Tari Andun – Sekilas Perihal Seni sebagai Ajang Mencari Jodoh di Bengkulu

Tari Andun merupakan salah satu jenis kesenian tari tradisional yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Andun adalah kesenian rakyat Bengkulu yang pada awalnya berfungsi sebagai sarana mencari jodoh. Tepatnya terselenggara ketika masyarakat telah selesai panen padi.

Seperti halnya tarian tradisional indonesia pada umumnya, perkembangan tari ini juga mempengaruhi penggunaan dan fungsinya. Saat ini Tarian Khas Bengkulu ini berfungsi sebagai tarian penyambut tamu atau tampil pada acara-acara yang penting seperti pesta perkawinan, dll.

Dalam pelaksanaannya, Tari Andun melibatkan beberapa penari laki-laki (bujang) dan perempuan (gadis). Mereka menarikannya secara berkelompok atau berpasang-pasangan. Tidak jarang juga semua penarinya adalah perempuan, khususnya mereka yang belum menikah.

Komposisi penari tersebut terkait erat dengan sejarah Tari Andun yang pada awalnya memang bertujuan sebagai sarana mencari jodoh di musim panen padi. Pertunjukannya berlangsung malam hari dengan iringan alat musik tradisional khas yang bernama Kolintang.

Keunikan tari yang lebih mengkhususkan penari bujang dan gadis memungkinkannya tampil di saat beterang (saat seorang anak perempuan sudah melewati masa balita). Seiring berkembangnya zaman, Tarian Andun tetap lestari namun hanya sebagai sarana hiburan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *