Tari Sajojo, Papua – Gambaran Semangat Kebersamaan & Gotong Royong

Tari Sajojo. Kebersamaan adalah satu hal yang dapat merangsang rasa gembira setiap orang, mungkin itulah yang ingin disampaikan oleh salah satu seni tari populer dari masyarakat Papua, Tari Sajojo. Sarat nuansa keceriaan dan semangat kebersamaan ini bisa ditarikan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita.

Tarian Sajojo juga sebagai cara bagi masyarakat Papua untuk menyampaikan pesan selamat datang kepada para tamu kehormatan. Selain juga sering ditampilkan di berbagai acara lain, baik upacara adat, acara hiburan, maupun acara dalam rangka promosi wisata.

Tarian Sajojo memiliki keunikan khususnya pada hentakan kaki dan gerakan badan yang dinamis. Jumlah penari Sajojo bisa genap atau ganjil dan tidak dibatasi, bisa ditarikan penari laki-laki maupun penari perempuan, baik tua maupun muda. Bisa ditarikan dimana saja, di luar mapun di dalam ruangan.

Istilah Sajojo sendiri diambil dari lagu pengiringnya yang berjudul “Sajojo”. Sajojo merupakan lagu daerah Papua yang menceritakan tentang seorang gadis yang diidolakan dan dicintai di kampungnya. Meski demikian, nuansa keceriaan dalam lagu tersebutlah yang cocok dengan tarian ini, bukan lirik lagunya.

Para penari menarikan Tari Sajojo dengan penuh kekompakan dan keceriaan sebagai gambaran semangat kebersamaan dan gotong royong masyarakat Papua. Karena gerakannya yang sangat khas dan penuh kegembiraan, Tarian Sajojo menjadi sangat populer dan berkembang pesat di kalangan masyarakat Papua.

Perihal sejarah Tari Sajojo, sejauh ini belum diketahui secara pasti asal mula keberadaan tarian ini. Namun ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Sajojo sudah ada dan dikenal sejak tahun 1990-an. Hingga saat ini, tarian ini terus dilestarikan dan dikembangkan namun tetap menjaga kekhasan lagu dan keunikan gerakannya.


Selain Tari Sajojo, masyarakat Papua juga memiliki beberapa tarian tradisional lainnya, salah satunya adalah Tari Musyoh. Tarian Musyoh adalah satu dari sekian tarian yang lahir dalam kebudayaan rakyat Papua yang paling memanifestasikan sistem kepercayaan mereka. Selengkapnya mengenai tarian ini, baca Tari Musyoh – Tarian Pengusir Arwah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *