Tari Tirik Lalan – Tarian Tradisional Masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan

Suku-suku di Indonesia merupakan masyarakat kreatif yang masing-masing memiliki tradisi berkesenian. Suku Banjar di Kalimantan Selatan adalah satu misal. Puluhan tari tercipta di sepanjang sejarah kebudayaan mereka. Tari Tirik Lalan merupakan satu di antara tarian tersebut.

Tarian Tirik Lalan merupakan Tarian Tradisional Kalimantan Selatan yang bertemakan pergaulan. Dalam pertunjukannya, tarian ini disajikan secara berpasangan oleh penari putera dan penari puteri. Istilah “tirik” merujuk pada jenis tarian tradisional yang berasal dari Hulu Sungai.

Sebagai seni tari pergaulan, tarian ini lebih bersifat profan atau seni yang dipertunjukkan hanya sebagai hiburan saja. Sering kali digelar oleh masyarakat setempat untuk meramaikan berbagai acara hiburan. Acara dalam rangka memperingati hari-hari kebesaran misalnya.

Mengenai sejarahnya, ada yang berpendapat bahwa tarian Tirik Lalan merupakan perkembangan dari Tari Gandut atau Bagandut. Gandut adalah seni tradisi yang berkembang dalam lingkup masyarakat di Kabupaten Tapin. Berkembang pesat di seantero wilayah pertanian Kerajaan Banjar.

Cerita Dalam Tari Tirik Lalan

Setidaknya ada dua pendapat sehubungan dengan cerita yang disajikan dalam pertunjukan tari ini. Namun, kedua cerita yang dimaksud sama-sama menggambarkan bujuk rayu seorang lelaki kepada seorang wanita yang dicintainya agar diizinkan pergi untuk suatu urusan.

Menurut cerita pertama, tarian ini menceritakan seorang raja yang meminta izin kepada permaisurinya untuk berburu ke hutan. Pada awalnya, keinginan itu hanya diizinkan asalkan permaisuri juga ikut menyertainya. Terjadilah bujuk rayu agar sanga permaisuri tidak ikut perburuan.

Adapun pada cerita yang kedua, digambarkan seorang suami yang menyampaikan keinginan pada sang istri untuk merantau ke Tanah Jawa. Karena pada awalnya tidak diizinkan, sang suami pun berusaha keras membujuk sang istri hingga kemudian luluh dan mengizinkan suaminya pergi.


Demikian informasi singkat mengenai tarian Tirik Lalan dari suku Banjar di Kalimantan Selatan. Seperti yang telah disampaikan di awal artikel ini, terdapat puluhan tarian tradisional suku Banjar. Sebelumnya juga telah dituliskan tarian Banjar yang lain, yakni Radap Rahayu dan Baksa Kembang.

Referensi:

  1. gambar: lpmsukma.com…
  2. artikel dirangkum dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *