Taman Nasional Bunaken, Manado – Pesona Surga Bawah Laut Indonesia

Taman Nasional Bunaken Manado. Liburan ke Manado, Sulawesi Utara, sudah pasti Bunaken menempati posisi teratas dalam daftar kunjungan siapa saja. Destinasi ini senantiasa menarik dikunjungi, salah satunya karena keberadaan Taman Laut Bunaken yang mendominasi wilayah Taman Nasional Bunaken.

TN. Bunaken sendiri merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia yang terdiri dari padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai. Dengan luas mencapai 890.65 km², hanya 3% saja berupa daratan, diantaranya Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage.

Setidaknya sekali seumur hidup, wajib bagi sobat traveler berkunjung ke Surga Bawah Laut Indonesia bagian timur ini. Khususnya bagi penyuka aktivitas penyelaman, dijamin kemudian akan selalu rindu datang kembali. Jika telah mantab untuk pergi, jelajahi dulu artikel ini sebagai bekal informasi.

Gunung Tumpa Wisata Bunaken
sumber : @angg__s

Sekilas Sejarah Taman Laut Bunaken

Merujuk pada Wikipedia, Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu taman laut pertama di Indonesia yang secara resmi didirikan pada tahun 1991. Adapun pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional laut ini kepada UNESCO agar dimasukkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Meski berstatus taman nasional dengan pendanaan yang mencukupi, Taman Nasional Laut Bunaken sempat mengalami degradasi kecil. Hal itu disebabkan penambangan terumbu karang, kerusakan yang diakibatkan oleh jangkar, penangkapan ikan menggunakan bom, aktivitas penyelaman, sampah, dll.

Kerusakan tersebut perlahan membaik, salah satunya setelah World Wildlife Fund (WWF) memberi bantuan konservasi sebagai bagian dari “Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plan“. Usaha konservasi meliputi patroli, yang kemudian berhasil mengurangi penggunaan bom dalam menangkap ikan.

Pulau-pulau yang menjadi bagian dari Taman Laut Bunaken, menampung penduduk sekitar 35.000 jiwa yang tersebar di 22 desa. Masyarakat Bunaken sebagian besar adalah nelayan dan petani kelapa, ubi jalar, pisang dan rumput laut. Sementara sebagian yang lain bekerja di sektor pariwisatanya, sebagai pemandu atau kerja di cottage.

Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya, sekitar 390 spesies menghias wilayahnya. Selain itu, taman laut ini juga sebagai rumah bagi aneka spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung dan moluska. Pantai Bunaken berhias mangrove sebagai rumah bagi kawanan kepiting, lobster, moluska dan burung laut.

Keindahan Taman Laut Bunaken membuat sektor pariwisata daerah ini terus berkembang dengan jumlah kunjungan yang terus bertambah. Antara 2003-2006, jumlah pengunjung Wisata Bunaken Manado telah mencapai 32.000 – 39.000 jiwa. Dari jumlah tersebut, 8.000 – 10.000 diantaranya adalah wisatawan mancanegara.

Wisata Taman Laut Bunaken
sumber : limakaki.com

Aktivitas Wisata Bunaken Manado

Taman Laut Bunaken Manado memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Sehingga aktivitas utama disini adalah Scuba Diving dan Snorkeling. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung kesini memang untuk melihat keindahan bawah laut Bunaken melalui dua aktivitas tersebut.

Meski taman laut ini sangatlah luas, mencapai 75.265 hektare, namun area penyelaman hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau yang menjadi bagiannya. Ada 20 titip penyelaman (dive spot) di Bunaken dengan kedalaman bervariasi, yang terdalam mencapai 1.344 meter.

Di antara 20 dive spot yang ada, dua belas diantaranya berjajar dari bagian tenggara hingga barat laut Pulau Bunaken. Jika sobat traveler tertarik, cobalah di salah satu dari dua belas spot tersebut. Pasalnya, spot-spot di Pulau Bunaken adalah yang terfavorit untuk menikmati keindahan Taman Laut Bunaken.

Untuk diketahui, di titik-titik penyelaman di Pulau Bunaken terdapat underwater great walls atau hangging walls. Istilah tersebut mewakili dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas, sebagai sumber makanan bagi ikan-ikan yang ada di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Selain aktivitas menyelam, menjelajahi Pantai Bunaken juga bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik. Nikmatilah keindahan panorama yang ada, bersantai atau bisa juga melakukan island hopping dari satu pulau ke pulau lainnya. Jika durasi wisata berlebih, bisa juga melebarkan penjelajahan ke cagar alam Duasudara Nature.

Sebagai informasi tambahan, waktu terbaik untuk berwisata ke Taman Nasional Bunaken adalah berkisar bulan Mei hingga Agustus. Khusus jika ingin berangkat di bulan Juli-Agustus, pastikan telah mendapatkan resor dan operator selam, karena bulan-bulan ini merupakan musim liburan.

Taman Nasional Bunaken Manado
sumber : www.superadventure.co.id

Fasilitas Taman Nasional Bunaken

Seperti halnya Kepulauan Seribu Jakarta, sebagai salah satu surga wisata bahari Indonesia, fasilitas wisata Bunaken juga sangat memadai. Beragam akomodasi berupa hotel dengan harga dan fasilitas bervariasi telah tersedia. Usahakan telah memesan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi kehabisan stok.

Bagi sobat traveler yang merancang perjalanannya ala backpacker, bisa juga menyewa dan bermalam di rumah-rumah warga. Biaya sewa umumnya sekitar 100-200 ribu rupiah, bergantung pada fasilitas dan durasi menginapnya. Harga sewa juga bisa berubah, jika Anda juga ingin sekalian dibuatkan makanan oleh pemilik rumah.

Untuk masalah konsumsi, banyak sekali tersedia warung makan yang umumnya menyajikan aneka seafood dengan minuman khas pantai, yakni es kelapa muda. Selebihnya, ada penyewaan alat-alat diving dan snorkeling. Ada juga instruktur selam dan tour guide yang biasanya telah menguasai berbagai bahasa, diantaranya bahasa Perancis, Belanda, Inggris, dan Jerman.


Harga Tiket Masuk Bunaken

Tiket Masuk Wisnus Rp 5.000
Tiket Masuk Wisman Rp 150.000
Sewa Alat Snorkeling ± Rp 150.000
Sewa Alat Diving ± Rp 350.000
Sewa Tour Guide ± Rp 150.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Wisata Bunaken Manado
sumber : www.amazingplaces.com

Akses & Lokasi Taman Laut Bunaken

Untuk pergi wisata ke Bunaken, jika sebelumnya sobat menggunakan jalur udara dan mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado, lanjutkan perjalanan ke Teluk Manado. Perjalanan ini akan menempuh jarak sekitar 16 km dengan durasi kurang lebih 30 menit menggunakan taksi menuju Blue Banter Marina & Dive Center.

Selanjutnya, melakukan perjalanan laut. Jika ingin cepat namun mahal bisa memilih naik speedboat, harganya mulai Rp 800.000 – 1.300.000, berkapasitas 6-30 orang. Opsi kedua yang lebih murah, naik kapal taksi seharga Rp 30.000 / per penumpang. Selebihnya, di Pulau Bunaken juga ada ojek, harganya mulai Rp 15.000.

Lokasi Taman Nasional Laut Bunaken : Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *