• sumber : www.inovasee.com

Tari Garuda Wisnu, Bali – Ketika Dewa Wisnu Mencari Tirta Amerta

posted in: Bali, Seni dan Budaya, Tari | 0

Tari Garuda Wisnu adalah salah satu Tarian Bali yang tergolong sebagai tarian garapan baru. Tari ini disusun oleh seorang koreografer Bali bernama I Nyoman Cerita dan seorang Komposer Bali bernama I Gde Arya Sugiartha.

Untuk pertama kalinya Tari Garuda Wisnu tampil pada tahun 1997 dalam Peksiminasi di Bandung serta tahun 1998 pada acara PKB XX di Bali. Tari ini biasanya ditarikan oleh 3 penari putra yang berperan sebagai Burung Garuda serta dua orang penari putri yang berperan sebagai Dewi Laksmi dan Dewi Wisnu.

Para penari menari dengan gerakan yang sarat dengan keindahan. Yang menjadikannya menarik adalah dalam tarian ini penari dituntut untuk dapat menyeimbangkan diri dan kuat ketika menopang penari lain yang ada di atasnya

Seni tari ini tercipta sebagai gambaran perjalanan Dewa Wisnu yakni Dewa Kesuburan yang sedang mencari Tirta Amerta. Dalam usahanya tersebut, perjalanan Dewa Wisnu mendapatkan bantuan burung Garuda. Tarian Garuda Wisnu juga sebagai gambaran pertemuan Dewa Wisnu dengan Dewi Laksmi.

Disamping itu dalam tarian ini juga melukiskan kegagahan Hyang Wisnu dalam memainkan senjata andalannya, yakni Senjata Cakra. Dalam pertunjukannya Tarian Garuda Wisnu di iringi oleh iringan musik dari Gamelan Gong Gede serta rebab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *