• sumber : blog.airyrooms.com

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur – The Little Africa in Java

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Taman Nasional Baluran (Baluran National Park). Ini adalah tentang sebuah paket wisata alam yang memungkinkan setiap orang bermanja dalam hamparan keindahan alam yang nyata. Tentang sebuah kawasan pelestarian alam di sudut timur utara Jawa yang disebut-sebut sebagai miniatur sabana di Afrika. Itulah mengapa TN. Baluran dijuluki sebagai Africa Van Java atau The Little Africa in Java. Datanglah wahai Pembaca, kemasi barangmu dan bersegera hadir di perbatasan Wongsorejo (Banyuwangi) dan Banyuputih (Situbondo), Jawa Timur.

Taman Nasional Baluran adalah kawasan hutan yang terbentang kurang lebih 25.000 ha, termasuk keberadaan gunung bernama sama yang menjadi awal dari penamaan taman nasional ini. Sementara itu, julukan Africa Van Java disematkan mengingat dominasi vegetasi sabana yang mencapai hingga 40% luas lahan. Selebihnya, Baluran juga termasuk hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pengunungan bawah, hutan rawa serta hutan yang selalu hijau sepanjang tahun (Hutan Evergreen).

Tidak hanya itu, kawasan hutan yang begitu luas juga sebagai rumah bagi keanekaragaman fauna yang hidup secara bebas. Dalam hal ini, bisa jadi Monyet Ekor Panjang adalah raja dalam segi jumlah, sementara juga dihuni 28 jenis mamalia, 196 jenis aves, pisces dan reptilia. Adapun flora, terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan yang tergolong ke dalam 87 familia meliputi 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan penghasil obat dan 37 jenis merupakan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove.

Aktivitas di Taman Nasional Baluran

Penjelajahan bisa jadi mendominasi aktivitas setiap wisatawan yang berkunjung ke Baluran. Terhitung kurang lebih 12 km dari pintu masuk untuk sampai di Padang Savana Bekol. Sejauh itu pula, apa yang tersaji akan memanjakan petualangan Anda. Mulai dari teriknya hari di hutan yang kering hingga masuk kedalam sejuknya hutan evergreen.

Dalam perjalanan itu, bersiaplah untuk bertemu dengan keserbajenisan fauna yang berkeliaran secara bebas. Lebih dekat dengan Burung Merak (Pavo Muticus) dan burung-burung lainnya termasuk Ayam Hutan Merah (Gallus gallus). Tidak terkecuali kawanan Monyet Ekor Panjang yang populasinya terus meningkat sejak tahun 2014.

Sesampai di Savana Bekol, takjublah dalam ruang terbuka luas yang umumnya dipenuhi dengan sekawanan rusa bersama hewan-hewan lain yang bermain secara bebas. Tujulah view point, naiklah dan puaskan diri dengan alam Baluran dari ketinggian. Jangan lupa, keeksotikan Pantai Bama menunggu Anda bersama dengan sejuknya hutan mangrove.

Berwisata ke TN Baluran, pastikan durasi liburan kali ini lebih panjang. Seiring dengan banyaknya spot yang bisa dinikmati, berarti pula banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Safari hutan, pendakian gunung, petualangan pantai seperti berkano, berperahu, diving dan snorkeling dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah spot-spot wisata yang ada di Taman Nasional Baluran :

  • Batangan : Tempat para pengunjung melihat atraksi tarian burung merak pada musim kawin pada kisaran bulan Oktober dan November. Di pos pengamatan ini juga terdapat peninggalan sejarah berupa Goa Jepang serta makam putra Maulana Malik Ibrahim. Fasilitas yang tersedia termasuk bumi perkemahan dan pusat informasi
  • Bekol dan Semiang : Terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung. Fasilitas yang ada disini antara lain wisma peneliti, wisma tamu, dan menara pandang.
  • Bama, Balanan, dan Bilik : Di sini merupakan lokasi wisata bahari, lokasi memancing, menyelam/snorkeling, dan atraksi perkelahian antar rusa jantan (pada bulan Juli/Agustus) dan atraksi kawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.
  • Manting dan Air Kacip : Di sini terdapat sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, dan merupakan habitat macan tutul.
  • Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo : Di sini terdapat fasilitas untuk naik sampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, dan lokasi pengamatan burung migran.
  • Curah Tangis : Di sini terdapat fasilitas untuk kegiatan panjat tebing dengan tinggi 10-30 meter, dan kemiringan sampai 85%.

Fasilitas di Taman Nasional Baluran

Baluran National Park memiliki fasilitas yang terbilang lengkap yang umumnya tersedia di beberapa spot yang populer. Di Savana Bekol dan Pantai Bama misalnya, terdapat beragam jenis penginapan, tempat ibadah dan warung makanan. Ketika penulis datang kesana, harga guest house nya terbilang murah, mulai dari 100 ribuan hingga 300 ribuan. Hanya saja, mengingat kondisi liarnya hutan, tidak dizinkan untuk berkemah di Baluran.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran : Tiket masuk sangatlah beragam dan bergantung pada waktu kunjungan serta dibedakan untuk wisatawan domestik dan mancanegara, berikut ini adalah detail harganya :

Hari Biasa (Senin-Jum’at)

  • Wisatawan Lokal / Domestik : Rp. 15,000
  • Wisatawan Asing : Rp. 150,000

Parkir :

  • Roda Dua : Rp. 5,000
  • Roda Empat : Rp. 10,000
  • Roda Enam (Bus) : Rp. 50,000
Hari Libur (Tanggal Merah)

  • Wisatawan Lokal / Domestik : Rp. 17,500
  • Wisatawan Asing : Rp. 225,000

Parkir :

  • Roda Dua : Rp. 7,500
  • Roda Empat : Rp. 15,000
  • Roda Enam (Bus) : Rp. 75,000

Rute & Maps Taman Nasional Baluran

Mengingat lokasinya yang menjadi batas antara Situbondo dan Banyuwangi, rute TN. Baluran cukup mudah namun beragam dan bergantung pada cara Anda pergi kesana. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju jalan Banyuwangi – Batangan atau Situbondo – Batangan.

Jika menggunakan kereta api, sampai Stasiun Banyuwangi Baru, Anda bisa naik bis ke Terminal Sri Tanjung dan dilanjutkan naik bus jurusan Surabaya. Sementara itu, jika menggunakan bus, Anda bisa menuju ke Terminal Bungurasih atau Purabaya di Surabaya, lanjutkan dengan naik bus Surabaya-Probolinggo kemudian naik bis lagi jurusan Probolinggo-Ketapang.

Catatan : Tulisan yang berwarna merah menandai bahwa TN. Baluran berada diantara lokasi/jurusan tersebut. Jika menggunakan angkutan umum (Bus) Anda bisa sampaikan pada kondektur agar menurunkan Anda di Pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *