• sumber : www.tanahnusantara.com
  • sumber : ceritawira.com
  • sumber : www.indonesia-tourism.com
  • sumber : wisatafotografi.wordpress.com
  • sumber : @sayakeke
  • sumber : www.kalbartoday.com
  • sumber : nusakini.com
  • sumber : pontianaktravel.wordpress.com

8 Tempat Wisata di Singkawang Yang Akan Memanjakan Liburanmu

Tempat Wisata Singkawang. Liburan ke destinasi yang kaya akan pesona tentunya sangat menyenangkan. Jika sobat adalah traveler dengan jam terbang tinggi, mungkin sebagian besar destinasi wisata Indonesia telah Anda sambangi. Namun, koleksi liburan tersebut tidaklah lengkap jika belum menjelajahi Kota Singkawang di Kalimantan Barat.

Pesona Wisata Singkawang sedemikian lengkap dan selalu siap menampung ketakjuban siapapun yang datang. Singkawang bisa dikatakan sebagai Pecinan-nya Indonesia. Sekitar 70% masyarakatnya keturunan Tionghoa, selebihnya ada Suku Melayu dan Dayak. Harmonisasi suku-suku tersebut turut menghadirkan corak budaya Singkawang yang khas.

Liburan ke Singkawang lebih menarik saat tahun baru Imlek. Pasalnya, puncak perayaannya diwarnai Pawai Tatung yang sarat mistis dan menegangkan sekilas mirip Debus di Banten. Uniknya, banyak orang Dayak yang turut serta meramaikannya dengan menjadi Tatung. Cap Go Meh dan Tatung menjadi magnet utama yang menyedot perhatian wisatawan, dalam maupun luar negeri.

Selain budayanya, wisata di Singkawang juga didukung keindahan alamnya yang memadukan perbukitan, laut dan estuaria. Setidaknya ada tiga pegunungan yang mengelilingi kota di sebelah utara Kota Pontianak ini, yakni Pasi, Poteng dan Sakok. Bagi yang telah mantab menetapkan Singkawang sebagai destinasi liburan, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Singkawang.


Rekomendasi Tempat Wisata Singkawang


1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang - Tempat Wisata Singkawang
sumber : www.tanahnusantara.com

Selain sebagai ikon wisata Kota Singkawang, pantai yang menghampar sejauh 3 kilometer ini juga sebagai salah satu objek wisata favorit di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, liburan di Kalbar menjadi wajib untuk sejenak atau justru berlama-lama di Pantai Pasir Panjang. Selain cantik pantainya, lengkap juga fasilitas yang tersedia.

Nyaman dalam banyak hal adalah apa yang ditawarkan pantai ini pada setiap pengunjungnya. Komposisi alam tersaji dengan sangat baik melalui hamparan pasir putihnya, sementara gelombang laut yang tenang senantiasa menyapa sambil memamerkan kejernihan airnya. Sunset memang indah dan yang terindah ada di pantai ini.

Sebagian wisatawan memilih pantai ini sebagai tempat bersantai, sebagian yang lain berkeringat dengan olahraga pantai, voly ataupun sepakbola. Ada juga yang menjelajahi pesisirnya, memancing, berenang ataupun menyelam. Bagaimana dengan sobat? datanglah! segera tentukan dan nikmati aktivitas terbaik yang Anda suka.

Jl. Pasir Panjang, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat


2. Rindu Alam Singkawang

Rindu Alam - Tempat Wisata di Singkawang
sumber : @sayakeke

Melihat apa yang ditawarkannya, Rindu Alam dipastikan mampu membuat traveler merindu pada sajian alamnya. Jadilah sobat satu diantara mereka yang merindukannya dengan terlebih dahulu tiba di puncaknya. Tempat ini akan mengajak setiap pengunjung untuk memanjakan mata menikmati lanskap alam Singkawang dengan lebih leluasa.

Taman Wisata Rindu Alam berada di kawasan pegunungan yang memanjang dari Singkawang Selatan hingga Tanjung Bajau. Suasana sejuk demikian terasa karena ketinggiannya mencapai 400 mdpl dan didominasi oleh rimbunnya pepohonan. Bukit ini menjadi semakin indah karena ditanami aneka bunga-bunga serta ada beberapa gazebo sebagai tempat bersantai.

Berada di puncak Rindu Alam, sobat bisa secara sempurna melihat pemandangan pantai Pasir Panjang, Tanjung dan Pantai Bajau. Selain itu ada juga beberapa pulau, termasuk Pulau Simping, Pulau Randayan, serta Pulau Kabung. Sementara itu, dengan memutar badan ke arah kanan pantai, ada lanskap Kota Singkawang yang menakjubkan.

Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat


3. Sinka Island Park
Sinka Island Park - Objek Wisata Singkawang
sumber : www.indonesia-tourism.com

Sinka Island Park merupakan satu tempat wisata di Singkawang yang akan menyibukkan suasana liburan wisatawan. Sebuah objek wisata masa depan yang memadukan kemolekan alam pantai dengan berbagai wahana hiburan modern. Oleh karena itu, obyek wisata ini sangatlah cocok bagi mereka yang berlibur bersama keluarga.

Beberapa kendaraan wisata, seperti delman dan kuda, telah disediakan bagi pengunjung yang ingin mengelilingi tempat rekreasi. Berkunjung ke Sinka Island Park, tidaklah seru jika tidak melebar ke Sinka Zoo yang berada disebelah selatannya. Salah satu keunikan kebun binatang ini adalah terletak disegala penjuru mengelilingi gunung.

Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat


4. Wisata Tanjung Bajau

Tanjung Bajau - Tempat Wisata Singkawang
sumber : ceritawira.com

Tidak hanya sebagai tempat wisata favorit di Singkawang, Tanjung Bajau juga sangat populer di seantero Kalimantan Barat. Wisata Tanjung Bajau merupakan perpaduan sempurna antara wisata alam dan wahana wisata buatan yang penuh keceriaan. Secara geologis, Tanjung Bajau merupakan tanjung dengan bebatuan dan pasir sebagai penghubung Pantai Pasir Panjang dan Sinka Island Park.

Ikon wisata ini, Patung Gurita senantiasa menyambut wisatawan di pintu masuk. Sementara dibaliknya sudah ada pemandangan alam yang menawan melalui kombinasi pantai dan laut berlatarbelakangkan hijaunya perbukitan. Pantai Bajau menyajikan komposisi bebatuan beraneka bentuk dan ukuran yang tertata acak serta pasir yang putih. Jauh dari muara, membuat airnya biru kehijauan.

Keceriaan liburan akan semakin menjadi-jadi di Fantasy Island. Puluhan wahana seru siap memanjakan siapa saja, diantaranya Kora-Kora Naga, Bianglala, Bom-Bom Car, Tsunami, Sniper Doll, Giant Swing, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tanjung Bajau, Rindu Alam, Sinka Island Park dan Pantai Pasir Panjang bisa dijadikan satu paket wisata karena lokasinya yang relatif dekat.

Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat


5. Taman Bukit Bougenvil

Taman Bukit Bougenville - Wisata di Singkawang
sumber : pontianaktravel.wordpress.com

Bagi traveler pendamba nuansa sejuk dan menenangkan, salah satu tempat wisata Singkawang yang menarik dikunjungi adalah Taman Bougenvil. Sebuah taman yang asri dan indah yang berada di kaki bukit berlatar belakang Gunung Pasi dan dikelilingi hutan dan perkebunan.

Meskipun bunga Bougenville ditetapkan sebagai tampilan utamanya, namun banyak pula aneka bunga-bunga lain dengan penataan taman asri sehingga ideal untuk bersantai dalam wisata keluarga. Fasilitas yang tersedia pun memadai, ada mushola, pondok-pondok tempat bersantai, rest room, serta cafetaria.

Setelah puas di Taman Bougenvil, bisa juga melebar ke Taman Chidayu yang lokasinya berdampingan dengan taman tersebut. Karakteristik khas taman ini adalah sebagai tempat pemancingan, banyak pohon buah-buahan, taman bunga, dan taman bermain anak-anak. Keindahan sunset sangat kentara di taman ini.

Jalan Pertanian, Sijangkung, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat


6. Pasar Hongkong

Pasar Hongkong - Tempat Wisata di Singkawang
sumber : nusakini.com

Wisata di Singkawang kurang menarik tanpa mencicipi atau menjadi bagian dari gemerlapnya malam di Pasar Hongkong. Sebenarnya, Pasar Hongkong hanyalah sebutan untuk Jalan Bawal dan sekitarnya. Ketika malam telah tiba, disekitaran jalan ini akan dipadati gerobak-gerobak yang menjual berbagai jenis makanan.

Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat


7. Wisata Danau Biru
Danau Biru - Wisata Alam Singkawang
sumber : wisatafotografi.wordpress.com

Wisata alam Singkawang juga termasuk Danau Biru yang cantik. Semua orang suka keindahan alam, oleh karena itu sambangi juga objek wisata yang terletak 6 kilometer dari pusat kota ini. Bahkan, sajian alam di kanan-kiri telah menyambut cukup jauh sebelum sobat tiba di danau ini.

Menurut penuturan warga, danau ini terbentuk oleh genangan air yang memenuhi kolam-kolam bekas penambangan emas. Perlahan tapi pasti air menemukan tempat ideal untuk menyatu. Alhasil, jadilah Danau Biru yang molek di setiap sudutnya yang diharapkan dapat memanjakan siapa saja.

Meski dikatakan sebagai Danau Biru, sebenarnya air danau ini lebih cenderung berwarna toska. Mungkin saja, istilah biru yang disematkan pada namanya merujuk pada lanskap secara keseluruhan. Pada sudut-sudut tertentu, danau ini bagaikan cermin tempat dimana langit yang biru berkaca.

Jl. Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat


8. Wisata Waduk Pajintan

Waduk Pajintan - Tempat Wisata Singkawang
sumber : www.kalbartoday.com

Waduk Pajintan merupakan Obyek wisata di Singkawang yang masih tergolong baru. Sebuah kolam raksasa yang masih dalam proses pembangunan sehingga belum tersedia fasilitas yang memadai.

Meskipun begitu, lanskap alam sangat memanjakan berbenteng pegunungan. Sejauh ini, wisatawan datang ke Waduk Pajintan untuk bersantai, berenang dan tentunya berswafoto ria. Datang ketempat ini, pastikan hingga mendekati senja saat warna alam berubah seiring matahari terbenam.

Pajintan, Singkawang Timur, Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat


[yasr_visitor_votes size=”medium”]

  • 5
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *