Liburan ke Magelang? Berikut Tempat Wisata Yang Wajib Didatangi

Tempat Wisata di Magelang. Wisata Jogja telah menjadi salah satu kata kunci utama dalam rencana liburan banyak orang. Yogyakarta memang istimewa dan akan selalu begitu. Hanya saja sebagian traveler mungkin berbeda, terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa dengan gegap gempita wisata Yogyakarta.

Jika sobat salah satunya, namun tetap menghendaki nuansa liburan khas Jawa Tengah, cobalah sedikit ke utara dari Kota Gudeg tersebut untuk menemukan De Tuin van Java, Magelang Gemilang. Meski terkesan sembunyi dibalik gemerlapnya wisata DIY, Magelang memiliki banyak hal untuk memanjakan keserbajenisan wisatawan.

Semua orang tahu bahwa Magelang adalah rumah bagi Candi Borobudur, mahakarya peninggalan Dinasti Syailendra yang menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia. Selain itu, Magelang dengan slogan wisatanya “The Park of Java” ini juga mengoleksi puluhan candi lain yang turut memperkukuh keeksotikan sejarah dan budayanya.

Pesona wisata Magelang juga diuntungkan oleh letak geografisnya yang berada di cekungan sejumlah rangkaian pegunungan. Alhasil, banyak obyek wisata alam di Magelang yang menarik disinggahi. Lalu apa lagi? Magelang selalu gemilang, termasuk dalam memanjakan lidah.

Wisata Kuliner Magelang sangatlah kaya, baik masakannya maupun jajanan pasarnya. Kupat Tahu adalah satu diantara yang paling populer mewakili kekhasan kulinernya. Intinya, Magelang adalah destinasi wajib jadi pertimbangan utama.

Ketika sampai di artikel ini, penulis berasumsi sobat memang tertarik atau sedang mencari tempat wisata di Magelang. Terlepas dari popularitas Borobudur sebagai tujuan utama yang telah mendunia, disini akan disajikan varian objek wisata lain yang pasti layak dicoba.

Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Alam, hingga Wisata Kuliner. Bahkan ada beberapa Balkondes (Badan Perekonomian Desa) yang selalu siap menjamu siapa saja. Berikut daftar tempat wisata di Magelang yang menarik dikunjungi.


Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang


1. Punthuk , Cara Terbaik Menikmati Lanskap Borobudur

Punthuk Setumbu
sumber : punthuksetumbu.com

Sebagai mahakarya indah yang dikagumi dunia, Candi Borobudur memiliki semua syarat untuk memanjakan sisi estetis semua orang. Selain arsikteturnya mengagumkan, lokasinya yang berada di kawasan perbukitan memungkinkan banyak sudut pandang untuk menikmati keindahannya, terutama saat matahari terbit (sunrise).

Disekitar kuil Buddha terbesar di dunia ini terdapat beberapa punthuk (gundukan tanah / bukit) yang sejauh ini menjadi lokasi paling digandrungi untuk melihat pemandangan sunrise Borobudur dan alam sekitarnya. Diantara yang populer, ada Punthuk Setumbu (Borobudur Nirvana Sunrise), berketinggian 400 mdpl bagian dari Pegunungan Menoreh.

Lokasinya dekat dengan Gereja Ayam yang juga sebagai spot sunrise terbaik di Borobudur. Ada juga Punthuk Purwosari (Purwosari Hill) yang juga dekat dengan keduanya. Punthuk lain yang juga menyajikan sunrise mempesona, ada Punthuk Kendil, Punthuk Mongkrong dan Punthuk Sukmojoyo. Saat wisata di Magelang, pastikan memilih salah satunya.


2. Gunung Andong, Eksotika Magelang di Atas Ketinggian

Gunung Andong
sumber : baca.co.id

Gunung yang bertipe perisai ini sudah lama menjadi tempat wisata alam di Magelang yang paling mampu memanjakan para petualang. Semua definisi tentang keindahan alam bisa ditemukan melalui puncaknya yang berketinggian 1726 mdpl. Gradasi perubahan warna alam, baik sunrise maupun sunset, bisa dinikmati dengan pendakian mudah sekitar 1,5 hingga 2 jam saja.

Gunung Andong merupakan wisata alam Magelang terfavorit karena menawarkan pendakian yang bersahabat, tidak terkecuali untuk pendaki pemula. Tersedia enam basecamp untuk memulai dan yang paling populer adalah Taruna Jaya Giri. Setiap minggunya, tidak kurang dari 500 traveler yang menyambangi gunung ini melalui basecamp di Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak tersebut.

Cari tempat wisata di Magelang? Gunung Andong adalah pilihan sempurna. Di gunung yang memiliki 4 puncak ini, setiap mata dimanjakan oleh komposisi alam mempesona 360 derajat. Hanya dengan memutar badan, mereka bisa dengan mudah menemukan panorama berlatarbelakang Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, tidak terkecuali puncak Gunung Andong lainnya.


3. Alam Bukit Grenden & Goa Slandak Yang Menenangkan
Bukit Grenden
sumber : @bwagas

Bukit Grenden adalah salah satu tempat wisata terbaru di Magelang yang populer seiring banyaknya foto yang tersebar di media sosial. Sebelumnya, Grenden adalah dusun yang menjadi jalur alternatif pendakian Merbabu di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Sejak diresmikan sebagai tempat wisata di Magelang tahun 2016, Bukit Grenden yang didominasi hutan pinus ini ramai dikunjungi. Daya tarik utama Bukit Grenden tentu panorama alam yang sejuk menenangkan dan memiliki spot sunrise dan sunset.

Objek wisata ini semakin menarik dengan banyaknya spot berswafoto, lokasi terbaik ada di tebing batu. Seiring perkembangannya, pengelola juga menyediakan banyak spot foto buatan yang dirancang sedemikian rupa hingga menarik buat berselfie ria, salah satunya adalah rumah kurcaci yang unik.

Goa Slandak
sumber : @visit.jateng

Tidak jauh dari Bukit Grenden, sekitar 10 menit perjalanan berkendara, sobat juga bisa menemukan objek wisata Air Terjun Goa Slandak yang tetap mengusung nuansa asri hutan pinus.

Selama trekking sekitar 300 m, wisatawan akan dimanjakan oleh beberapa spot foto berupa hewan raksasa buatan, seperti landak dan kingkong. Datangi Bukit Grenden dan Goa Slandak, masukilah kehijauan, manjakanlah liburan.


4. Bergaya ria bersama alam di Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan
sumber : @cuilgosong

Masih mengusung nuansa kemolekan lereng Gunung Merbabu, wisata Hutan Pinus Pakis atau yang populer disebut Top Selfie Pinusan Kragilan merupakan surga wisata para “selfer”. Seperti halnya, Bukit Grenden, wisata hutan pinus ini juga termasuk wisata baru di Magelang. Hanya saja, melalui keragaman fitur selfie yang tersaji, tidak membutuhkan waktu lama objek wisata ini menjadi populer digandrungi.

Top Selfie Pinusan adalah destinasi wisata Magelang sebagai tempat bersantai dan bergaya yang ramai dikunjungi, terutama sore hari. Kaya dengan spot swafoto yang dirancang unik, seperti rumah pohon, ayunan, hingga gardu pandang dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan yang menawan. Tempat wisata kekinian ini memiliki fasilitas yang memadai, mushola, warung, toilet, hingga area berkemah.


5. Ketep Pass, Panorama 5 Gunung di Sekujur Pandangan

Ketep Pass
sumber : idetrips.com

Wisata alam kegunungapian turut mendominasi tempat wisata di Magelang, salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Ketep Pass yang berada di Bukit Sawangan. Setelah puas di Top Selfie Pinusan, bisa melanjutkan kesini sejauh 10 menit perjalanan.

Objek wisata yang diresmikan tahun 2002 ini berada dilokasi yang sangat strategis, yakni di pertengahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dengan area seluas 8000 meter persegi di ketinggian 1200 mdpl, Ketep Pass menawarkan wisata memanjakan mata sekaligus beredukasi.

Ada Museum Vulkanologi dan bioskop mini yang menyajikan sejarah Gunung Merapi. Ada juga teropong di Puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. Puncak Arga sendiri berarti lima gunung, disinilah puncak tertinggi untuk menikmati kemolekan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

Ketep Pass adalah tempat wisata yang kaya fasilitas. Selain yang tersebut diatas, ada fasilitas berupa restoran atau tempat makan, beberapa gazebo untuk bersantai, kamar mandi dan masih banyak lagi.

Menariknya, Ketep Pass berada dilokasi yang sangat mudah dijangkau oleh kendaraan apapun, termasuk minibus maupun bus besar. Jadi, pastikan untuk datang dan nikmati pengalaman wisata yang kaya di Ketep Pass.


6. Memasuki Kejernihan Air di Sendang Maren dan Mudal
Sendang Maren
sumber : ngadem.com

Ingin berbasah-basahan atau mencoba sensasi berselfie ria dibawah air? Sekitar 17 menit berkendara dari Ketep Pass temukanlah Sendang Maren di Dusun Butuh Kulon dan Sendang Mudal di Dusun Semaren. Kedua sendang yang belum resmi sebagai tempat wisata di Magelang ini berada di Desa Sawangan. Sebuah pemandian umum berair jernih yang ideal bagi mereka penggila trip underwater.

Sendang Maren merupakan sumber mata air di tepian sungai dekat rumah penduduk. Airnya jernih dan dingin dengan dasar kolam berupa pasir berhias kerikil. Sementara itu, Sendang Mudal berada satu kawasan dengan ladang persawahan milik warga dan masih digunakan untuk kebutuhan air warga setempat. Kedua sendang tersebut masih belum banyak diketahui. Jadi, pilih salah satu atau datangi keduanya.


7. Rumah Kamera Magelang, Surganya Selfi Bernilai Seni

Rumah Kamera
sumber : wisatadiindonesia.com

Tidak jauh, atau sepuluh menitan dari Candi Borobudur, temukan dan masukilah rumah yang menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera (Camera House) Magelang adalah satu diantara sekian tempat wisata di Magelang yang memanjakan para “selfer”. Banyak spot swafoto didalam rumah berlantai tiga ini, mulai dari lukisan 3D, kafe, hingga Gembok Cinta seperti di Paris atau Korea Selatan.

Rumah unik yang dibangun pada tahun 2014 ini merupakan galeri seni milik pelukis Tanggol Angien Jatikusumo. Dengan membayar Rp 15.000, setiap pengunjung bisa menikmati beragam karya seni sang seniman di setiap lantai yang dirancang unik. Ketika sampai di puncaknya, di ujung lensa kamera, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang asri berlatar belakang Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, serta pegunungan Menoreh.


8. Candi Selogriyo, Wisata Sejarah di Balut Alam nan Indah

Candi Selogriyo
sumber : @andrydeladri

Candi Selogriyo adalah satu diantara puluhan candi yang tersebar di Magelang. Peninggalan purbakala ini dperkirakan dibangun pada abad ke-9 M pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Untuk pertama kalinya, candi ini ditemukan oleh salah satu Resi Besar pada masa penjajahan Belanda tahun 1835. Candi Selogriyo adalah candi kecil yang berada di dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan windusari, Kabupaten Magelang.

Selain sejarah, satu hal yang menarik dari Candi Selogriyo adalah lokasinya yang berada di kaki Bukit Sukorini dan Bukit Giyanti, tepatnya di lereng timur Gunung Sumbing. Alam perbukitan yang hijau dan dekat dengan sumber mata air, semakin membuat candi Hindu ini layak dikunjungi dan dicari tahu kesejarahannya. Meski lokasinya agak jauh, sekitar 24 kilometer dari Candi Borobudur, sempatkanlah datang jika durasi liburan Anda panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *