Tari Rara Ngigel – Gambaran Seorang Gadis Yang Beranjak Dewasa

Tari Rara Ngigel. Karya seni mewakili ekspresi untuk mengungkapkan perasaan, maksud, dan fikiran atau apapun itu yang kemudian divisualisasikan secara indah agar bisa dinikmati oleh penikmatnya. Dalam seni tari, seniman mengungkapkan ekspresi melalui gerak tubuh secara berirama selaras dengan musik pengiringnya.

Di Indonesia, nama Bagong Kussudiardja telah begitu dikenal sebagai koreografer tari. Lebih dari 200 tari dihasilkan, salah satunya adalah Tari Yapong yang sarat akulturasi budaya. Namun, artikel ini bukan tentang karya beliau. Artikel ini tentang Tari Rara Ngigel karya dari putri beliau, Ida Manutranggana.

Seperti halnya Yapong karya ayahnya, Rara Ngigel juga memadukan berbagai unsur budaya. Ada gerak tari gaya Yogyakarta yang cenderung lembut, ada juga gerakan tegas dan patah-patah khas Tari Jawa Barat. Selain itu, harmoni budaya juga terwakili melalui busana yang mengkombinasikan budaya Jawa dan Cina.

Tari Rara Ngigel merupakan tari kreasi baru yang mencoba menceritakan tumbuhnya seorang gadis yang sedang beranjak dewasa. Biasanya tarian ini ditarikan oleh penari wanita, namun tidak jarang juga dibawakan secara berpasangan dengan penari pria.

  • 2
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *