Liburan ke Jawa Timur? Datang ke Jember & Kunjungi Objek Wisata ini

Tempat Wisata Jember. Memilih Jember sebagai destinasi liburan di Jawa Timur adalah ide yang sempurna. Pasalnya, potensi wisata kabupaten di Kawasan Tapal Kuda ini benar-benar meningkat selama lima tahun terakhir. Saat ini setidaknya telah ada 90 tempat wisata di Jember siap memanjakan liburan siapa saja.

Event tahunan “Jember Fashion Carnaval” yang telah menjadikan Jember sebagai Kota Karnaval Dunia, sejauh ini tetap menjadi puncak kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Selain itu, Jember adalah Kota Seribu Bukit yang tentu menawarkan potensi luar biasa untuk memanjakan penggemar wisata alam.

Selebihnya sebagai Kota Pandhalungan, Jember merupakan rumah bagi keragaman suku dan budaya sehingga mirip seperti miniature of Indonesia. Wisata budaya tentu istimewa di Jember, termasuk melalui Festival Egrang Tanoker yang rutin diselenggarakan, serta kerajinan Batik Jember dengan kekhasan motifnya.

Intinya, Pariwisata Jember menawarkan pengalaman wisata yang kaya bagi siapapun. Jadilah salah satu traveler yang bergembira disana. Jika bingung harus memulai dari mana, mulai saja dari beberapa tempat wisata di Jember yang tersaji dalam daftar dibawah ini.


Rekomendasi Tempat Wisata Jember


1. Pantai Pasir Putih Malika (Papuma)

Pantai Papuma - Wisata Pantai di Jember
sumber : pacarkecilku.com

Pantai Papuma adalah primadona wisata di Jember yang merupakan salah satu pantai tercantik di Jawa Timur. Liburan ke Jember sudah pasti wajib berkunjung ke pantai yang terkenal dengan hamparan pasir putihnya ini. Lanskap alam yang memadukan pantai dan lautnya sangatlah menawan. Tidak heran jika kemudian pantai ini favorit dikunjungi wisatawan.

Sebagaimana tipikal pantai laut selatan, Papuma merupakan pantai berombak cukup besar. Oleh karena itu berenang tidaklah ideal. Meskipun begitu, Pantai Papuma memiliki banyak cara untuk menyibukkan liburan pengunjungnya. Sebelumnya, perihal pantai ini telah kami tulis dalam artikel tersendiri. Ulasan lebih lengkap, baca di Pantai Papuma Jember

Jl. Tj. Papuma, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jawa Timur


2. Teluk Love di Pantai Payangan

Teluk Love - Pantai Jember
sumber : www.wowhii.com

Baru-baru ini, teluk yang bentuk pesisirnya menyerupai emoticon cinta ini bener-bener digandrungi. Jadilah satu diantara mereka yang takjub dengan pesona alamnya. Terilhami oleh bentuk pesisir yang unik tersebut, pihak pengelola semakin kreatif mempermak spot-spot alam disekitarnya sehingga terkesan romatis.

Beberapa spot poluler di Teluk Love diantaranya Bukit Domba yang diperkaya spot-spot selfie berwarna-warni. Ada juga Puncak Seribu Janji favorit bagi dua sejoli. Menariknya, Teluk Love ini masih berada satu kawasan dengan salah satu unggulan wisata pantai di Jember, yakni Pantai Payangan yang eksotis dengan hamparan pasir gelapnya.

Desa Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur


3. Wisata Bukit Watu Pecah Ambulu
Watu Pecah Ambulu - Tempat Wisata Alam di jember
sumber : @olldy_pranata

Tempat wisata Jember yang menarik selanjutnya ada di Ambulu. Di kecamatan ini ada sebuah bukit yang senantiasa menarik wisatawan ke puncaknya untuk kemudian membuat mereka takjub dengan kemolekan lanskap alam dari ketinggian, yakni Bukit Watu Pecah.

Dinamakan Watu Pecah, karena di salah satu puncaknya ada bebatuan besar yang terbelah menjadi dua. Karena lokasinya yang cukup berdekatan, setelah bermanja di Papuma, Watu Ulo, dan Teluk Love, wajib hukumnya sekalian berkunjung ke obyek wisata alam ini. Nikmati sejuk udaranya, takjublah dengan pemandangannya.

Langon, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur


4. Wisata Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Jember - Wisata Kota Jember
sumber : www.datawisata.com

Sesuai dengan namanya, Taman Botani Sukorambi merupakan tempat rekreasi bertemakan alam yang melengkapi potensi wisata Kota Jember. Tempat bermain sekaligus tempat belajar dan menjadi lebih dekat dengan tanaman. Disini, setiap pengunjung bisa belajar metode penanaman dan perawatan, hingga cara memanennya.

Taman Botani merupakan salah satu tempat wisata populer di Kota Jember. Banyak hal yang bisa dilakukan ditempat ini. Taman ini juga memiliki beberapa spot menarik untuk berswafoto. Selain itu, beragam wahana seru juga melengkapinya. Yang tak kalah menarik, disini juga sebagai rumah bagi aneka satwa, dari yang peliharaan hingga satwa liar seperti kuda, rusa dan aneka burung.

Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur


5. Wisata Alam Air Terjun Tancak

Air Terjun Tanjak - Obyek Wisata Jember
sumber : rizarastri.wordpress.com

Wisata alam Jember juga menawarkan berbagai varian air terjun. Satu diantara yang terindah adalah Air Terjun Tancak yang berada di area pegunungan Argopuro. Nikmati segera, nuansa sejuk yang menenangkan dibalut rimbunnya kehijauan. Sangat eksotis dengan pemandangan tebing tinggi yang cenderung basah dan elegan.

Bagi traveler pecinta alam, air terjun ini musti dikunjungi untuk melengkapi petualangan. Beragam aktivitas bisa dilakukan, khususnya berenang atau berbasah-basahan. Bagi penggemar fotografi, banyak spot-spot menarik untuk diabadikan. Suasana sejuk dan segar khas pegunungan, lengkap dengan nyanyian burung-burung memastikan siapapun selalu betah ditempat ini.

Area Pegunungan Argopuro, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur


6. Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
Puncak Rembangan - Tempat Wisata jember
sumber : travelingyuk.com

Berada di ketinggian, membuat kita bisa menikmati pemandangan dengan sensasi tersendiri. Bukan hanya tentang mendapatkan lanskap yang lebih leluasa, namun juga karena perbukitan identik dengan suasana yang romantis, khususnya di malam hari. Tempat wisata di Jember yang menawarkan nuansa seperti itu, salah satunya adalah di Puncak Rembangan.

Datanglah sobat! segarkan fikiran, hirup sejuk udaranya dan nikmati apa yang tersaji di puncak berketinggian 650 mdpl ini. Tempuh perjalanan sejauh 15 KM dari Kota Jember, ke utara ke arah Bondowoso, temukanlah objek wisata ini. Rembangan Hill termasuk wisata agrowisata di Jember dengan fasilitas lengkap. Beragam penginapan, kolam renang dan lain-lain.

Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur


7. Wisata Alam Puncak SJ88, Jelbuk

Puncak J88 Jember - Objek Wisata di Jember
sumber : www.traveran.com

Semua orang suka berada di ketinggian dan Jember sebagai Kota 1000 Bukit memiliki banyak perbukitan untuk memungkinkan hal itu. Jika kurang puas di Rembangan Hill, traveler bisa meluncur ke Puncak SJ88. SJ merupakan singkatan dari Sucopangepok dan Jelbuk, mewakili nama desa dan kecamatan dimana tempat wisata ini berada. Sementara itu, adanya penambahan angka 88 karena bukit ini berada diketinggian 880 mdpl.

Datang ke objek wisata alam Jember ini, sangat dibutuhkan jiwa petualang karena kondisi medan jalan yang cukup sulit. Namun jelas semua nilai kelelahan akan terbayar lunas, bahkan lebih oleh kemolekan alam di ketinggian puncak ini. Hanya saja, selain persiapan fisik, perlu kiranya melengkapi diri dengan perbekalan pribadi karena Puncak SJ88 masih sangat alami, belum banyak fasilitas yang tersedia.

Desa Sucopagepok, Kecamatan jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur


8. Destinasi Wisata di Ledokombo

Air Terjun di Ledokombo - Wisata Jember
sumber : kemanaajaboleeh.com

Ledokombo merupakan sebuah kecamatan di Jember yang bisa dikatakan mampu untuk menjamu liburan dengan sangat istimewa, khususnya bagi penggemar wisata budaya dan wisata alam. Disini, ada Kampung Wisata Belajar Tanoker yang pasti membuat Anda sibuk bergembira.

Banyak permainan tradisional, termasuk egrang yang kini resmi dijadikan festival tahunan Kabupaten Jember. Selebihnya, di Kampung Wisata Tanoker ada agrowisata, wisata alam, outbond, wisata kuliner, hingga live in di rumah penduduk. Bagi yang ingin oleh-oleh berupa batik khas Jember, bisa datang ke Batik Ledokombo.

Dalam hal wisata alam, Ledokombo memiliki beberapa air terjun. Ada Air Terjun Damar Wulan I dan II, yang pertama populer dijuluki Niagara Mini. Ada juga Air Terjun Anjasmoro dengan keunikan komposisi tingkatannya. Selain itu ada juga Air Terjun Antrokan Kuda Putih yang sarat mitos.

Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur


9. Air Terjun Antrokan Manggisan
Air Terjun Antrokan - Tempat Wisata di Jember
sumber : @fendi_a.r

Jelajah tempat wisata Jember haruslah memiliki durasi liburan yang panjang. Pasalnya, setiap sudut alam Jember selalu menarik siapa saja untuk datang. Persiapkan fisik sobat dan segera lanjutkan petualangan alam ke Air Terjun Antrokan Manggisan. Wanawisata ini juga sering disebut Air Terjun Manggisan karena letaknya di Manggisan, Tanggul, Jember.

Selain menawarkan panorama alam hijau yang menakjubkan, air terjun ini juga termasuk satu diantara obyek wisata alam Jember dengan fasilitas yang memadai. Ada rumah makan serta tempat pemancingan lokal di sekitarnya. Bagi penggemar fotografi dan selfie, selamat datang di salah satu surga yang mana setiap sudutnya turut mendefinisikan keindahannya. Melebarlah hingga menemukan sudut terbaik untuk diabadikan.

Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur


10. Perkebunan Teh Gunung Gambir

Gunung Gambir - Tempat Wisata Jember
sumber : @arifcloss

Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations) merupakan destinasi wisata Jember yang jangan sampai dilewatkan. Perkebunan yang merupakan peninggalan jaman kolonial Belanda ini berada di ketinggian mencapai 900 mdpl. Jadi bisa dibayangkan suasana yang mendominasi kawasan ini. Sejuk, menenangkan, sementara sejauh mata memandang hanyalah keindahan rimbun kehijauan.

Di Perkebunan Teh Gunung Gambir, sejauh ini telah dikembangkan 8 jenis teh yang juga dikenal sebagai teh bir (tea beer). Sebagai salah satu tujuan wisata favorit, pihak pengelola telah menyediakan beragam fasilitas penunjang. beberapa fasilitas diantaranya, kolam renang, tea walk, penginapan, camping ground dan banyak lagi lainnya. Datanglah dan sempurnakan pengalaman wisata di Jember dengan datang kesini.

Lanasan, Gelang, Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur

  • 2
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *