• sumber : www.brobali.com
  • sumber : yogyakarta.panduanwisata.id
  • sumber : www.korinatour.co.id
  • sumber : www.wacana.co
  • sumber : www.balistarisland.com
  • sumber : destinasiwisatadomestik.blogspot.com
  • sumber : lelungan.net
  • sumber : raminten.blogspot.com

Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi

posted in: Daftar Menarik, Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Sebagai salah satu destinasi pariwisata utama dan terbesar di Indonesia, Yogyakarta merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi di Indonesia selain Pulau Bali. Daerah istimewa ini menyajikan beragam citarasa wisata yang begitu lengkap dan menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Mereka berkunjung untuk kemudian merindukannya.

Apapun tujuan wisatanya, Yogyakarta selalu berusaha mampu memanjakan liburan semua orang. Wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata belanja, semuanya ada yang semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan wisata Anda. Yang pasti, Yogyakarta dan semua yang menjadi bagiannya telah siap menyambut semua keserbajenisan wisatawan dengan keramah-tamahan masyarakatnya.

Banyak sekali tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, sehingga semua juga bergantung pada berapa lama waktu yang Anda miliki. Tentu saja! adalah hal yang cukup mustahil jika berkeinginan menelusuri semua objek wisata Jogja dalam satu kali liburan. Untuk membantu Anda memfilter daftar kunjungan, artikel ini akan memuat beberapa tempat wisata di Yogyakarta, yang terbaik dan paling banyak di kunjungi.

Dengan mengetahui dan memfilter tujuan wisata di Yogyakarta, setidaknya akan ada gambaran sebelum Anda benar-benar tiba disana. Sehingga durasi wisata pun bisa dimaksimalkan agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Berikut ini adalah daftar rekomendasi tempat wisata yang wajib di kunjungi di Yogyakarta versi Blogkulo.com

Tempat Wisata di Jogja yang wajib di Kunjungi

1. Candi Prambanan

Candi-Prambanan Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : yogyakarta.panduanwisata.id

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dari abad ke-9. Salah satu candi terindah di Asia Tenggara ini telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991. Prambanan menjadi tempat wisata paling wajib di kunjungi untuk melengkapi wisata budaya dan sejarah di Jogjakarta. Datang dan kagumilah keindahan arsitektur candi yang dibangun sebagai persembahan tiga dewa utama Hindu (Trimuti) Brahma, Wishnu dan Siwa ini.

Ketika merujuk pada Prasasti Siwagrha nama asli Candi Prambanan adalah Siwagrha (Rumah Siwa), selain itu candi ini juga sering disebut dengan Candi Loro Jonggrang. Jika sobat ingin berkunjung ke Candi Prambanan, perlu diketahui bahwa komplek candi ini adalah pembatas bagi Provinsi Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta, yakni terletak di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya terletak di desa Tlogo, Prambanan, Klaten Jawa Tengah.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton-Yogyakarta Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : www.wacana.co

Yogyakarta adalah wilayah yang sarat dengan sejarah kebudayaan Jawa dan Keraton Yogyakarta adalah contoh terbaik arsitektur Jawa yang dibangun menggunakan konsep kosmologi Jawa. Bangunan Keraton Yogyakarta hingga saat ini difungsikan sebagai tempat tinggal resmi bagi Sultan dan rumah tangga istana.

Sebagai objek wisata populer di Jogja, sebagian Keraton Jogja juga difungsikan sebagai museum. Ditempat ini, para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi kesultanan, termasuk pemberian raja-raja Eropa, replika Pusaka Keraton dan Gamelan. Keraton Jogja adalah bangunan Jawa yang Indah yang telah lengkap dengan balairung-balairung mewah serta paviliun yang luas.

3. Malioboro
Malioboro Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : destinasiwisatadomestik.blogspot.com

Jalan sepanjang 2,5 km ini adalah salah satu tempat wisata terfavorit dan teramai dikunjungi wisatawan. Letaknya berdekatan dengan Keraton dan tempat wisata lainnya termasuk Benteng Vredeburg dan Pasar Beringhardjo, jadi Anda bisa menjadikannya satu paket wisata di pusat kota Jogja. Jalan ini menjadi semacam pusat oleh-oleh khas Yogyakarta.

Di Malioboro, Anda bisa dengan mudah menemukan beragam suvenir khas mulai dari kaos, batik, blangkon, sandal, kerajinan tangan, hingga bakpia patok dan yangko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta. Selain itu, jalanan ini telah siap dengan deretan pedagang kaki lima yang menyajikan sajian sederhana namun nikmat, termasuk Nasi Gudeg yang merupakan Kuliner khas Jogja.

4. Museum Sonobudoyo

Museum-Sonobudoyo Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : lelungan.net

Lengkapi pengalaman wisata sejarah dan budaya di Jogja dengan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Dikatakan bahwa inilah museum dengan koleksi budaya dan sejarah Jawa terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Berdiri di Yogyakarta pada tahun 1924 dan baru diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII pada 6 November 1935.  Peresmian tersebut ditandai Candra Sengkala “Kayu Kinayang Ing Brahmana Budha”.

Di Museum Sonobudoyo pengunjung akan dimanjakan dengan beragam koleksi dari bidang Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi, Etnografi, Filologika, Arkeologi, Numismatika dan Historika. Oleh karena itu, museum ini menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

5. Kota Gede

Kota-Gede Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : www.balistarisland.com

Kota Gede bisa menjadi tujuan wajib untuk menambah wawasan Anda tentang Sejarah. Kawasan inilah yang menjadi titik awal dari kebesaran Kerajaan Mataram Islam yang dipimpin Sultan Agung Hanyokrokusumo. Sebuah kawasan wisata sejarah yang kaya akan situs yang berdiri dan tetap berfungsi secara sosial budaya, termasuk pusat kerajinan perak di sepanjang Jalan Kemasan hingga pertigaan Jalan Tegal Gendu.

Ada juga Pasar Kotagede, pasar tradisional yang hingga saat ini tetap aktif sejak zaman Panembahan Senopati. Selebihnya, ada komplek Masjid Agung Kotagede yang memiliki desain senada dengan lingkungan Keraton. Banyak yang bisa dilakukan di Kotagede termasuk berkunjung ke komplek makam para raja.

6. Pantai Parangtritis
Pantai-Parangtritis-Yogyakarta Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : www.brobali.com

Pantai Parangtritis bisa dikatakan sebagai objek wisata pantai paling terkenal yang melengkapi keindahan alam di wilayah selatan Jogja. Pemandangan pantai ini akan semakin sempurna jika Anda datang di waktu terbaik yakni saat matahari mulai terbenam. Anda juga bisa menikmati pesona yang berbeda dengan menikmatinya melalui Tebing Gembirawati yang menjadi rumah bagi reruntuhan Candi Gembirawati.

Dalam keyakinan masyarakat Jawa, Pantai Parangtritis sangat dikaitkan dengan keberadaan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan. Satu hal yang paling menarik adalah tentang filosofi garis imajiner yang menghubungkan pantai ini dengan Keraton Jogja dan Gunung Merapi. Ada yang berpendapat bahwa keraton yang berada di tengah garis tersebut dibangun menggunakan pertimbangan keharmonisan antara air (Pantai Parangtritis) dan api (Gunung Merapi).

7. Kawasan Wisata Kaliurang

Wisata-Kaliurang-Yogyakarta Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : jogja.korinatour.co.id

Selanjutnya, Tempat wisata di Jogja yang wajib di kunjungi adalah kawasan wisata Kaliurang, terlebih bagi mereka yang menghendaki suasana yang sejuk dan menenangkan. Kaliurang bisa dijadikan tempat peristirahatan setelah lelah berkeliling di berbagai tempat wisata di Jogja. Disini Anda bisa bersantai dalam naungan keindahan alam yang semakin sempurna dengan latarbelakang Gunung Merapi.

Karena semakin ramainya pengunjung yang datang, kini di Kaliurang juga telah dibangun Taman Rekreasi Kaliurang dan Taman Wisata Plawangan Turgo lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Selain itu, Kaliurang juga sebagai kawasan bangunan Bersejarah yang meliputi Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara. Ada juga Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah.

8. Kebun Binatang Gembiraloka

Gembiraloka Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : www.korinatour.co.id

Liburan ke Jogja jangan lupa berkunjung ke kebun binatang satu-satunya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disini juga ada Museum Zoologicum yang dalam sejarahnya tergolong museum tertua setelah Museum Sonobudoyo. Meskipun ide awal pembangunannya adalah ide dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII ditahun 1933, namun pendirian kebun binatang ini baru terealisasikan dan diresmikan di zaman Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada 10 november 1953.

Kebun Binatang Gembiraloka berisi beragam satwa langka termasuk jenis Mamalia, Reptilia, Aves, Amfibia dan Pisces yang didisplay dalam kandang jeruji besi, tembok dan kayu. Gembiraloka juga memiliki koleksi beragam binatang kering yang diawetkan dalam ruangan khusus menyerupai museum yang berada di tepi danau buatan. Selain itu, ada juga Laboratorium Flora dan Fauna yang difungsikan sebagai pembelajaran Masyarakat.

9. House of Raminten
Raminten Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Wajib di Kunjungi
sumber : raminten.blogspot.com

Berwisata ke Jogja belum lengkap tanpa wisata kuliner. Dalam hal ini, kuliner Jogja bisa ditemukan di beberapa tempat termasuk di House of Raminten di Kotabaru atau di The Waroeng of Raminten di jalan Kaliurang. Dua-duanya mewakili sebuah restauran yang unik, sederhana, tradisional dan luar biasa, namun tetap mewah. Beragam kuliner tradisional ada disini yang dikemas dengan seunik mungkin dengan rasa yang begitu istimewa.

Kesan unik yang pertama kali pengunjung dengar adalah dari nama-nama makanan dan minuman yang tersedia. Disini tersedia es susu perawan, es purworukmi, es gajah ndekem, cunduk raminte ayam koteka, jangkrik keju, satelit dan masih banyak menu aneh lainnya. Meskipun begitu, kelezatan rasanya tak perlu diragukan lagi dan suasana semakin sempurna dengan alunan musik Jawa.

Tentunya, setiap orang unik ketika menentukan tempat wisata yang paling ideal untuk mereka. Terlepas dari beragamnya kebutuhan wisata masing-masing orang, semoga tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi dalam daftar diatas bisa menjadi referensi bagi pembaca. Bagi yang lebih suka wisata alam, Anda juga bisa membaca artikel Wisata Alam Jogja atau Daftar Pantai di Yogyakarta. Sekian! Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih atas Kunjungannya.

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib dikunjungi

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.3 (3 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *