Tempat Wisata di Tabanan Bali – 10 Objek Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Tabanan. Tentu, Pulau Bali indah karena didukung oleh masing-masing wilayah yang membentuknya. Tabanan misalnya. Kabupaten yang berjarak kira-kira 35 km di sebelah barat Denpasar ini juga turut mempercantik Pulau Dewata.

Kawasan Kuta di Kabupaten Badung memang mempesona. Namun, sekali waktu sobat perlu melebar, jelajahi Bali agar sempurna kekaguman Anda. Pergilah ke Tabanan dan temukan spot-spot menarik yang memadukan alam pantai dan pegunungan. Takjublah pada pura, danau dan hijau persawahan.

Tempat wisata di Tabanan sangat banyak, sehingga Anda perlu memfilter kunjungan. Di artikel ini telah disajikan 12 objek wisata di Tabanan, rekomendasi wajib untuk dikunjungi. Atau, setidaknya bisa sobat jadikan gambaran sebelum benar-benar tiba di Kabupaten Tabanan. Berikut ini daftar wisatanya:


12 Tempat Wisata di Tabanan Bali


Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan Bali
sumber : balidirections.com

Danau Bratan dan Pura Ulun Danu Bratan adalah eksotika alam, budaya dan religiusitas Bali yang mendunia. Ini adalah ikon pariwisata Bali yang dari berbagai sudutnya, sering dijadikan objek fotografi menggambarkan lanskap alam budaya Bali.

Sobat tentu sudah tahu potret keindahannya. Kini saatnya berkunjung untuk lebih dekat dan mengaguminya. Pura Ulun Danu Beratan merupakan satu dari sembilan Pura Kahyangan Jagat. Satu di antara pura terpenting bagi masyarakat Hindu Bali.

Danau Bratan sendiri merupakan salah satu Danau di Bali yang berada di Kawasan Wisata Bedugul. Meski danau tetangga, Danau Tamblingan dan Danau Buyan berada di wilayah Kabupaten Buleleng, Danau Bratan masuk wilayah Kabupaten Tabanan.

Lokasi: Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali


Jatiluwih Rice Terrace

Desa wisata di Tabanan Bali
sumber: @jimbaran.hub

Jatiluwih adalah desa wisata di Tabanan Bali. Kecantikan alam yang didominasi hijau persawahan adalah satu hal yang membuat desa ini terkenal, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Jatiluwih Rice Terrace istilah bule-nya.

Jatiluwih adalah tempat wisata di Tabanan yang sudah semestinya dikunjungi. Untuk diketahui, bersama Pura Taman Ayun, kawasan wisata Jatiluwih ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia pada tahun 2012. Keduanya dikaitkan dengan Subak.

Tidak hanya persawahan yang luar biasa indah. Di Jatiluwih, ada juga Air Terjun Yeh Ho dan Pura Taksu Agung. Pada Juni 2019 yang lalu, mantan Presiden AS Barack Obama dan keluarga berwisata ke Bali dan menetapkan Jatiluwih sebagai destinasi spesial.

Lokasi: Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali


Wisata Pura Tanah Lot

Wisata Pantai Tanah Lot Bali
sumber: @bali_spot

Tidaklah rugi traveling ke Tabanan, karena ada Tanah Lot yang elok menawan. Ini juga ikon wisata Pulau Dewata yang dikagumi masyarakat dunia. Harmoni pura di pulau karang nan elegan, yang selalu basah oleh gempuran ombak pantai selatan.

Objek wisata di Tabanan ini wajib dikunjungi. Terkhusus bagi penikmat senja, di sinilah spot sunset terbaik di Bali. Lebih dari itu, telusuri juga legenda abad ke-15 tentang Danghyang Nirartha yang memindahkan batu karang raksasa ke lepas pantainya.

Selain Pura Luhur Tanah Lot sebagai daya tarik utamanya, objek wisata ini juga memiliki pura-pura lain. Salah satunya adalah Pura Karang Bolong yang juga menawarkan pemandangan eksotik. Ada juga wisata goa suci, rumah bagi ular-ular penjaga pura.

Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali


Bali Botanical Garden

Kebun Raya Bedugul
sumber: @danimuryanti

Wisata di Tabanan Bali, Sobat juga perlu tiba di Kebun Raya Eka Karya Bali atau biasa disebut juga Kebun Raya Bedugul. Tahukah Anda, inilah kebun raya pertama putra bangsa untuk kemudian menjadi kebun botani terbesar di Indonesia.

Kebun yang didirikan pada 15 Juli 1959 berada di satu wilayah dengan Danau Beratan. Jika semula luas kawasan hanya 50 ha, kini luasnya telah mencapai 157,5 ha. Terkhusus bagi sebuah wisata keluarga, di sinilah tempat piknik yang ideal.

Di Bali Botanical Garden, wisatawan bisa menjumpai koleksi Angrek, Begonia, Kaktus dan tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia lainnya. Ada juga Taman Panca Yadnya yang mengoleksi tanaman untuk Upacara Adat Hindu Bali.

Lokasi: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali


Wisata Alas Kedaton

Wisata Alas Kedaton
sumber: @baliutazas

Tempat wisata di Tabanan Bali lebih didominasi nuansa alam yang hijau menyejukkan. Jika sebelumnya telah mengetahui tentang Ubud Monkey Forest dan Sangeh Monkey Forest, Anda perlu juga tahu dan mengunjungi Alas Kedaton di Tabanan.

Ini juga hutan monyet yang dikeramatkan, sekitar 1.800 ekor populasinya. Suka usil juga? sama! berkunjung ke hutan ini, pastikan membawa oleh-oleh buat mereka. Kacang tanah misalnya. Dan, jangan berlagak pelit, mereka pasti mengetahuinya.

Sama halnya dengan hutan monyet di Ubud dan Sangeh, Alas Kedaton yang asri berseri ini juga memiliki pura. Pura Alas Kedaton namanya. Uniknya pura ini memiliki 4 pintu, berbeda dengan pura lain di Bali yang umumnya memiliki paling banyak 2 pintu.

Lokasi: Jl. Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali


Bali Butterfly Park

Bali Butterfly Park
sumber: @baliactivitor

Jika liburan ke Bali kali ini Anda bersama keluarga, Taman Kupu Kupu atau Bali Butterfly Park adalah objek wisata di Tabanan rekomendasi selanjutnya. Keindahan beragam jenis kupu-kupu pastinya sanggup membuat ceria anak-anak tercinta.

Seperti namanya, Taman Kupu Kupu adalah wisata edukasi berupa taman yang mengoleksi spesies kupu-kupu langka. Berbagai jenis kupu-kupu dalam beraneka ukuran sangat indah, melalui keberagaman bentuk dan warna sayap-sayapnya.

Bali Butterfly Park didirikan untuk penelitian, pengembangbiakan, dan pelestarian kupu-kupu. Di mana wisatawan bisa lebih dekat mengenal hewan cantik ini, termasuk melihat proses metamorforsis dari ulat, kepompong hingga menjadi kupu-kupu.

Lokasi: Jl.Batukaru,Sesandan, Buruan, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali


Air Terjun Leke-Leke

Leke Leke Waterfall
sumber: @kevin.bec

Jika sobat adalah traveler petualang yang suka tantangan, Air Terjun Leke-Leke adalah sajian alam untuk pengalaman wisata yang berkesan. Pasalnya air terjun ini cukup pintar menguji, siapapun yang ingin menikmati kemolekannya.

Jika turis-turis mancanegara saja siap mengunjunginya, saya kira tidak sopan jika Anda enggan ikut serta, hadir dan mengaguminya. Persiapkan energi berjalan kaki, meski sebenarnya mudah, hanya 500 meter dari loket dan area parkirnya.

Dalam balutan rimbun hijau tetumbuhan serta dominasi udara yang sejuk menenangkan, Leke-Leke Waterfall menerjunkan air dari ketinggian 32 meter. Mandi di kolam alaminya atau bisa juga selfie, silahkan bergaya asal tetap menjaga etika.

Lokasi: Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali


Pantai Nyanyi Tabanan

Pantai Nyanyi Tabanan
sumber: @tiakanaka

Wisata pantai di Bali, bukan hanya tentang Pantai Kuta dan pantai-pantai lain di sepanjang pesisirnya. Meski tidak terlalu populer, di kabupaten Tabanan juga terdapat beberapa pantai indah. Pantai Nyanyi adalah satu di antaranya.

Pantai di Tabanan umumnya berpasir hitam legam, sangat kontras dengan pasir Pantai di Sanur dan Kuta. Demikianlah Pantai Nyanyi, bentang luas pasir hitamnya menjadi daya tarik tersendiri. Teksturnya halus, nyaman di kaki telanjang.

Lokasinya yang berada jauh dari keramaian, sehingga suasananya cenderung lebih tenang dan damai. Ombaknya yang indah dan besar ideal untuk berselancar. Dan, momen sunsetnya juga istimewa. Pastikan untuk tidak melewatkannya.

Lokasi: Jl. Pantai Nyanyi, Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali


Air Terjun Pengempu

objek wisata tabanan bali
sumber: @rebeccalouisefoster

Suka air terjun? Air Terjun Pengempu juga merupakan tempat wisata di Tabanan yang layak dituju. Bukan objek wisata terkenal, namun keasrian dan kealamiannya boleh diadu. Keberadaannya muncul ke permukaan, berkat media sosial.

Sama halnya dengan wanawisata air terjun lainnya, suasana sejuk demikian kentara. Desain alamnya unik karena diapit oleh dua tebing yang menjulang sekira 20 meteran. Air yang terjun tidaklah deras, namun kolam alaminya luas.

Aliran sungainya mengalir tenang. Tentu, dipersilahkan Anda mandi, berenang sesuka hati atau mungkin sembari selfie. Tidak hanya itu, di sini juga ada goa, lembab dan gelap, persiapkan penerangan jika ingin memasukinya.

Lokasi: Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.


Air Panas Angseri

tempat wisata tabanan
sumber: @mandymateljak101

Objek wisata di Tabanan juga termasuk pemandian air panas Angseri atau yang lebih disebut Angseri Hot Spring oleh turis mancanegara. Dalam suasana sejuk pegunungan Tabanan, sangat pas jika menyempatkan berendam di air panas.

Berada di antara hutan bambu, berjarak kurang lebih 10 menit berkendara dari Jatiluwih. Atau, kira-kira 20 menit dari Bedugul. Dari area parkir, cukup melangkah sekira 150 meter dengan hamparan terasering yang memanjakan mata.

Wisatawan bisa memilih berendam di kolam atau di dalam ruangan. Objek wisata ini juga cukup pintar memanjakan tamunya. Di sini juga ada restoran, pondok wisata serta guest house yang bisa dicapai dengan beberapa langkah saja.

Lokasi: Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali


Selain yang telah disebutkan, masih banyak tempat wisata di Tabanan yang juga wajib Anda sambangi. Ada Pura Batukaru, Puri Anom Tabanan, Pantai Pasut, Penatahan Hot Spring dan lain sebagainya. Semua selalu bergantung durasi wisata Anda.

Bermanfaatkah artikel ini?

Berikan nilai Anda dengan bintang!

Rating rata-rata 4 / 5. Jumlah penilai: 2

Belum ada yang menilai! Jadilah yang pertama.

Sepertinya artikel ini bermanfaat untuk Anda...

Bagikan ke teman-teman di media sosial?

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat buat Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beritahu kami apa yang kurang dari artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *