• sumber : @mandeh_tourism
  • sumber : @paksisatya
  • sumber : iklantravel.com
  • sumber : @maslinsitohang
  • sumber : phinemo.com
  • sumber : @memensaputra
  • sumber : waherdatour.wordpress.com

Tempat Wisata di Painan, Sumatera Barat yang Wajib di Kunjungi

Durasi baca : 6 menit

Wisata Painan, Sumatera Barat. Wisata alam akan selalu menarik bagi sebagian besar orang, dan Indonesia adalah surga nyata yang keindahannya diyakini benar oleh dunia. Punya rencana liburan? cobalah memulai menjelajahi negeri ini dari barat di Pulau Sumatera. Berwisata bahari di Sabang, menikmati indahnya Danau Toba, bermanja di kemolekan Pulau Nias, atau bagaimana kalau ke Sumatera Barat? provinsi beribukotakan Padang ini pun salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Wisata alam Sumatera Barat sangatlah kaya, salah satu sudut paling mencolok yang mendefinisikan keindahannya ada di Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Painan sebagai kota utamanya. Sebuah kota kecil nan molek yang diapit dua sungai, Sungai Batang Pinang Gadang dan Sungai Batang Pinang Ketek. Alam begitu sempurna membentuk kota ini, mengkombinasikan hijaunya perbukitan, dibatasi oleh pantai-pantai menawan, serta Teluk Painan yang turut melengkapi komposisi keindahannya.

Wisata Painan benar-benar menawarkan pengalaman penuh kesan melalui beragam objek wisata yang disajikan. Jadi, tunggu apa lagi, pastikan jadwal liburannya, meluncurlah ke Sumatera Barat, serta siapkan banyak-banyak rasa bahagia. Sebagai bekal perjalanan, berikut kami sajikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Painan yang paling menarik dan wajib dikunjungi.

Rekomendasi Wisata Painan, Sumatera Barat

1. Wisata Pantai Carocok

Pantai Carocok - Tempat Wisata di Painan
sumber : iklantravel.com

Wisata Painan sudah pasti akan melibatkan kunjungan ke pantai populer di kota tersebut, Pantai Carocok. Sebuah pantai cantik yang tak pernah sepi pengunjung, terutama di sore hari. Menjadi tempat paling ideal untuk bersantai, sambil menunggu datangnya kemolekan matahari terbenam. Tidak jauh dari bibir pantai ini juga ada pulau kecil yang terhubung melalui sebuah jembatan, Pulau Batu Kereta yang penuh legenda. Pantai Carocok adalah objek wisata Painan yang terus berbenah dengan penambahan beragam fasilitas penunjang, tidak terkecuali hotel dan penginapan yang banyak tersedia di sekitarnya.

Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

2. Wisata Pulau Cingkuak
Pulau Cingkuak - Wisata Painan Sumbar
sumber : waherdatour.wordpress.com

Seperti halnya Pulau Batu Kereta, Pulau Cingkuak juga berada dekat dengan Pantai Carocok. Hanya saja pulau ini tidaklah terhubung jembatan, untuk sampai kesini harus menyeberang dengan perahu dari Pantai Carocok. Selain menawarkan lanskap pemandangan laut yang lebih sempurna, pulau ini kaya akan wahana yang memastikan pengunjungnya sibuk ketika mengunjunginya, termasuk atraksi wisata air berupa banana boat dan jetski. Selebihnya, pulau ini juga sebagai objek wisata sejarah berupa Benteng Portugis yang turut menjadi daya tarik wisatawan.

Painan, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

3. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun - Tempat Wisata Painan Sumatera Barat
sumber : @memensaputra

Wisata Painan bukan hanya tentang keindahan pesisir pantai saja, bahkan hanya dengan menempuh perjalanan 4 kilometer dari Kota Painan, Anda bisa menemukan objek wisata alam berupa air terjun. Wanawisata air terjun 7 tingkat inilah yang mengairi dua sungai yang mengapit kota ini. Seperti halnya air terjun lain, Air Terjun Timbulun mengajak setiap pengunjungnya untuk memasuki nuansa hijau, sejuk dan menenangkan. Datanglah dan jelajahi setiap tingkatannya, atau setidaknya hingga tingkatan ke tiga untuk melihat air terjun yang paling tinggi.

Iv Jurai, Painan, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

4. Puncak Bukit Langkisau

Bukit Langkisau - Wisata Alam Painan Sumbar
sumber : @maslinsitohang

Liburan ke Kabupaten Pesisir Selatan, menjadi wajib hukumnya melebarkan perjalanan ke Bukit Langkisau yang terkenal dengan pemandangan spektakulernya. Langkisau merupakan bukit landai berumput halus yang menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Pesisir Selatan. Dari bukit ini, traveler bisa dengan jelas menikmati lanskap Kota Painan yang telah lengkap dengan gugusan bukit hijau yang menawan. Selain itu, Bukit Langkisau juga menjadi destinasi Paralayang Sumbar. Paralayang disini memiliki dua titik pendaratan, yakni Kota Painan dan Pantai Salido.

Salido, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

5. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang - Objek Wisata di Painan
sumber : @paksisatya

Apabila sebelumnya, Anda hanya tahu jembatan akar di lingkup masyarakat Baduy, Banten. Ketika liburan ke Painan, jangan lupa mengunjungi Jembatan Akar ala Sumbar, yakni Jembatan Akar Bayang. Sebuah jembatan yang eksotis sebagai penghubung kampung Puluik-Puluik dan kampung Lubuk Silau. Sebuah mitos unik turut menyelimuti kesejarah jembatan ditas Sungai Banyang ini. Ada yang bilang kalau mandi tepat dibawah jembatan ini maka nantinya akan enteng jodoh. Di dekat objek wisata ini, sekitar 3 kilometer, Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Bayang Sani.

Puluik Puluik, IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

6. Kawasan Wisata Mandeh
Wisata Mandeh - Tempat Wisata Painan Sumbar
sumber : @mandeh_tourism

Pada tahun 2017 yang lalu, kawasan wisata inilah yang meraih peringkat pertama untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (API) II. Penghargaan tersebut sangat cukup menjadi alasan bahwa Kawasan Wisata Mandeh wajib dikunjungi siapa saja yang berwisata ke Sumatera Barat. Anda pasti tahu Raja Ampat di Papua? Mandeh disebut-sebut sebagai tempat yang mewakili keindahan Raja Ampat di Sumatera. Di puncaknya, setiap pengunjung bisa menikmati gugusan pulau-pulau yang benar-benar menakjubkan. Datanglah, sebab tempat ini dijamin sanggup membahagian Anda.

Ampang Pulai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

7. Wisata Pulau Cubadak

Pulau Cubadak - Tempat Wisata Painan
sumber : phinemo.com

Jika pada liburan ini, energi dan durasi wisata Anda berlebih, sebuah ide yang sempurna untuk melebarkan penjelajahan ke Pulau Cubadak. Pulau cantik yang masih berada dalam Kawasan Wisata Mandeh ini bisa dikunjungi menggunakan kapal dari Pantai Carocok di Painan. Dengan konsep resort yang diusungnya, Cubadak menjadi tempat yang memanjakan bagi mereka yang ingin bermalam dan beristirahat dengan tenang. Beragam aktivitas bisa dilakukan di pulau ini, diantaranya snorkeling, diving, bermain kayak dan pastinya menikmati sunset yang indah.

Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Daftar Tempat Wisata Painan, Sumatera Barat

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *