• sumber : beritahati.com

Tradisi Nyorog, Betawi – Budaya Ramadhan Yang Hampir Punah

posted in: Jakarta, Jawa, Tradisi | 0

Tradisi Nyorog. Masyarakat Betawi di Jakarta memiliki tradisi unik dalam menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan, yakni kebiasaan mendatangi sanak keluarga dengan memberi bingkisan makanan sebelum datangnya Bulan Puasa. Tentunya makanan yang diberikan sangatlah beragam, namun kebanyakan adalah bahan makanan mentah. Bisa berupa daging kerbau, ikan bandeng, kopi, susu, gula, sirup, dan lainnya.

Tradisi Nyorog, begitulah penamaan dari kebiasaan memberi makanan oleh Suku Betawi tersebut. Meskipun untuk saat ini istilah “Nyorog” sudah mulai ditinggalkan, namun pada kenyataannya kebiasaan memberi bingkisan makanan tetap dilestarikan hingga kini.

Keberadaan Tradisi Nyorog tentunya membawa pemaknaan tersendiri. Ini merupakan ajang silaturrahmi serta proses pereratan tali persaudaraan sesama umat islam. Pemaknaan tersebut di visualisasikan oleh Orang Betawi dengan pemberian bingkisan makanan yang diharapkan akan menciptakan kebahagiaan hati bagi sipenerima.

Selain di Betawi, tradisi serupa juga bisa kita dapati di Jawa, terutama di Jawa Timur. Kebiasaan memberi makanan tersebut dinamakan “Tradisi Weweh”. Sebagai pembeda adalah kalau di Jawa Timur makanan yang diberikan berupa Makanan Jadi dengan waktu yang berlangsung hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *