Tempat Wisata di Nusa Penida Bali – 10+ Destinasi Terbaik Untuk Dikunjungi

Liburan ke suatu pulau menjanjikan kegembiraan maksimal, apalagi jika pulau itu adalah Pulau Dewata Bali. Sebagai tujuan wisata utama Indonesia, bali indah di setiap sudutnya, tanpa terkecuali Nusa Penida. Banyak tempat wisata di Nusa Penida Bali yang memicu decak kagum wisatawan Mancanegara.

Menempati sisi tenggara Bali dan terpisah oleh Selat Badung, Nusa Penida indah luar dan dalam. Panorama alamnya eksotis menakjubkan. Bahkan lebih dalam dari itu, perairan pulau ini menyimpan kerajaan bawah laut yang terlampau istimewa. Nusa Penida menyimpan banyak spot diving Bali yang mendunia.

Jika sobat punya rencana wisata ke Nusa Penida, berikut adalah daftar destinasi Nusa Penida Bali yang telah tersohor keindahannya. Tidak mencakup semuanya, setidaknya terdapat 11 objek wisata Nusa Penida terpopuler, terindah, dan terbaik untuk dikunjungi. Tandai yang Anda suka dan berangkatlah!

10+ Tempat Wisata di Nusa Penida Bali

Broken Beach (Pasih Uug)

Pasih Uug Nusa Penida Bali
credit: pexels.com

Broken Beach adalah nama populer untuk Pasih Uug, salah satu tempat wisata paling ikonik mewakili batas alam Nusa Penida. Formasi “pantai rusak” yang justru menawan karena “kerusakannya”. Menampilkan eksotika karang berlubang dengan kolam alami serta pemandangan dominasi tebing terjal yang mengagumkan.

HTMgratis
LokasiBanjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Kelingking “Cliff Point” Beach

Pantai Kelingking Nusa Penida Bali
credit: unsplash/@ttah_photos

Kelingking Beach adalah ikon lain dari wisata Nusa Penida Bali. Hadir sebagai citra surga yang tak mampu lagi menyembunyikan keberadaannya. Oleh karena keindahan lanskap alamnya, TripAdvisor Travelers’ Choice Awards 2019 menempatkan pantai ini pada urutan ke-19 dalam 25 daftar pantai terbaik dunia.

HTMIDR 5K
LokasiKarang Dawa, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Angels Billabong Nusa Penida

Wisata Angels Billabong Nusa Penida
credit: unsplash/@ankhurr

Bertetangga dengan Pasih Uug, Angel Billabong merupakan sudut keindahan lain sisi barat Nusa Penida. Sebuah muara eksotik berupa kolam alami berair jernih. Karakter keras bebatuan karang hijau kekuningan menghadirkan daya tarik tersendiri. Berenang menjadi aktivitas wajib yang telah mentradisi di sini.

HTMgratis
LokasiSakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Manta Point Nusa Penida

Manta Point Nusa Penida Bali
credit: flickr/dinscuba, CC BY-NC-ND 2.0

Jika Anda menyukai aktivitas penyelaman, Manta Point adalah spot diving paling terkenal di Nusa Penida Bali. Tempat para divers menyaksikan ikan pari manta lebih dekat, sepanjang tahun. Selain itu saat musim kemarau, Manta Point juga memberi kesempatan pada siapapun untuk bertemu Mola-Mola.

HTMIDR 1600K / 2x diving
LokasiBatukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach Bali
credit: unsplash/@alessionord

Tempat wisata di Nusa Penida berikutnya adalah Diamond Beach. Menempati bagian tenggara Nusa Penida, pantai ini memanjakan para wisatawan dengan perbentengan tebing yang indah menjulang. Nama “Diamond” merujuk pada pulau karang tepi pantai yang bentuknya menyerupai bongkahan batu berlian.

HTMIDR 10K
LokasiDesa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Pantai Atuh Nusa Penida

Pantai Atuh Beach Nusa Penida Bali
credit: flickr/Jakob Paessler/CC BY-NC-ND 2.0

Atuh Beach Nusa Penida” demikianlah turis mancanegara menyebutnya, adalah batas alam sebagai kelanjutan dari Diamond Beach. Kedua objek wisata alam ini hanya terpisah oleh Atuh Cliff. Ini adalah pantai teluk dengan jajaran pulau karang di lepas pantainya. Menawan pemandangannya, memadai fasilitasnya.

HTMIDR 10K
LokasiDesa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Thousand Islands Viewpoint

Rumah Pohon Raja Lima Nusa Penida
credit: unsplash/@tbix45

Berkunjung ke Atuh Beach dan Diamond Beach, perpanjang durasi Anda untuk setidaknya mampir ke Raja Lima. Spot sunrise terbaik yang menjadi bagian dari Thousand Islands Viewpoint. Jika berminat, Anda bisa juga bermalam di salah satu rumah panggung. Tarir menginapnya kurang lebih IDR 500K.

HTMIDR 10K
LokasiDesa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Pasih Andus (Smoky Beach)

Smoky Beach - Tempat Wisata di Nusa Penida
credit: unsplash/@symn

Pasih berarti pantai, Andus berarti semburan air. Turis mancanegara menyebut pantai ini Smoky Beach. Semua istilah itu mewakili lanskap pantai ini yang menawarkan ombak besar yang menghantam tebing karang, mirip Water Blow Nusa Dua. Tidak tanggung-tanggung semburan airnya bisa mencapai 10 meter.

HTM
LokasiSompang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Crystal Bay Nusa Penida

Diving Crystal Bay Nusa Penida Bali
credit: flickr/bodyboarding_bum, CC BY-NC-ND 2.0

Seperti namanya, Crystal Bay adalah pantai teluk dengan air jernih sebening kristal. Salah satu tempat wisata Nusa Penida Bali terpopuler, khususnya sebagai spot diving. Pantai ini indah luar dalam dengan kerajaan bawah laut yang menakjubkan. Snorkeling dan diving merupakan aktivitas wisata yang wajib dilakukan.

HTMIDR 10K
LokasiSakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Teletubbies Hill Nusa Penida

Wisata Bukit Teletubbies Hill
credit: unsplash/@elfduadelapan

Tidak hanya unggul sebagai destinasi wisata bahari, Nusa Penida juga memiliki perbukitan hijau yang menawan. Bukit Teletubbies nama bekennya. Berkunjung ke sini, sejauh mata memandang, hanya keindahan yang Anda nikmati. Ideal bagi penggemar fotografi dan selfie. Waktu kunjungan terbaik adalah pagi hari.

HTM
LokasiDesa Sedehing/Desa Sekartaji, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Pantai Suwehan (Batu Jineng)

Suwehan Beach Penida Bali
credit: unsplash/@ivyaralianizar

Mengakhiri daftar destinasi wisata Nusa Penida, jangan lupa kunjungi juga Pantai Suwehan. Pantai tersembunyi nan indah menenangkan. Komposisi alamnya memadukan perbentengan tebing, hamparan pasir putih, dan bentangan laut yang membiru. Tidak lupa “batu jineng” batu karang segitiga lepas pantai yang ikonik.

HTM
LokasiWatas, Tanglad, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Cara Berkunjung ke Nusa Penida Bali

Sebagai pulau yang terpisah dari Bali, maka Anda perlu menyeberang dengan perahu atau speed boat untuk sampai di Nusa Penida. Dalam hal ini terdapat 3 opsi transportasi, yakni naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pantai Sanur Bali.

Sejauh ini, rekomendasi terbaik adalah naik kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Biaya penyeberangan menggunakan fast boat berkisar Rp100.000 – Rp120.000 bergantung boat vendor yang digunakan. Ada 3 boat vendor di Pantai Sanur, yakni El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut jadwalnya:

Boat VendorSanur-Nusa PenidaNusa Penida-Sanur
El Rey Junior Fast Boat08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal Fast Boat08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express Fast Boat08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Tempat Menginap di Nusa Penida Bali

Menjelajahi objek wisata Nusa Penida butuh berhari-hari. Tentu, untuk merealisasikannya Anda membutuhkan tempat menginap yang bagus. Sebagai destinasi wisata populer di Pulau Dewata, banyak pilihan penginapan atau hotel di Nusa Penida. Lihat daftar rekomendasi hotel terbaik melalui tombol berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *