Gunung Tunak Lombok – Taman Wisata Alam Elok Menawan, Memanjakan

Gunung Tunak. Kabupaten Lombok Tengah sangat menonjol mewakili keindahan alam Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Di kawasan inilah tempat berbagai objek wisata terkenal di Lombok. Termasuk Mandalika dengan jajaran pantai indahnya.

Kurang lebih 25 menit perjalanan berkendara ke arah timur dari Kawasan Wisata Mandalika, Anda juga bisa mendapati destinasi wisata lain yang tak kalah moleknya. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak namanya. Secara administratif lokasinya berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Memang tak setenar Pantai Kuta Mandalika, namun objek wisata ini juga termasuk pantai yang mempesona. Liburan ke Lombok, sempatkanlah waktu mengunjunginya. Sebentar saja dan pasti Anda kerasan berlama-lama. Sebagai menu pembuka, lanjutkan membaca untuk memperkaya informasi sebelum Anda berangkat ke sana.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak
@twagunungtunak

Daya Tarik TWA Gunung Tunak

Taman wisata alam ini menawarkan eksotika keindahan alam yang dihadirkan melalui komposisi apik antara pantai dan tebing-tebing perbukitan. Laut yang membiru semakin memuda warnanya seiring riak ombak menyapa pantainya yang bersih perawan. Pantai Bilasayak namanya yang cemerlang berpasir putih kekuning-kuningan.

Di sekitar Gunung Tunak juga ada Pantai Bumbangku yang melengkung tenang berhias keramba-keramba lobster di laut dangkalnya. Banyak sekali spot di Gunung Tunak, mengingat areanya yang luas dengan beragam teluk dan tebing. Namun, sejauh ini pantai dan spot-spot di area terbuka perbukitan yang paling diminati.

Butuh banyak waktu jika ingin menjelajahi sepenuhnya. Selain di beberapa area terbuka di perbukitan, jika ingin leluasa menikmati alam bisa naik ke mercusuar 7 tingkat. Dari atas mecusuar itu semakin baik terlihat bentangan keindahan yang memadukan birunya laut, perbukitan, pantai serta formasi pulau-pulau batu.

Taman Wisata Gunung Tunak Lombok sangat ideal bagi para traveler pecinta fotografi. Beragam sudut cantik dengan mudah didapat dan diabadikan. Terutama jika Anda datang di akhir musim penghujan, semakin elok dengan dominasi hijau tetumbuhan. Luas area taman wisata ini kurang lebih 1.200 hektar.

Beberapa bukit yang ada di sana mencakup Bukit Bungkulan, Bukit Kelor, Bukit Takar-akar, Bukit Pejanggik dan Bukit Bungkulan. Areanya dibatasi oleh Teluk Bumbang di sisi barat dan utara serta Teluk Awan di sisi timur. Berbagai satwa juga ada didalamnya. Bahkan, di sini juga ada penangkaran kupu-kupu dan rusa.

Selain menyusuri pantai atau trekking menjelajah hutan dan perbukitan, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di TWA Gunung Tunak. Memancing juga merupakan kegiatan menarik, berenang atau bersantai di pantai. Atau, jika ingin bermalam dengan mendirikan tenda, camping adalah ide bagus.

Bilayasak Gunung Tunak
@twagunungtunak

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

TWA Gunung Tunak secara bertahap diperlengkap fasilitasnya. Akses jalannya pun sudah bagus dan beraspal setidaknya sampai gerbang pintu masuk. Juga telah disediakan fasilitas seperti toilet, serta gazebo di beberapa spot. Juga, ada penginapan berupa cottage di Pantai Bumbangku, yakni Bumbangku Beach Cottage.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Hari Biasa Wisnus IDR 5.000
  Wisman IDR 100.000
Tiket Masuk Hari Libur Wisnus IDR 7.500
    IDR 150.000
Parkir Kendaraan Motor IDR 5.000
  Mobil IDR 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk diketahui: taman wisata alam ini masih termasuk kawasan yang disucikan. Di sini terdapat satu tempat bernama Gunung Raden yang sakral. Ini merupakan petilasan yang diyakini sebagai tempat berkumpulnya para wali di zaman dulu. Sama seperti di Pantai Seger, tiap tahun di sini juga diadakan ritual Bau Nyale.

Di sini juga ada tradisi yang disebut “betunak” yakni membawa kerbau untuk dilepaskan di hutan, rawa, dan savana. Perihal namanya, “tunak” berarti sesuatu yang disayang. Nama ini digunakan karena Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan kawasan hutan satu-satunya yang masih utuh di kawasan Lombok bagian selatan.

TWA Gunung Tunak Lombok
@twagunungtunak

Lokasi dan Rute Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak beralamatkan di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk mengunjunginya, Anda bisa menggunakan rute ke Pantai Kuta Lombok yang berjarak sekitar 50 km dari Mataram. Dari Pantai Kuta, jarak taman wisata alam ini masih sekitar 16 km.

Lanjutkan berkendara ke arah timur di Jl. Pariwisata Pantai Kuta untuk kemudian belok ke kanan ke Jl. Sengkol. Ikuti jalan tersebut dalam jarak kurang lebih 12 km sebelum akhirnya belok ke kanan ke Jl. Bumbang. Ikuti jalan tersebut sampai gerbang masuk. Untuk mempermudah, gunakan rute dalam Peta Lokasi, di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *