• sumber : display.ub.ac.id

Sumber Pitu Pujon – Air Terjun Berjajar Indah di Tebing nan Gagah

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Sumber Pitu Pujon. Sedari dulu begitulah Malang, pesonanya tiada akhir. Semakin detail menjelajahinya, semakin tenggelam kita di belantara keindahan. Melalui jajaran pegunungannya, bertebaran air terjun yang turut mendefinisikan pesona alamnya. Selain di Tumpang, Kecamatan Pujon juga memiliki air terjun bernama sama, yakni Sumber Pitu. Mengingat di Jawa Timur air terjun disebut “coban”, maka jadilah wanawisata ini dinamakan Coban Sumber Pitu. Pastikan Anda suka dan segera meluncur ke Desa Pujon Kidul, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur.

Sebagai pengingat, jangan salah memilih tujuan. Artikel ini lebih menggambarkan air terjun yang ada di daerah Pujon Selatan, bukan yang ada di Tumpang. Perlu diketahui, jarak kedua air terjun itu cukup jauh hingga membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Satu di ujung timur dan satunya lagi di ujung barat. Bisa dibayangkan jauhnya, ketika merujuk pada wikipedia, wilayah Malang Raya lebih luas dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan total luas selisih 250 kilometer lebih.

Sumber Pitu bisa dikatakan sebagai menu utama dalam sajian alam yang tersaji. Menawarkan benteng tebing berkarakter khas sebagai penggambaran kokohnya perlindungan alam. Hijau adalah warna yang mendominasi, melalui tetumbuhan yang mencoba menyelimuti kekokohan tebing itu. Tentu saja, dominasi warna hijau yang dikombinasikan dengan karakter keras bebatuan tebing, semakin cantik dengan garis-garis air yang jatuh dari celah-celahnya. Melalui komposisi ini, siapa saja pasti akan secara jujur larut mengaguminya.

Itu saja? tidak! lanjutkan membaca untuk mengetahui keeksotikan air terjun ini secara lebih sempurna.

Aktivitas di Coban Sumber Pitu Pujon

Darimanapun arah kedatangan Anda, nuansa pegunungan akan senantiasa menyertai. Jadi, bukanlah ide buruk untuk mempersiapkan gairah wisata semenjak tiba di Malang Raya. Mengkondisikan suasana hati yang senang itu penting, mengingat perjalanan yang panjang masih akan ditambah perjuangan melalui medan yang cukup menantang.

Seiring kedekatan jarak, cobalah untuk bersahabat dengan suasana perdesaan. Mengagumi pemandangannya, meresapi kesejukan udaranya, atau menghayati polos wajah penghuninya. Umumnya pengunjung memarkir kendaraan mereka di pos pertama, namun jika kondisi jalan memungkinkan (tidak licin) bisa juga memarkir kendaraannya di pos selanjutnya.

Dari sini persiapkan energi, jalur setapak berundak mulai menantang dan melalui perkebunan sayur. Sekurang-kurangnya satu jam mendaki sebelum kemudian menikmati jalur turunan yang cenderung licin. Hati-hati, manfaatkan tali yang ada disekitar sebagai pegangan. Ketahuilah bahwa tali itu juga sebagai pembatas jalan dengan jurang.

Air Terjun Coban Tunggal akan menjadi menu pembuka untuk menikmati percikan dingin air pegunungan. Beristirahatlah dan nikmati yang ada sebelum belok kekiri dan melihat Sumber Pitu dari kejauhan menanti Anda. Jangan lupa! perhatikan juga medannya, sadarlah bahwa jalan menanjak nan terjal kembali menuntut perjuangan Anda. Lagi-lagi, hati-hati dengan licinnya medan bebatuan dengan tali tambang di kiri kanannya.

Selamat datang di Sumber Pitu (sebagian yang lain menyebut Coban Gerojokan Pitu). Nikmati kemolekannya dengan tetap penuh etika. Bergembiralah dengan sesekali mengabadikan spot terbaik yang Anda suka. Cobalah memasuki ketenangan dan dengarkanlah suara-suara alam. Rasakan benar kesejukan udara dan airnya, atau apapun itu yang memicu rasa bersyukur Anda berada di tempat yang sempurna.

Belum juga puas dengan apa yang tersaji di Coban Sumber Pitu? Pastikan energi masih tersisa untuk selanjutnya kembalilah mendaki. Setelah kurang lebih 15 menit, nikmati air terjun lain yang oleh warga setempat dinamakan Coban Papat. Bermanjalah di dalam keeksotikannya, puaskan petualangan sembari tetap menjaga etika untuk memastikan bahwa Anda layak menjadi bagian dari keindahan.

Fasilitas Coban Sumber Pitu Pujon

Fasilitas Air Terjun Sumber Pitu bisa ditemukan di pintu masuk sebagai tempat loket wisata. Disinilah pengunjung bisa menemukan beberapa warung dan toilet. Ditempat ini pula, ada lahan cukup lapang sebagai tempat parkir. Apabila memarkir kendaraan disini, membutuhkan waktu 30 menitan untuk sampai di tempat parkir selanjutnya. Perlu diketahui, lahan parkir di bagian atas hanya bisa dicapai ketika kondisi jalan memungkinkan.

Harga Tiket Masuk Coban Sumber Pitu Pujon : Setiap pengunjung akan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Adapun biaya parkir sepeda motor, umumnya Rp 5.000. Tentunya, harga yang tertulis disini bisa berubah sewaktu-waktu yang bergantung pada kebijakan pihak pengelola.

Rute & Maps Coban Sumber Pitu Pujon

Setidaknya, ada dua rute yang bisa ditempuh untuk mencapai desa Pujon Kidul, sebagai tempat air terjun ini berada. Dua rute tersebut bergantung pada arah kedatangan Anda. Rute pertama dan yang termudah adalah Malang-Batu-Pujon. Ketika sampai di Kota Batu, lanjutkan perjalanan ke arah Pujon sampai di pertigaan patung sapi yang menjadi pintu masuk Air Terjun Coban Rondo.

Lewatilah pertigaan tersebut dan temukanlah pertigaan lain yang tidak jauh dari pertigaan pertama. Pertigaan yang kedua ini dinamakan Ringin Punden, beloklah ke kiri untuk masuk ke Dusun Tulungrejo di Desa Pujon Kidul. Ikuti jalan itu hingga menemukan petunjuk ke wanawisata Sumber Pitu, belok ke kiri dan memasuki perkebunan warga dan sampailah di Pos Registrasi.

Rute yang kedua adalah khusus bagi yang datang dari arah Kediri atau Jombang. Lanjutkan perjalanan ke arah Batu melalui Kasembon dan Ngantang. Teruskan hingga pertigaan Ringin Punden sebelum gerbang wilayah Kota Batu. Selanjutnya, alurnya sama dengan rute yang dari Malang diatas. Berikut ini adalah peta petunjuk untuk sampai ke Coban Sumber Pitu Pujon :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *