• Tari Musyoh Papua

Tari Musyoh – Tarian Pengusir Arwah oleh Masyarakat Papua

posted in: Papua, Seni dan Budaya, Tari | 0

Tari Musyoh. Telah diketahui bahwa Papua adalah salah satu citra ke-Indonesia-an yang paling menonjol dalam banyak hal, terutama melalui keunikan budaya masyarakatnya. Dalam hal ini, kesenian tari menjadi ekspresi yang menggambarkan perpaduan budaya, pola hidup, hingga kepercayaan tradisional yang turut menegaskan karakteristik kehidupan mereka.

Masyarakat Papua memiliki pola kepercayaan agama tradisional yang menyatu dan menyerap ke segala aspek kehidupan. Sudut pandangan dunianya integral, yang mana berkaitan satu sama lain antara yang material dan spiritual, yang sekuler maupun yang sakral. semuanya berfungsi bersama-sama.

Terkait hubungannya dengan kesenian, Tari Musyoh adalah satu dari sekian tarian yang lahir dalam kebudayaan rakyat Papua yang paling memanifestasikan sistem kepercayaan mereka. Tari Musyoh adalah jenis tarian ritual sebagai upaya pengusiran arwah orang yang meninggal karena kecelakaan.

Ketika ada salah seorang warga suku Papua yang meninggal dunia akibat kecelakaan, umumnya masyarakat Papua meyakini bahwa arwah yang bersangkutan tidaklah tenang. Melalui keyakinan tersebut, lahirlah Tari Musyoh sebagai jalan untuk menenangkan arwah atau ruhnya.

Dalam prakteknya, tari ini juga seperti kebanyakan tarian tradisional Papua yang pada umumnya diringi oleh alat musik tradisional mereka, yakni Tifa. Sebuah alat musik pukul yang terbuat dari kayu berbentuk menyerupai kendang dengan diberi lubang ditengahnya. Sebagai pembeda dengan Tari Perang Papua, tari ini tidak menggunakan tombak atau alat perang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *