Stone Garden Geopark Citatah – Keeksotikan Jejak Danau Purba Bandung

Stone Garden Citatah. Sebagai salah satu wilayah metropolitan terbesar di Indonesia, Bandung Raya menjanjikan beragam pengalaman wisata menarik bagi pengunjungnya. Selain dikenal melalui wisata kuliner dan belanja, Bandung juga sebagai destinasi wisata alam yang benar-benar memanjakan.

Di antara yang terunik, terindah dan bersejarah ada Stone Garden di Puncak Gunung Pawon. Sobat bisa mengunjunginya di kawasan Citatah, Girimulya, Gunungmasigit, Cipatat, Bandung Barat. Sebelum dinamakan Stone Garden, obyek wisata ini dulunya dikenal dengan nama Pasir Pawon.

Nuansa purba sangatlah terasa dari hamparan bebatuan raksasa yang mendominasi kawasan ini. Mengisyaratkan bahwa pegunungan kapur di sepanjang Citatah sangat erat kaitannya dengan danau purba yang menggenangi Bandung di masa purbakala. Sama halnya dengan Sanghyang Heuleut.

Kota Bandung merupakan cekungan raksasa sebagai sisa dari surutnya danau tersebut. Di tempat yang berada di ketinggian 709 mdpl ini, pengunjung bisa mendapati beragam fosil binatang koral. Keberadaan fosil-fosil tersebut juga membuktikan bahwa dataran tinggi Bandung dulunya merupakan lautan dangkal.

Koral yang hidup kemudian mati dan saling menimbun di satu tempat hingga menjulang seukuran bebatuan gamping. Saat ini semua itu menyisakan keeksotikan alam yang memadukan komposisi bebatuan karst dengan kehijauan yang menyelimutinya.

Stone Garden Geopark Citatah
sumber : http://blog.reservasi.com

Aktivitas di Stone Garden Citatah

Dengan area yang luas, Stone Garden Geo Park memungkinkan setiap pengunjung untuk tetap sibuk dalam liburan mereka. Penjelajahan akan menjadi aktivitas menarik yang wajib dilakukan. Melebarlah dan temukan sudut-sudut terbaik menurut Anda, abadikanlah.

Sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar wisatawan untuk berswafoto mengabadikan keberadaan mereka. Bukanlah ide buruk jika Anda juga melakukannya, carilah sudut terindah sebagai latarbelakang dan tunjukkan bahwa sobat layak menjadi bagian dari keindahan itu.

Stone Garden Padalarang
sumber : @warmanwardhani

Terlepas dari aktivitas mainstream tersebut, menghayati alam adalah ide yang sempurna. Bukankah Anda adalah salah satu yang beruntung diberi kesempatan berada ditempat semolek ini?. Nikmatilah udara sekitar sembari terus takjub dengan pemandangan yang tersaji.

Selain itu bisa juga menikmati aktivitas masyarakat dalam menambang batu kapur. Kawasan Citatah juga sebagai daerah pertambangan kapur yang sangat produktif sejak pertengahan abad ke-19 hingga sekarang.

Apabila energi wisata sedikit berlebih, sangat menarik jika menyempatkan diri berlama-lama di Goa Pawon yang ada di bagian bawah Stone Garden. Ketahuilah bahwa di gua tersebut untuk pertama kalinya KRBC (Kelompok Riset cekungan Bandung) menemukan situs purba.

Penemuan fenomenal pada 9 Desember 2000 ini di antaranya berupa alat batu dan tulang, gerabah, sisa tulang, dan gigi binatang. Selebihnya, setiap orang unik dan Andalah yang paling tahu aktivitas terbaik dalam wisata kali ini.


Fasilitas & Tiket Masuk Wisata

Kawasan wisata ini belumlah dikelola secara maksimal. Sehingga dibutuhkan energi lebih untuk mencapai puncak. Melalui jalan setapak, setidaknya sobat akan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer hingga Puncak Gunung Pawon sebagai lokasi Stone Garden Geo Park.

Sementara itu, fasilitas umum untuk kebutuhan dasar bisa ditemukan di sekitaran lahan parkir. Di sana ada warung penjual makanan dan minuman, tempat ibadah, pondok atau gazebo, serta toilet atau kamar mandi bersih.

Oleh karena pintu masuk obyek wisata alam ini ada dua pilihan, maka harga tiketnya pun terbagi dua. Langsung ke Stone Garden atau melalui Goa Pawon. Berikut rincian tiket masuk dan biaya lain yang menyertainya.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Stone Garden Rp. 3.000
Tiket Masuk Goa Pawon Rp. 6.000
Parkir Roda 2 Rp. 5.000
Parkir Roda 4 Rp. 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu
Stone Garden Geo Park Bandung
sumber : @ridhwansptd

Lokasi & Rute Stone Garden Citatah

Obyek wisata alam ini terletak kurang lebih 30 km dari Kota Bandung. Membutuhkan durasi sekitar 1 jam berkendara. Sobat bisa menggunakan rute keluar Tol Padalarang untuk kemudian menuju Padalarang-Cipatat-Gunung Masigit. Apabila menggunakan sepeda motor, bisa melalui jalur Cimahi-Padalarang-Cipatat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *