Daftar 8 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banda Aceh. Salah satu tujuan wisata utama di Aceh, tentu saja termasuk Kota Banda Aceh yang merupakan ibukota provinsi tersebut. Liburan ke Banda Aceh memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman wisata yang kaya, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner.

Yang pasti, beragam objek wisata Banda Aceh sangat mungkin untuk membuat setiap pengunjungnya tetap sibuk terpesona dalam liburan mereka. Terutama bagi penyuka wisata sejarah, kota yang merupakan salah satu dari lima Kerajaan Islam terbesar di dunia ini kaya akan situs peninggalan sejarah dari berbagai masa.

Di kota ini, wisatawan bisa menyaksikan peninggalan sejarah dari masa Kesultanan, masa Kolonial Belanda, masa bergabungnya Aceh dengan NKRI serta masa konflik yang pernah terjadi. Bahkan, kenangan masa kelam tentang bencana tsunami di Aceh pun terbingkai menjadi objek wisata yang menarik.

Mengingat banyaknya tempat wisata di Banda Aceh, Anda perlu memfilter tujuan ketika berlibur ke sana. Setidaknya ketika tiba di Kota Serambi Mekah ini, Anda sudah memiliki gambaran tentang objek wisata apa saja yang wajib dikunjungi. Berikut adalah 8 tempat wisata Banda Aceh yang terbaik untuk Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Banda Aceh

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman - Objek Wisata di Banda Aceh
sumber : disbudpar.acehprov.go.id

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Aceh terus meningkat tiap tahunnya. Sebagian besar dari mereka tertarik dengan kesejarahan kota Islam tertua di Asia Tenggara ini. Salah satu objek wisata Banda Aceh yang paling menjadi magnet adalah Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota.

Selain sebagai landmark, masjid yang tetap utuh kala tsunami menerjang pada 2004 ini merupakan simbol agama, budaya, semangat perjuangan serta nasionalisme rakyat Aceh. Masjib yang yang telah berdiri sejak tahun 1612 di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda ini selalu menarik untuk dipelajari.

Biasanya, para wisatawan yang berkunjung akan menghabiskan waktunya untuk mempelajari sejarah, selain menikmati keindahan arsitekturnya. Tahukah Anda? saking menariknya, hingga ada replika Masjid Raya Baiturrahman di taman miniatur terbesar dunia, yakni Taman Minimundus di Klagenfurt, Karintia, Austria.

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh - Tempat Wisata di Banda Aceh
sumber : blog2016galerisaya.blogspot.com

Museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana tsunami Aceh ini adalah salah satu yang paling menarik kunjungan wisatawan. Museum Tsunami Aceh atau Aceh Tsunami Museum hasil rancangan Ridwan Kamil ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.

Tidak hanya itu, museum juga berguna sebagai tempat perlindungan jika bencana serupa terjadi di masa depan. Senada dengan fungsinya, ketika sampai di dalamnya, wisatawan akan memasuki suasana mencekam dan kepanikan saat gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004 yang lalu.

Di salah satu ruangan, setiap pengunjung bisa mendapati banyak monitor yang menampilkan foto-foto korban. Ada juga area Sumur Doa, Lorong Cerobong dan Jembatan Harapan. Sebagai simbol kekuatan dan religiusitas rakyat Aceh, dinding museum berhias gambar orang-orang yang sedang menarikan Tari Saman.

Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo - Wisata di Banda Aceh
sumber : putramuharril.wordpress.com

Sejauh ini, wisata tsunami Aceh tetap menjadi yang paling banyak peminatnya di Banda Aceh, termasuk kapal nelayan Lampulo yang bertengger di atap rumah penduduk. Saat bencana tsunami 2004 yang lalu, salah satu kapal Lampulo terseret ke daratan sejauh 3 kilometer dan mendarat di salah satu atap rumah penduduk.

Bisa Anda bayangkan, kapal dengan berat sekitar 65 ton serta panjang kurang lebih 25 meter ini di atap rumah. Untuk mengenang terjadinya tsunami di Aceh, keberadaan kapal tersebut tetap dipertahankan dan kini terkenal sebagai objek wisata Kapal Apung Lampulo.

Salah satu keunikan tempat wisata di Banda Aceh ini adalah pemilik rumah yang menyangga kapal tersebut masih tetap menempatinya. Pemiliki rumah mengaku tidak keberatan jika rumahnya menjadi tempat wisata sejarah tsunami oleh pemerintah Kota Banda Aceh. Bahkan mereka bersedia merawat dan menjaga objek wisata ini.

Museum Negeri Aceh

Museum Negeri Aceh - Tempat Wisata Banda Aceh
sumber : www.indonesiakaya.com

Wisata ke Kota Banda Aceh paling menarik adalah berkunjung ke tempat-tempat kesejarahan daerah istimewa ini, salah satunya adalah berkunjung ke Museum Negeri Aceh atau Museum Aceh. Berdiri sejak masa pemerintahan Hindia belanda, ini merupakan museum etnografi dari suku bangsa asli yang mendiami wilayah Aceh.

Pembaca bisa mengunjunginya di Jalan Alauddin Mahmud Syah, Banda Aceh. Di museum ini pengunjung bisa menikmati pernak-pernik peninggalan sejarah suku Aceh. Sangat lengkap, mulai dari peninggalan zaman prasejarah, termasuk perkakas, alat tani dan rumah tangga, senjata hingga pakaian tradisional.

Ada juga beragam koleksi manuskrip kuno, dokumentasi foto sejarah, hingga maket perkembangan Masjid Raya Baiturrahman. Salah satu yang ikonik disini adalah rumah tradisional Aceh atau Rumoh Aceh yang dulu pernah dipamerkan di Semarang pada tahun 1914, sebelum museum ini diresmikan pada tahun 1915.

Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang - Wisata Banda Aceh
sumber : www.indonesiakaya.com

Kota Banda Aceh penuh dengan tempat bersejarah. Cobalah untuk tidak melewatkan Komplek Taman Ghairah, Taman Putroe Phang atau Taman Putri Pahang. Sebuah taman dari Kerajaan Aceh Darussalam sebagai bukti betapa cintanya Sultan Iskandar Muda terhadap permaisurinya, Putroe Phang dari Kerajaan Pahang.

Taman ini didirikan agar Putri Pahang tidak kesepian ketika sang sultan menjalankan pemerintahan. Pinto Khop adalah sesuatu yang ikonik di taman ini, berupa gerbang kecil berbentuk kubah yang menghubungkan taman dengan istana. Di tempat inilah Putri Phang beristirahat seusai berenang, berkeramas dan mandi bunga.

Selain itu, terdapat juga Gunongan sebagai tempat dayang-dayang membasuh rambut sang permaisuri. Saat ini, taman yang indah ini menjadi wadah kreatifitas pemuda Aceh. Sementara bagi masyarakat umum, Taman Putroe Phang seolah taman kota, tempat rekreasi murah meriah bagi mereka.

Wisata Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue - Tempat Wisata di Banda Aceh
sumber : tripzilla.id

Selain tempat-tempat bersejarah, tempat wisata di Banda Aceh juga termasuk pantai yang cantik, yakni Pantai Ulee Lheue. Lagi-lagi, pantai ini juga menjadi saksi sejarah betapa mencekamnya bencana tsunami Aceh. Pantai ini mengalami kerusakan terparah pada waktu itu, sampai-sampai hingga saat ini warna pasir pantainya berubah warna kecoklatan.

Waktu pun berlalu, seiring pantai ini berbenah dan kembali menjadi salah satu primadona wisata di Banda Aceh. Pantai Ulee Lheue adalah pantai yang cantik, sebagai tempat paling ideal menikmati kemolekan senja. Setelah puas menjelajah berwisata sejarah, ide terbaik adalah berkunjung, bersantai melepas lelah di pantai ini.

Sembari menunggu indahnya matahari terbenam, pantai ini akan menghibur Anda dengan beragam fasilitas hiburan yang lengkap.

Wisata Panti Alue Naga

Panti Alue Naga - Tempat Wisata di Banda Aceh
sumber : hamzahcorner.blogspot.com

Selain Pantai Ulee Lheue, di Banda Aceh juga ada Panti Alue Naga yang terletak di Gompong Alue Naga, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Dengan menempuh perjalanan 10 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, temukanlah pantai yang juga menawarkan keindahan matahari terbenam ini.

Pantai Alue Naga juga termasuk hamparan hutan mangrove yang sejuk dan menenangkan. Selebihnya, jika masih ingin menikmati pantai-pantai lainnya, Anda harus menempuh perjalanan 15-20 kilometer ke Kabupaten Aceh Besar. Di sana ada Pantai Lampuk, Pantai Lhoknga, serta Pantai Lhok Mee dan Bukit Suharto.

Keudah dan Simpang Mesra

Wisata Kuliner Banda Aceh
sumber : bangmamadi.blogspot.com

Untuk menyempurnakan liburan Anda berkeliling ke tempat wisata di Aceh, jangan lupa melanjutkan wisata kuliner di Banda Aceh. Setidaknya ada dua tempat yang direkomendasikan yakni Keudah dan Simpang Mesra. Dua tempat ini merupakan kawasan yang penuh penjual makanan tradisional Aceh, yang pasti enak dan pas di kantong.


Tentu saja, setiap wisatawan masing-masing datang dengan kebutuhan wisata yang unik, sementara apa yang tersaji dalam daftar di atas tidaklah mencakup semua objek wisata di Banda Aceh. Setidaknya, semoga dengan membaca artikel ini, Sobat bisa memiliki gambaran mengenai tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi.

Jika Anda terlanjur betah di Tanah Rencong ini, bisa juga melanjutkan ke Sabang dan menikmati wisata bahari di sana, baca Tempat Wisata Sabang. Jangan lupa juga mencicipi satu dua kuliner khas Aceh. Baca Makanan Tradisional Aceh untuk melihat daftarnya. Untuk akomodasi, lihat rekomendasinya melalui tombol berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *