• sumber : www.engganoisland.com
  • sumber : www.probengkulu.com
  • sumber : tik9ixakelompok1.blogspot.com
  • sumber : @goholidaybengkulu
  • sumber : @savegajahseblat
  • sumber : wisatabengkuluku.blogspot.com
  • sumber : @ig_pramono
  • sumber : @gnfi
  • sumber : @ariadwijayanto
  • sumber : backpackerjakarta.com

Liburan ke Bengkulu? berikut tempat wisata yang wajib dikunjungi

Durasi baca : 7 menit

Tempat Wisata di Bengkulu. Meski dikatakan pariwisata Bengkulu cukup tertinggal dibandingkan provinsi tetangganya, bukan berarti provinsi yang berada di barat daya Pulau Sumatera ini potensinya kurang dalam hal ini. Bahkan, Bengkulu kaya akan potensi wisata, terutama melalui ragam keindahan alamnya. Jadi, tidak perlu bingung menetapkan destinasi liburan kali ini, sobat bisa langsung menuju ke Bengkulu dan nikmati sajian liburan yang mengesankan.

Wisata di Bengkulu memastikan setiap traveler mendapatkan pengalaman wisata yang kaya. Provinsi yang terkenal dengan Padma Raksasa (Bunga Reflesia) ini mampu menampung keserbajenisan wisatawan, termasuk bagi mereka yang suka wisata budaya dan peninggalan sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner. Anda tahu Tradisi Tabot? Datanglah ke Bengkulu pada tanggal 1-10 Muharam untuk menikmati betapa meriahnya festival tradisional yang sarat makna tersebut.

Jika Pembaca telah mantab menetapkan Bengkulu sebagai tujuan wisata, sebelum berangkat pastikan dulu memfilter objek wisata Bengkulu yang sekiranya wajib masuk dalam daftar kunjungan. Untuk memudahkan Anda, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang menarik dan wajib dikunjungi.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bengkulu

1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough
sumber : www.probengkulu.com

Benteng Marlborough (Fort Marlborough) merupakan benteng bergaya Eropa yang dibangun pada tahun 1714-1719 sebagai benteng pertahanan Inggris di Bengkulu. Wisata ke Bengkulu sudah semestinya berkunjung ke tempat bersejarah yang dibangun diatas bukit buatan ini. Dalam sejarahnya, benteng yang menempati area seluas 44.000 meter2 ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu dan turut menjadi saksi sejarah penjajahan Inggris, Belanda dan Jepang di Indonesia. Adapun sejak tahun 1977, Benteng Marlborough diserahkan ke Depdikbud untuk dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya.

Jl. Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu

2. Pantai Panjang
Pantai Panjang
sumber : wisatabengkuluku.blogspot.com

Seperti namanya, Pantai Panjang memiliki garis pantai yang panjang, mencapai 7 kilometer dengan lebar 500 meter dan mencakup tiga kecamatan sekaligus, yakni Ratu Agung, Teluk Segara, dan Ratu Samban. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata di Bengkulu yang wajib dikunjungi. Sebuah pantai kaya aktivitas dan fasilitas yang berada 4 kilometer dari pusat kota. Disini ada sport center, restoran, cafe, penginapan, area bermain, hingga pusat perbelanjaan. Ombaknya yang cukup besar juga memungkinkan traveler untuk berselancar di pantai ini.

Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu

3. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
sumber : @ariadwijayanto

Wisata alam akan selalu menarik dikunjungi. Ketika berada di Bengkulu jangan lewatkan kunjungan ke danau yang berada di perbatasan antara Kota Curup dan Kota Lubuk Linggau ini. Dengan menempati area seluas 3.600 Ha, Danau Mas Harun Bastari menawarkan panorama yang indah, sejuk dan menenangkan berlatarbelakang hamparan hijau perbukitan. Salah satu keunikan danau ini adalah keberadaan pulau berbentuk seperti huruf C ditengahnya, sebagai lambang dari Kota Curup. Beragam aktivitas bisa dilakukan, termasuk memancing hingga mengelilingi danau dengan berperahu.

Karang Jaya, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu

4. Gunung Kaba

Bukit Kaba
sumber : @gnfi

Bagi para pendaki, Bengkulu menanti petualangan Anda di gunung berketinggian 1.938 mdpl, Gunung Kaba. Selama menempuh perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari pos pendakian, gunung berapi di Kabupaten Rejang Lebong ini akan memanjakan setiap pendaki dengan keindahan hijau alam khas pegunungan. Sementara itu di puncaknya, gunung ini menampilkan keeksotikan melalui keberadaan dua kawah berwarna hijau dan putih kecoklatan. Terutama saat hari libur tiba, gunung yang yang oleh masyarakat setempat lebih disebut Bukit Kaba ini sangat ramai. Tidak jarang para pendaki harus berebut tempat camping pada saat-saat seperti itu.

Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu

5. Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah
sumber : @ig_pramono

Selain Danau Mas Harun Bastari, danau yang perlu dikunjungi saat liburan ke Bengkulu adalah Danau Dendam Tak Sudah, sebuah danau romantis yang kaya akan legenda. Danau yang sejak tahun 1936 ditetapkan sebagai cagar alam ini telah mengalami beberapa perluasan dengan luas akhir keseluruhannya mencapai 577 hektare, sementara luas permukaan 67 hektare. Selain menawarkan panorama alam yang menakjubkan, menyimpan banyak legenda, diantaranya legenda buaya buntung, keramat pintu air, keramat danau, lintah raksasa, hingga luka dan dendam penduduk Bengkulu yang tak berkesudahan terhadap Kolonial Belanda.

Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu

6. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi
sumber : tik9ixakelompok1.blogspot.com

Banyak sekali objek wisata pantai di Bengkulu, salah satu rekomendasi terbaik adalah Pantai Tapak Paderi yang terletak diantara Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Bahkan letak pantai ini sangat dekat dengan Benteng Marlborough, sehingga sangat ideal dijadikan satu paket wisata Bengkulu. Pesona alam pantai ini sangatlah luar biasa, terlebih saat matahari terbenam. Tahukah Anda? sunset di pantai ini adalah salah satu yang terbaik di Bengkulu. Baru-baru ini, Tapak Paderi menjadi sangat ramai oleh kaum milenial yang doyan selfie. Banyak spot swafoto tersedia dan yang populer adalah Pondok Sandal Jodoh.

Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu

7. Air Terjun Curug Sembilan

Air Terjun Curug Sembilan
sumber : backpackerjakarta.com

“Curug” adalah bahasa lokal untuk menyebut air terjun, sementara “sembilan” mewakili jumlah tingkatan yang ada. Sudah pasti, air terjun bertingkat menawarkan keindahan tersendiri, itulah mengapa banyak wisatawan di Bengkulu yang memanjakan liburannya ke wanawisata ini. Air terjun ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka berpetualang alam, yang menganggap bahwa kesulitan dan keterbatasan adalah warna yang mengukuhkan petualangan mereka. Letak Curug 9 sendiri berada di area hutan lindung yang sarat perbukitan terjal. Datanglah dan jujurlah bahwa Anda takjub pada keeksotikan alam yang tersaji.

Tanah Hitam, Padang Jaya, Marga Sakti, Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara

8. Arum Jeram Arus Ketahun
Arus Ketahun
sumber : @goholidaybengkulu

Suka olahraga air yang ekstrim? Jika benar, Sungai Ketahun adalah tempat wisata di Bengkulu yang wajib Anda datangi. Disinilah tempat ideal bagi traveler yang doyan berarum jeram. Sungai ini memiliki jarak tempuh hingga 14 kilometer dengan tingkat kesulitan rendah (grade 3). Jadi, arum jeram Arus Ketahun cocok buat siapapun, terkecuali anak dibawah 15 tahun (ada larang dalam hal ini). Selama perjalanan air yang cukup menegangkan itu, wisatawan akan disuguhkan pemandangan sungai yang eksotik dengan tebing-tebing basah yang khas. Menariknya, disini juga setiap wisatawan bisa menikmati produk unggulan Lebong, Jeruk Gerga.

Talang Ratu, Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong, Bengkulu

9. Pulau Enggano

Pulau Enggano
sumber : www.engganoisland.com

Durasi liburan Anda berlebih? lanjutkan perjalanan ke Kabupaten Bengkulu Utara untuk menuju pulau terluar Indonesia di Samudera Hindia, Pulau Enggano. Pulau dengan populasi sekitar 2.000 orang ini telah siap memanjakan liburan siapapun yang gemar berpetualang alam liar dan wisata bahari. Selain sebagai rumah bagi keanekaragaman sarwa liar, khususnya burung, Enggano juga menawarkan pantai yang ideal bagi para peselancar. Tidak hanya itu, keindahan bawah laut Enggano yang menakjubkan juga bisa dinikmati dengan snorkeling ataupun diving. Aktivitas lain yang bisa dilakukan, meliputi memancing, berenang, safari hutan dan masih banyak lagi.

Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu

10. Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Gajah Seblat
sumber : @savegajahseblat

Rekomendasi objek wisata di Bengkulu Utara lainnya adalah Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat. Salah satu dari 5 balai konservasi gajah di Indonesia ini sangat bisa diandalkan untuk menambah pengetahuan mengenai keragaman fauna khas Sumatera, terutama Gajah. Selain, mengkonservasi sekitar 200 ekor gajah liar Sumatera, PPG Seblat juga sebagai rumah beberapa flora dan fauna langka khas Sumatra. Liburan ke Bengkulu, pastikan ada waktu berkunjung kesini untuk melihat atraksi-atraksi gajah yang telah dijinakkan, sembari menambah ilmu tentang satwa dilindungi ini.

Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat Bengkulu Utara

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *