Tari Sekar Jagat – Tarian Kreasi Khas Bali Untuk Pembukaan Suatu Acara

Tari Sekar Jagat. Di antara ragam tarian Bali, tari bertemakan penyambutan termasuk yang paling banyak macamnya. Tari Pendet, Tari Panyembrama dan Tari Gabor adalah sebagian contoh tarian selamat datang atau tari penyambutan Bali.

Selain yang telah disebutkan, masih ada beberapa tari yang lebih difungsikan untuk menyambut tamu atau sebagai pembuka suatu acara. Sebagai misal adalah tari yang dinamakan Sekar Jagat, salah satu karya tari dari N.L.N Swasthi Wijaya Bandem.

Tari ini diciptakan pada tahun 1993 untuk dipersembahkan dalam acara pembukaan Pameran Wastra Bali di Jakarta. N.L.N Swasthi Wijaya Bandem juga merangkap sebagai penata busananya. Sedangkan penata iringannya adalah I Nyoman Windha.

Nama tari ini tergabung dari dua suku kata, yakni “Sekar berarti bunga yang harum dan “Jagat” berarti dunia. Bisa dimaknai bahwa tari ini mencoba menggambarkan kedamaian dan keindahan dunia yang penuh dengan semerbak bunga-bunga.


Penyajian Tari Sekar Jagat

Dalam penyajiannya, tari ini dibawakan oleh penari putri (biasanya 5 hingga 7 orang). Dengan membawa sebuah canangsari, mereka menari membawakan gerakan yang menggambarkan kegembiraan dalam menyambut para tamu yang hadir.

Gerakan dasar tarian ini sebagai berikut: gerakan kaki meliputi tampak sirang pada, ngumbang dan nyeleog. Gerakan tangan mungkah lawing serta gerakan jari meliputi jejiring dan ulap-ulap. Sementara itu, gerakan badannya ngotag pinggang.

Busana tari di antaranya: tapih, angkin prada, kamen dengan 2 buah selendang pengikatnya, pending di pinggang sebagai hiasan dan penutup ikatan. Juga, hiasan badong, gelang, gelungan khusus, cemara, bunga merah imitasi dan bunga emas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *