Solo Batik Carnival 2019 “Survanabhumi: The Golden of ASEAN” Segera!

Solo Batik Carnival 2019. Tahun 2019 merupakan tahun ke-12 bagi event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintan Kota Surakarta ini. Masuk dalam jajaran 100 Atraksi Wisata Budaya Terbaik Nasional, kegiatannya akan ikut meramaikan gegap gempita bulan Juli. Rencananya berlangsung pada 26-28 Juli 2019.

Solo Batik Carnival (SBC) atau Karnaval Batik Solo merupakan karnaval yang menampilkan beragam kostum berbahan batik. Para pesertanya akan mengenakan kostum sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Penyelenggaraannya senantiasa meriah sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2008.

Event ini mencoba mewakili citra Solo sebagai salah satu kota wisata dan budaya. Salah satu peninggalan budayanya adalah batik dan Batik Solo merupakan salah satu akar pertumbuhan tradisi batik di Nusantara. Pada tahun 2010, SBC sempat mengikuti Festival Chingay Singapura serta tampil dalam pesta budaya Tong-Tong di Den Haag, Belanda.

Setiap tahun, SBC selalu hadir dengan tema baru. Tahun 2018 yang lalu, dalam tema “Mustika Jawa Dwipa” ditampilkanlah berbagai kostum batik ciri khas dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun pada tahun 2019, tema yang diusung adalah “Survanabhumi: The Golden of ASEAN”. Meski bertemakan ASEAN, kostumnya tetap berbalutkan batik.

Dalam tema “Survanabhumi: The Golden of ASEAN“, akan ada 10 defile yang akan disajikan di Grand Carnival Solo Batik Carnival 2019. Kesepuluh defile tersebut akan menyajikan kostum yang mencerminkan ciri khas Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, serta Kamboja.


Solo Batik Carnival 2019

LokasiStadion Sriwedari-Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Mulai26 Juli 2019
Tanggal Akhir28 Juli 2019
Situs Resmidisporapar.jatengprov.go.id
Akomodasi Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *