• sumber : pergimulu.com
  • sumber : jejakpiknik.com
  • sumber : balistarisland.com
  • sumber : youtube.com
  • sumber : google map
  • sumber : ksmtour.com
  • sumber : balidirections.com
  • sumber : sasexplorer.blogspot.com
  • sumber : balitopholiday.com
  • sumber : balidirections.com

Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi

posted in: Bali, Daftar Menarik, Wisata | 0

Tempat Wisata di Bali selain Pantai. Selain Yogyakarta, Pulau Bali dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Bahkan inilah primadona pariwisata Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Pulau yang dijuluki “Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura” ini memiliki beragam tempat wisata yang sebagian besar telah mendunia. Semua orang tahu, wisata pantai adalah yang paling menonjol diantara objek wisata Bali lainnya, namun tidak jarang juga wisatawan yang ingin melihat sisi lain dari keindahan Bali. Andakah salah satunya?

Seperti diketahui, selain terkenal dengan alamnya yang begitu cantik, Bali juga tampil sebagai pusat budaya dan kesenian di Indonesia. Terlebih bagi wisatawan Jepang dan Australia, pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Sunda Kecil ini menjadi tujuan karena keunikan hasil seni-budayanya. Selain itu, keeksotikan Bali juga semakin disempurnakan oleh sisi spiritual Hindu yang mendominasi di pulau ini. Oleh karena itu, melalui berbagai pertimbangan, tidak sedikit traveler yang ingin berkunjung dan menikmati Bali dari sisi yang berbeda.

Bagi pembaca yang ingin liburan ke Bali atau yang sudah pernah kesana namun hanya sempat berkunjung ke pantai, tidak ada salahnya jika pada liburan kali ini mencoba mendapatkan kesan yang berbeda di pulau ini. Dengan Alam yang begitu indah dan berpadu dengan kekayaan budaya, Bali menawarkan tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu. Artikel ini akan membantu Anda memfilter tempat wisata di Bali selain pantai. Setidaknya, destinasi wisata Bali yang tersaji disini, bisa menjadi gambaran sebelum Anda benar-benar berangkat untuk liburan ke Bali.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bali selain Pantai

1. Pura Ulun Danu Beratan

Pura-Ulun-Danu-Beratan-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : balidirections.com

Nikmati panorama indah yang menenangkan di pura tepi Danau Bratan yang terletak di Tabanan Bali. Saking eksotiknya yang tersaji, dikatakan lanskap pura inilah yang paling sering di abadikan oleh fotografer dari seluruh dunia. Pura Ulun Danu begitu cantik dengan latarbelakang salah satu puncak tertinggi di Bali. Inilah wajah paling memikat untuk memahami sejarah, kebudayaan dan spritualitas masyarakat Bali. Berkunjung kesini, jangan lupa untuk menyewa perahu dan ambilah foto-foto yang menakjubkan.

2. Hutan Monyet Ubud

Hutan-Monyet-Ubud-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : balitopholiday.com

Hutan Monyet Ubud (Ubud Monkey Forest) disebut juga Mandala Wisata Wenara Wana adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bali. Hutan ini adalah situs pemujaan Hindu Bali yang mana sebagian besar bagian hutan memiliki makna sakral, termasuk pohon, pura dan monyet ekor panjang. Berkunjung ke hutan monyet yang begitu eksotik ini untuk menjelajahi komplek pura, pagoda dan pavilion. Selain itu hutan ini dihuni oleh lebih dari 340 ekor monyet yang juga dianggap suci dalam ajaran Hindu Bali.

3. Air Terjun Gitgit
Air-Terjun-Gitgit-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : google map

Salah satu tempat wisata di Bali selain pantai yang banyak dikunjungi adalah Air Terjun Gitgit di Singaraja, Bali. Temukan setiap sudut keindahan selama perjalanan menuju air terjun, menyusuri pematang sawah hingga di perkebunan cengkeh dan masuklah kedalam hutan hujan yang teramat menawan. Ketika jarak semakin dekat, Anda akan menuruni anak tangga seiring hawa sejuk yang kian terasa. Di dasar air terjun, naiklah ke atas batu dan masuklah kedalam air, atau jika itu tidak mungkin, bisa juga menyeberangi kolam berbatu dan lihatlah pesona berselimut kabut dari air terjun.

4. Pura Uluwatu

Pura-Uluwatu-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : sasexplorer.blogspot.com

Nuansa sakral begitu harmoni dengan keindahan alam di Pura Luhur Uluwatu di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Inilah salah satu pura tertua dari abad ke-11 yang berdiri diatas tebing terjal setinggi kurang lebih 76 meter. Salah satu Pura Kayangan Jagat yang dalam ajaran Hindu difungsikan sebagai perlindungan Bali dari roh-roh jahat. Sebagai penikmat keindahan, Anda wajib mengunjunginya dan bertahanlah hingga matahari terbenam, tepatnya ketika anda dengan jujur berkata “adakah tempat yang lebih indah dari ini?”.

5. Pura Gunung Kawi

Pura-Gunung-Kawi-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : youtube.com

Inilah kompleks arkeologis tertua dan paling memikat di Bali. Pura Gunung Kawi sangatlah menarik karena sebuah bangunan terpahat ke dalam tebing yang terletak di dekat sungai Pakerisan. Bangunan dari abad ke-11 ini hingga saat ini difungsikan sebagai tempat pemujaan agama Hindu. Meski sebagian hanya berupa reruntuhan, namun keindahannya telah memikat perhatian internasional.

6. Desa Tegallalang
Desa-Tegallalang-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : pergimulu.com

Tempat wisata di Bali selain pantai yang terbaik untuk di kunjungi selanjutnya adalah desa Tegallalang. Tentunya sangat menyenangkan ketika berada di nuansa kedamaian suatu desa yang teramat hijau. Desa tegallalang di Gianyar ini menjadi lingkungan di Bali yang paling ikonik, terletak di sebuah ngarai sungai di perbukitan utara ubud. Nikmatilah segarnya udara di gunung berundak-undak, mungkin hanya dengan berjalan-jalan atau melewatkan waktu di tempat ini bisa jadi akan membawa Anda untuk selalu kembali.

7. Elephant Safari Park

Elephant-Safari-Park-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : balistarisland.com

Elephant Safari Park adalah satu diantara atraksi wisata yang wajib dikunjungi di Bali. Atraksi ini mengajak setiap orang untuk bermalas-malasan di Elephant Safari Lodge yang eksklusif. Cobalah berkeliling di taman-taman tropis dan menikmati hijaunya alam Indonesia, semakin sempurna ketika Anda bisa menyapa gajah-gajah yang berkeliaran. Taman ini dibangun di sebuah desa Hindu yang berusia 4.000 tahun bernama Taro. Saking terkenalnya objek wisata ini telah beberapa kali memperoleh penghargaan.

8. Taman Burung Bali

Taman-Burung-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : ksmtour.com

Pastikan durasi wisata Anda masih cukup dan datanglah ke Taman Burung Bali (Bali Bird Park) yang terletak di Singapadu, Batubulan, Gianyar. Cobalah lebih dekat dengan sebagian burung dan kupu-kupu paling memukau di dunia. Ini adalah suaka bagi sekitar 1.000 ekor burung yang terletak di dalam kebun raya seluas 2 hektar. Setidaknya, terdapat sekitar 2.000 lebih tanaman tropis dan kawanan kupu yang mengagumkan menjadi bagian taman ini. Dikatakan bahwa taman ini memiliki koleksi burung terlengkap di dunia.

9. Pura Petitenget
Pura-Petitenget-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : balidirections.com

Setelah puas bermain di pantai Petitenget, jangan lupa untuk berkunjung ke bangunan kuno bergaya hindu dari abad ke-15 ini. Di Pura Putitenget, para pelancong akan merasakan sisi tradisional Bali yang menenangkan. Sebuah pura mungil dengan sedikit tumbuhan semak pakis yang pastinya akan mampu melepaskan Anda sejenak dari hiruk-pikuknya Kuta. Pura ini terletak di Kelurahan Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

10. Monumen Bajra Sandhi

Monumen-Bajra-Sandhi-Bali Selain Pantai, Berikut 10 Tempat Wisata Bali yang Wajib di Kunjungi
sumber : jejakpiknik.com

Lengkapi perjalanan wisata dengan menjadikannya lebih bermakna. Berkunjunglah ke Monument Bajra Sandhi (monument perjuangan rakyat bali) yang terletak di Renon, Denpasar, Bali. Disinilah tempat terbaik untuk mencermati sejarah agama Hindu di Bali serta perjuangan kemerdekaan Indonesia sambil menikmati indahnya arsitektur dan diorama bangunan bergaya pura.

Demikianlah daftar rekomendasi tempat wisata di Bali selain pantai yang terbaik dan layak di kunjungi. Tentu saja, selain yang ada dalam daftar, masih banyak objek wisata yang wajib dikunjungi di Bali dan semuanya selalu bergantung pada durasi dan kebutuhan wisata Anda. Selebihnya, beberapa objek wisata Bali dalam daftar diatas semoga bisa menjadi pertimbangan untuk memetakan tujuan ketika Anda ini liburan ke Bali. Semoga Bermanfaat!

Tempat Wisata di Bali selain Pantai

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *