• sumber : travelingyuk.com
  • sumber : www.tourbelitung.co.id
  • sumber : gloob-online.com
  • sumber : nusantarakaya.com
  • sumber : belitunginparadise.com
  • sumber : pusatinfowisata26.blogspot.com
  • sumber : lensabelitungtrip.com
  • sumber : triptrus.com
  • sumber : www.arumsilviani.com
  • sumber : ulinulin.com

Wisata Belitung – Objek Wisata di Belitung yang wajib dikunjungi

Durasi baca : 7 menit

Tempat Wisata di Belitung. Menetapkan destinasi wisata di Indonesia bisa jadi membingungkan karena begitu banyak pilihan wilayah yang masing-masing “layak dikunjungi”. Hampir semua daerah dipastikan mampu memanjakan liburan semua orang. Jadi, Anda perlu memfilter tujuan wisata agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang suka wisata bahari, cobalah mempertimbangkan wisata Belitung yang sedang naik daun. Objek wisata di Belitung semakin dikenal salah satunya seiring popularitas film Laskar Pelangi yang banyak menampilkan spot-spot wisata di Belitung.

Belitung atau Belitong atau yang dulu dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatera, Indonesia. Bersama dengan Pulau Bangka, Pulau Belitung merupakan pulau utama dalam wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Pulau yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata ini sangatlah kaya akan potensi alam. Selain terkenal dengan sahang (lada putih) dan timah putih, alam Belitung juga menawarkan pesona wisata yang menakjubkan, mulai dari pulau-pulau disekitarnya, pantai-pantai yang menawan serta bukit-bukit yang indah.

Memilih liburan ke Belitung memastikan Anda mendapatkan pengalaman wisata penuh kesan. Oleh karena banyak sekali tempat wisata di Belitung, sehingga, lagi-lagi Anda perlu memfilter tujuan wisata agar sesuai dengan durasi dan kebutuhan. Dalam artikel ini, telah kami rangkum beberapa objek wisata di Belitung yang wajib dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Belitung

1. Jelajah Gantung

Museum Kata - Wisata di Belitung Timur
sumber : www.arumsilviani.com

Kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung Timur inilah yang akan membawa wisatawan kedalam nuansa film Laskar Pelangi. Di Gantung, traveler bisa berkunjung ke Replika SD Muhammadiyah yang ada di film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata tersebut. Ada juga Museum Kata Andrea Hirata yang memungkinkan pengunjung untuk menapaktilasi perjalanan novel Laskar Pelangi.

Di daerah ini juga ada Kampung Ahok. Seiring dengan kepopuleran Ahok sebagai tokoh nasional yang fenomenal, kini, rumah atau kampungnya turut menjadi objek wisata Belitung yang ramai dikunjungi. Tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Gantung, meliputi Vihara Dewi Khwan Im, Bendungan Pice, Pantai Gusong Cine, serta tidak ketinggalan Geopark Gunong Lumut.

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas - Tempat Wisata di Belitung
sumber : nusantarakaya.com

Semua orang tahu bahwa primadona tempat wisata di Belitung adalah Pulau Lengkuas. Ini berarti liburan ke Belitung tidak akan pernah sempurna tanpa berkunjung ke pulau yang identik dengan mercusuar tuanya ini. Lengkuas adalah pulau mungil yang cantik, berpasir putih, berhias bebatuan granit yang unik. Semua itu, disempurnakan oleh bentangan jernihnya laut yang semakin jauh semakin membiru. Tidak hanya itu, Pulau Lengkuas juga menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona. Banyak spot-spot bagus disekitarnya yang ideal untuk aktivitas snorkeling dan diving.

3. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi - Tempat Wisata Bangka Belitung
sumber : belitunginparadise.com

Semenanjung alam selalu indah, tidak terkecuali Tanjung Tinggi. Seperti umumnya pantai di Belitung, Pantai Tanjung Tinggi juga kaya batu granit. “tinggi” pada namanya mewakili besar dan tingginya bebatuan granit di pantai ini, bahkan ada yang ukurannya lebih besar dari bangunan rumah. Ornamen bebatuan yang tersebar acak itu benar-benar mendominasi menambah kesan eksotik pantai ini. Tahukah Anda? disinilah salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Selain panorama alam yang indah, terutama saat sunset, pantai ini juga memiliki spot underwater yang kaya akan ikan, lamun dan terumbu karang.

4. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang - Wisata Belitung
sumber : lensabelitungtrip.com

Wisata ke Negeri Laskar Pelangi, harus juga datang ke Pantai Tanjung Kelayang yang moleknya tiada tara. Pasalnya, film novel Andrea Hirata tersebut juga mengambil syuting di pantai ini. Meski komposisi alamnya hampir sama dengan pantai tetangganya, Pantai Tanjung Tinggi, pantai ini unik melalui desain bebatuan granitnya. Puluhan batu granit membentuk desain alam yang baik, bahkan ada yang bentuknya mirip kepala burung garuda. Karena lokasinya yang berdekatan, pantai ini, Pulau Burung, Pulau Pasir, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas dan Pulau Batu Berlayar biasanya menjadi satu paket kunjungan wisatawan.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin - Tempat Wisata di Belitung
sumber : ulinulin.com

Tempat wisata di Belitung tidaklah selalu pantai-pantai indah. Sebagai jeda wisata bahari, lanjutkanlah ketakjuban ke Danau Kaolin. Anda tahu Danau Kawah Putih di Ciwidey, Bandung? Danau Kaolin di Belitung menawarkan citarasa estetik yang kurang lebih sama dengan danau kawah tersebut. Kombinasi warna alam yang ceria, putih dan biru muda benar-benar sempurna keindahannya. Meskipun begitu, danau ini bukanlah danau vulkanik seperti di Bandung. Seperti namanya, Danau Kaolin sebenarnya terbentuk dari bekas tempat pertambangan mineral Kaolin yang telah lama ditinggalkan.

6. Pantai Nyiur Melambai
Pantai Nyiur Melambai - Wisata di Belitung
sumber : triptrus.com

Istilah Nyiur Melambai yang cenderung sastrawi kiranya telah cukup mengabarkan bahwa pantai ini indah. Sejuk, nyaman dan menenangkan akan menjadi kesan awal kedatangan Anda di pantai ini, bahkan selanjutnya akan terus begitu. Pantai Nyiur Melambai adalah pantai berpasir putih dan lembut dengan latarbelakang pemandangannya disempurnakan oleh kawasan Bukit Sama yang hijau. Selembut pasirnya, seperti itulah udara yang terus menerus menyambut, sementara sejauh pandangan mata laut memanjakan dengan warna khasnya. Pantai ini sangat ideal untuk bersantai, menikmati kuliner, sambil “jika beruntung” menikmati pertunjukan kesenian khas Belitung.

7. Pulau Memperak

Pulau Memperak - Objek Wisata di Belitung
sumber : www.tourbelitung.co.id

Tempat wisata di Belitung selanjutnya yang layak dipertimbangkan adalah Pulau Memperak, salah satu pulau di Belitung yang dikatakan sebagai surga perawan. Sama halnya dengan Pantai Nyiur Melambai, pulau ini juga berada di wilayah Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau berpasir putih dan halus ini, hanya saja tidak banyak tersedia fasilitas disini. Selain bermalas-malasan atau bermain di tepi pantainya, snorkeling, diving, hingga memancing bisa dilakukan. Spot ideal untuk menikmati keindahan bawah laut berada di bagian utara, timur dan barat pulau ini.

8. Desa Nelayan Tanjung Binga

Tanjung Binga - Wisata di Belitung
sumber : travelingyuk.com

Wisata di Belitung sudah semestinya panjang. Lengkapi pengalaman wisata bahari Anda ke Tanjung Binga yang berada di wilayah Kecamatan Sijuk. Datang ke tempat ini berarti Anda tiba di tempat penghasil ikan asin terbesar di Belitung. Ikan-ikan hasil tangkapan di kampung ini, umumnya ikan Laisy, akan dipasarkan ke seluruh Belitung dan Jakarta, selebihnya ada yang olah menjadi keripik ikan khas Tanjung Binga. Datanglah agar mendapatkan pengalaman wisata yang kaya dan nikmatilah pemandangan laut yang berhias kapal-kapal nelayan.

9. Pulau Kepayang
Pulau Kepayang - Tempat Wisata di Belitung
sumber : pusatinfowisata26.blogspot.com

Island Hopping pastinya mendominasi liburan Anda di Belitung. Jadi, pastikan agar tidak ketinggalan pergi ke Pulau Kepayang yang merupakan pulau terbesar diantara pulau-pulau kecil yang menghiasi sisi utara Belitung. Dari Tanjung Kelayang, pulau ini bisa dicapai dalam waktu 10 menit menggunakan boat. Pulau indah yang sering juga disebut Pulau Babi ini merupakan tempat penakaran penyu. Disini, ada tempat populer yang sering disinggahi traveler, yakni Pulau Pasir yang merupakan kepanjangan Pulau Kepayang di sebelah utara. Meskipun begitu, Pulau Pasir hanya bisa dinikmati saat air laut surut.

Daftar Tempat Wisata di Belitung

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.7 (3 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *