• sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id
  • sumber : twitter.com/kelilingcirebon
  • sumber : www.fairusmajid.com
  • sumber : twitter.com/aboutcirebonid
  • sumber : jeremyjones.net
  • sumber : wisatacirebon.info
  • sumber : @java_boy08
  • sumber : www.egrafis.com
  • sumber : @jhafar_jheff
  • sumber : klapamanis.com

Daftar Tempat Wisata di Cirebon yang Menarik & Wajib dikunjungi

posted in: Daftar Menarik, Jawa, Jawa Barat, Wisata | 0
Durasi baca : 10 menit

Tempat Wisata di Cirebon. Bagi traveler dari Jakarta, Bandung, dan Semarang atau yang ada di sekitarnya, Cirebon merupakan destinasi liburan yang menarik. Pasalnya, Kota Udang ini merupakan titik bertemunya jalur tiga kota besar tersebut. Destinasi wisata Cirebon, terutama akan menyibukkan wisatawan dengan wisata sejarah dan religi, termasuk juga wisata alam dan kulinernya yang khas.

Cirebon adalah kota tua di Jawa Barat yang sarat akan sejarah kejayaan Islam. Satu tempat sebagai salah satu tujuan dalam wisata ziarah Wali Songo, yakni Sunan Gunung Jati. Selain itu, Cirebon kental dengan nuansa budaya yang khas. Produk budayanya berupa Batik Mega Mendung, sementara juga kaya akan penggal budaya berupa kesenian, diantara yang populer adalah Topeng Cirebon.

Selebihnya, kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa ini juga terkenal dengan aneka kuliner yang pasti menggungah selera. Wisata kuliner di Cirebon diantaranya adalah Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Empal Gentong, Docang, Tahu Gejrot dan masih banyak lagi. Jika tertarik liburan ke Cirebon, berikut ini adalah daftar tempat wisata di Cirebon yang pastinya menarik dan wajib dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan - tempat wisata di Cirebon
sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tentu, wisata di Kota Cirebon yang paling utama adalah Keraton Kasepuhan. Pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon ini dikatakan sebagai keraton termegah dan paling terawat di Grage (julukan lain Cirebon yang berarti kerajaan yang luas). Keraton yang terdiri dari dua komplek bangunan bersejarah ini juga termasuk museum yang mengoleksi benda-benda pusaka, salah satunya kereta Singa Barong milik Sunan Gunung Jati.

Di sebelah barat keraton yang dulu bernama Keraton Pangkuwati ini juga ada bangunan masjid yang dibangun oleh para wali, yakni Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Sebuah masjid yang cukup megah yang dikatakan sebagai masjid tertua di Cirebon. Baik Keraton Kasepuhan maupun Masjid Agung Sang Cipta Rasa memiliki sejarah yang menarik untuk ditelusuri, salah satunya adalah tradisi Azan Pitu yang dilakukan oleh tujuh muazin secara bersamaan.

Bagi para traveler, Kompleks Keraton Kasepuhan merupakan tempat wisata di Cirebon yang wajib dikunjungi, terutama bagi mereka yang suka wisata sejarah. Tahukah Anda? Keraton Kasepuhan inilah yang dikemudian hari turut menginspirasi kesultanan Mataram dalam membangun keraton dan bangunan penunjangnya. Tidak hanya itu, bangunan Museum Sonobudoyo di Yogyakarta juga terinspirasi oleh Bangunan Masjid Sang Cipta Rasa.

Jalan Kasepuhan, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

2. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman - tempat wisata di Cirebon
sumber : jeremyjones.net

Keraton Kanoman merupakan kompleks keraton kedua bagi Kesultanan Cirebon. Datanglah ke kompleks keraton yang dibangun pada tahun 1678 ini untuk memperkuat pengetahuan Anda tentang kebesaran Islam di Jawa Barat. Di dalam area seluas 6 hektar ini banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang erat kaitannya dengan syiar agama Islam oleh Sunan Gunung Jati.

Meski dibangun pada tahun 1678, sebenarnya kompleks keraton ini adalah yang tertua di Cirebon. Hal ini ditandai oleh bangunan Witana di bagian belakang yang merupakan rumah pangeran Walangsungsang yang di bangun tahun 1428, sedangkan Dalem Agung di Keraton Kasepuhan baru dibangun tahun 1430. Di keraton inilah sultan ke dua belas tinggal, yakni Raja Muhammad Emiruddin bersama keluarga.

Seperti halnya di Kasepuhan, di Keraton Kanoman juga ada museum yang mengoleksi benda-benda pusaka, salah satu yang legendaris adalah dua kereta kencana yang bentuknya seperti buroq, yakni Paksi Naga Liman dan Jempana. Hal menarik lainnya adalah keberadaan piring-piring porselen asli Tiongkok yang menghiasi dinding semua Keraton di Cirebon, bahkan di semua situs bersejarah di Cirebon.

Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

3. Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati - Wisata Religi Cirebon
sumber : www.fairusmajid.com

Kejayaan Islam di bagian barat Pulau Jawa tidaklah terlepas dari Cirebon dan tokoh fenomenal dalam syiar agama Islam disana adalah Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah, satu dari sembilan wali atau Walisongo. Seperti halnya makam para wali yang tersebar di Pulau Jawa, Makam Sunan Gunung Jati menjadi tujuan wisata ziarah Walisongo.

Makam Sunan Gunung Jati merupakan destinasi wisata religi Cirebon yang selalu ramai dikunjungi, terutama pada saat malam Jumat Kliwon, Maulid Nabi, Grebeg Rayagung, Grebeg Syawal, serta saat diadakan ritual pencucian benda-benda pusaka. Para peziarah yang datang tidak hanya dari Cirebon saja, namun juga dari berbagai kota di Indonesia.

Saat liburan ke Cirebon, sempatkanlah mampir dan rasakan suasana khidmat penuh lantunan ayat-ayat suci Al-quran yang menggema. Selain itu, arsitektur bangunan yang memadukan gaya arsitektur Tiongkok, Jawa dan Arab layak dikagumi. Daya tarik lainnya adalah sembilan pintu yang disusun bertingkat, uniknya setiap pengunjung hanya diperkenankan masuk hingga pintu kelima saja. Kenapa? datang dan cari tahu.

Jl. Alun-alun Astana Gunung Jati No 53, Astana, Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat

4. Taman Sari Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi - Objek Wisata di Cirebon
sumber : www.egrafis.com

Tempat wisata di Cirebon yang menarik dikunjungi selanjutnya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi atau Taman Air Sunyaragi. “sunya” berarti sepi, dan “ragi” berarti raga. Seperti diisyaratkan oleh namanya, taman dengan luas sekitar 15 hektar ini dulunya dibangun untuk difungsikan sebagai tempat beristirahat dan meditasi bagi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Bangunan situs cagar budaya ini masih merupakan bagian dari Keraton Kasepuhan Cirebon. Konstruksi dan bangunannya benar-benar eksotik berupa taman air dengan didominasi batuan kuno menjulang berbentuk gunung-gunungan. Perpaduan apik arsitektur gaya Indonesia klasik, Tiongkok, Timur Tengah dan Eropa. Kompleks situs ini dibagi menjadi dua bagian utama, pesanggrahan dan bangunan gua.

Taman ini menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang ramai dikunjungi, terutama setelah diadakan pemugaran area dan sering diadakan pagelaran kesenian, seperti musik, sendratari, hingga Festival Keraton Nusantara yang digelar setahun sekali. Ada juga wahana balon udara yang sepertinya berhasil membuat wisatawan betah tinggal disini.

Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat

5. Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani - Wisata Cirebon
sumber : twitter.com/aboutcirebonid

Taman Ade Irma Suryani dulunya dikenal sebagai Taman Traffic Garden Cirebon merupakan taman rekreasi dan taman bermain paling dituju di Kota Cirebon karena memang satu-satunya. Kunjungan ke tempat wisata ini menjadi sangat ramai sejak 2014 yang lalu, ketika selesai disulap menjadi sebuah waterpark dan berganti nama menjadi Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Wisata di Cirebon, jangan lupa luapkan kegembiraan di tempat ini. Selain beragam wahana wisata air, banyak juga spot-spot fotografi yang menarik untuk diabadikan. Ada pondokan yang ikonik, restoran berbentuk kapal laut dan masih banyak lagi yang semuanya didesain floating diatas air.

Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

6. Wisata Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan - Wisata Alam Cirebon
sumber : twitter.com/kelilingcirebon

Pantai Kejawanan merupakan wisata pantai Cirebon yang pastinya sayang untuk dilewatkan, terutama bagi mereka penyuka wisata bahari. Selain menyajikan pemandangan laut khas pantai utara Jawa, pantai yang letaknya berdekatan dengan Pelabuhan Cirebon ini kaya akan atraksi wisata. Di Pantai Kejawanan, pengunjung bisa mencoba berkeliling menggunakan kapal nelayan.

Selain itu, bagi yang doyan fotografi, banyak spot-spot laut yang menarik diabadikan, terutama saat matahari terbit atau tenggelam. Selebihnya, bermain atau bersantai, menikmati cemilan juga layak dilakukan setidaknya sambil menunggu datangnya senja, saat matahari mengubah warna alam menjadi perlahan kemerahan.

Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

7. Wisata Bukit Gronggong

Bukit Gronggong - Wisata Malam Cirebon
sumber : klapamanis.com

Ketika malam hari tiba, tentu ide yang bagus adalah mencari destinasi wisata malam di Cirebon dan salah satu rekomendasi terbaiknya adalah pergi ke Kawasan Bukit Gronggong. Seperti diisyaratkan namanya, Bukit Gronggong merupakan kawasan wisata malam Cirebon yang berada di daratan tinggi. Sebuah tempat ideal untuk menghabiskan malam di ketinggian berhawa sejuk menyegarkan.

Sebenarnya, tempat wisata yang berada di perbatasan Cirebon dan Kabupaten Kuningan ini terbuka sepanjang waktu, 24 jam. Namun, suasana yang mendominasi tempat ini memang paling cocok untuk wisata malam hari. Suasana romantis begitu kentara dimana sejauh mata memandang gemerlap pemandangan Kota Cirebon teramat jelas menakjubkan. Bukit Gronggong dan semua yang ada disana merupakan tempat terbaik, khususnya untuk sepasang kekasih.

Satu hal yang menarik, Bukit Gronggong termasuk tempat wisata di Cirebon yang murah meriah. Tidak ada biaya masuk, hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan saja. Untuk fasilitasnya, karena bukit ini adalah tempat nongkrong dan bersantai, banyak tersedia tempat makan dan ngopi. Makanan yang tersedia pun sangat beragam, dari makanan berat hingga sekedar cemilan malam, seperti roti bakar dan jagung bakar.

Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat

8. Wisata Setu Patok, Mundu

Setu Patok - Wisata Alam di Cirebon
sumber : @java_boy08

Setu Patok adalah salah satu opsi wisata alam di Cirebon berupa waduk yang tentunya kental dengan nuansa alam yang menghijau. Objek wisata yang terletak di desa Mundu ini berjarak kurang lebih 6 Km ke arah Tegal dari Kota Cirebon. Area Setu Patok sendiri luasnya mencapai 175 Ha, adapun sekitar 7 Ha dari total areanya dikembangkan sebagai area dermaga kapal, rumah makan, serta sarana penunjang lainnya.

Ketika berada di Cirebon, sedangkan waktu liburan Anda masih panjang, cobalah datang ke tempat ini. Setu Patok adalah objek wisata alam Cirebon yang tidak hanya menawarkan keindahan panorama alam, karena banyak juga wahana bermain yang disediakan, mulai dari kolam renang, perahu hingga sepeda air. Selain itu, Setu Patok juga tempat yang baik bagi mereka yang doyan memancing.

Mundu, Cirebon, Jawa Barat

9. Wisata Hutan Kera Plangon
Hutan Kera Plangon - Wisata Sejarah di Cirebon
sumber : wisatacirebon.info

Objek wisata lain yang juga direkomendasikan adalah Hutan Kera Plangon yang terletak kurang lebih 5 kilometer ke arah barat Kota Cirebon. Selain sebagai wisata alam di Cirebon, wisata Plangon juga menyimpan nilai-nilai sejarah, termasuk juga sebagai wisata religi. Disinilah keberadaan makam dua tokoh penting Cirebon, yakni Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Seperti namanya, wisata Hutan Kera Plangon merupakan rumah bagi kawanan kera yang jumlahnya lumayan banyak. Pergi ke tempat ini, Anda harus siap dimanjakan kenakalan mereka. Oleh karena itu, sapalah mereka dengan beberapa makanan, seperti kacang-kacangan atau yang lainnya. Istilah “plangon” sebenarnya berasal dari kata “tegal Klangenan” yang bisa diartikan sebagai sebuah bukit untuk menenangkan diri.

Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat

10. Wisata Alam Batu Lawang

Batu Lawang - Objek Wisata di Cirebon
sumber : @jhafar_jheff

Untuk melengkapi wisata alam di Cirebon, traveler bisa mengasah ketakjuban akan alam dengan berpetualang ke kawasan wisata Batu Lawang. di obyek wisata seluas kurang lebih 3 hektare ini, setiap pengunjung bisa menikmati kemolekan alam dan tebing-tebing bebatuan dari puncak pegunungan Jaya. Baru satu tahun tempat yang dikelilingi oleh bukit barisan ini dibenahi, namun sudah ramai orang yang mengunjunginya.

Untuk menikmati panorama dari ketinggian, pengunjung tinggal melewati jalur mengelilingi bebatuan hingga sampai dipuncak tebing Batu Lawang. Di puncak sudah disediakan tempat untuk berswafoto dari rakitan bambu yang aman disinggahi. Dari ketinggian sekitar 50 meter, setiap wisatawan akan dimanjakan oleh panorama alam perbukitan yang molek, ada Bukit Kapur, Bukit Leneng, Bukit Hanjuang dan Bukit Bendera.

Cupang, Gempol, Cirebon, Jawa Barat

Selain yang tersebut diatas, masih banyak tempat wisata di Cirebon yang juga layak dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah Sentra Batik Trusmi, Wanawisata Ciwaringin, Desa Wisata Cikalahang, Situ Sedong, Banyu Panas Palimanan, dan masih banyak lagi. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat berwisata!

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *