. Borobudur, Ngadiharjo KM 4.

Aksesnya tidak terlalu sulit. Dari Jogja, sobat bisa langsung menuju ke arah Candi Borobudur di Magelang. Ketika sampai, ikuti papan petunjuk yang mengarah ke Hotel Manohara hingga menemukan papan petunjuk ke Puntuk Setumbu. Ikuti petunjuknya hingga tiba di lokasi parkir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *