Trip Pulau Pari – 5 Hal Untuk Diketahui Jika Anda Ingin Trip ke Pulau Pari

Trip Pulau Pari Kepulauan Seribu. Karena berjarak dekat dengan DKI Jakarta, Pulau Pari banyak dipilih sebagai tujuan wisata di Kepulauan Seribu. Berada satu lokasi dengan Pulau Tidung, di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Selain dekat Jakarta, Pulau Pari adalah pulau nan cantik dengan jajaran pantai menawan yang cenderung tenang. Tidak hanya itu, pulau ini juga kaya aktivitas menarik. Jika memiliki rencana liburan, Anda benar-benar harus mempertimbangkannya.

Ketika sampai di artikel ini, kami asumsikan Anda memang sedang memiliki rencana trip ke Pulau Pari. Sebelum benar-benar berangkat, di sini ada 5 hal yang perlu diketahui sehubungan dengan trip Pulau Pari. Lanjutkan membaca untuk mengetahui daftar lengkapnya.


Pilihan Spot Wisata Terbaik di Pulau Pari

Spot Wisata Pulau Pari
Spot Wisata Pulau Pari

Mengunjungi suatu destinasi wisata, semua orang perlu tahu tempat-tempat atau spot-spot terbaiknya. Begitu juga dengan trip Pulau Pari. Meski secara keseluruhan Pulau Pari senantiasa menawan di setiap sudutnya, ada sejumlah titik yang sayang dilewatkan. Berikut daftarnya:

  1. Pantai Pasir Perawan: Spot wisata paling populer nan indah. Tempat terbaik bagi yang ingin berkemah. Kemolekan pantai tenang berpasir putih ini didukung oleh pasir-pasir timbul dekat bibir pantainya.
  2. Bukit Matahari: Trip Pulau Pari, jangan lupa singgah di Bukit Matahari. Semua orang mengamini, di bukit inilah tempat terbaik menikmati pagi, pemandangan sunrise yang ditawarkan demikian mengagumkan.
  3. Pantai Bintang: Pantai bersih dengan jajaran pohon pinus yang kaya bintang laut. Ideal untuk bersantai di sore hari. Panorama siangnya menawan, adapun malam hari langitnya berhias bintang-bintang.
  4. Hutan Mangrove: Ada sungai amazon di Pulau Pari, setidaknya mirip-miriplah suasananya. Spot terbaik untuk jelajah hutan dengan berperahu. Berangkat menjelang petang agar bisa menikmati indah sunsetnya.
  5. Tanjung Rengge: Pantai pendatang baru yang menawarkan perjalanan seru, untuk mencapainya. Bersepeda di jalan setapak yang tersedia dengan ilalang di kanan kirinya. Pantai ini sangat bersih dan alami.

Aktivitas Wajib Ketika Trip ke Pulau Pari

Travel Pulau Seribu
Aktivitas di Pulau Pari

Sebenarnya, aktivitas pada trip Pulau Pari sudah diisyaratkan oleh spot-spot wisata yang ada di atas. Jika suka suasana pantai, bisa saja berlama-lama di hamparan pasir putihnya. Mungkin dengan bermain pasir, berjemur atau jika terlanjur betah, dirikanlah tenda, berkemah sekalian.

Pulau Pari menawarkan keindahan luar dan dalam. Selain panorama alam, pulau ini juga tentang keindahan bawah laut yang memanjakan. Snorkeling adalah aktivitas wajibnya. Snorkeling umumnya dilakukan di Area Perlindungan Laut (APL), Bintang Rama, serta di depan dermaga.

Jelajah pulau tak kalah menariknya. Berjalan atau bersepeda, pilih saja yang Anda suka. Bisa juga mencoba sensasi berkano ria di perairan dangkalnya. Berperahu menyusuri hutan mangrove juga layak dicoba. Wisata kuliner atau belanja suvenir? semuanya tersedia.

Keindahan sunrise dan sunset bisa dinikmati sekaligus di satu tempat, Pulau Pari. Pastikan berada di spot yang tepat untuk menikmatinya. Menuju ke Bukit Matahari, bisa menjelang petang atau di awal pagi. Baik matahari terbit maupun matahari terbenam, terlihat indah dari bukit ini.


Akomodasi Yang Bisa di Booking Online
Biaya ke Pulau Pari
Fasilitas di Pulau Pari

Trip Pulau Pari butuh akomodasi, khususnya bagi Anda yang ingin puas, tidak mengambil opsi trip sehari. Sebenarnya, pilihan menginap di Pulau Pari cukup banyak. Namun, kebanyakan pemesanan dilakukan secara offline. Hanya beberapa saja yang bisa di booking online.

Jika Anda berencana wisata ketika high season atau musim libur, banyak kemungkinan penginapan penuh. Pemesanan offline tidak cocok untuk musim ini, kecuali ketika low season. Booking online menjadi solusi yang memungkinkan Anda memesan jauh-jauh hari.

Setidaknya ada 2 penginapan di Pulau Pari yang menyediakan booking online. Pertama, Pari Solata Seaview (detail fasilitas dan penawaran harganya bisa dilihat Di Sini). Kedua, Pari Island Guest House (detail fasilitas dan penawaran harganya bisa dilihat Di Sini)


Biaya Trip Pulau Pari Untuk Backpacker

Trip Pulau Pari
Trip ke Pulau Pari

Ingin trip ke Pulau Pari secara mandiri ala Backpacker atau solo traveling? bisa juga. Pertama, Anda perlu sampai di salah satu pelabuhan di Jakarta Utara. Bisa ke Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke atau bisa juga melalui Dermaga Marina di Ancol.

Biaya transportasi laut yang lebih murah, bisa ditemukan di Muara Angke. Naik kapal feri tradisional dengan durasi perjalanan antara 1,5 jam hingga 2 jam. Apabila ingin yang lebih cepat, kurang dari 1 jam perjalanan, naik speedboat dari Marina Ancol.

Semua selalu bergantung Anda. Namun, umumnya para backpacker tidak mempermasalahkan lamanya perjalanan asalkan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Di bawah ini telah tersedia daftar perkiraan biaya trip Pulau Pari dengan asumsi berangkat dari Muara Angke.

KeteranganHarga
Tiket Kapal + Peron± Rp 47.000
Tiket Pantai Pasir Perawan± Rp 5.000
Tiket Pantai Bintang± Rp 5.000
Tiket Pantai Kresek± Rp 5.000
Tiket Masuk Kantor LIPI± Rp 2.000
Berkemah di Pasir Perawan± Rp 10.000
Sewa Mess LIPI± Rp 75.000 / malam
Sewa Sepeda Sehari± Rp 20.000
Berperahu di Hutan Mangrove± Rp 20.000
Sewa Kapal± Rp 300.000 – Rp 400.000
Sewa Alat Snorkeling± Rp 35.000 / orang
Sewa Banana Boat± Rp 30.000 / orang
Sewa Donut Boat± Rp 35.000
Penginapan / Homestay± Rp 300.000 – Rp 700.000 / malam
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Opsi Agen Travel Untuk Trip Pulau Pari

Paket Wisata Pulau Seribu
Dino Traveling Pulau Pari

Jika ingin lebih mudah, manfaatkan saja layanan paket wisata Pulau Pari dari agen travel. Anda tidak perlu memikirkan poin 3 dan 4 di atas. Bahkan, poin 1 dan 2 pun umumnya sudah termasuk dalam itinerary. Jadi, energi Anda sepenuhnya hanya untuk bergembira.

Menurut saya, menggunakan jasa travel wisata adalah saran terbaik jika Anda berwisata dengan rombongan. Terlebih jika pesertanya mencapai lebih dari 10, 20 atau bahkan lebih dari itu. Semakin banyak anggota wisata, semakin murah harga paket wisatanya.

Hanya saja, memilih paket wisata Pulau Pari gampang-gampang susah. Demikian banyak agen travel Pulau Seribu yang menyediakan hal itu. Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam mencari. Pastikan mendapat agen travel yang terpercaya, termasuk juga murah harganya.

Sebagai rekomendasi awal, Anda bisa mempertimbangkan Dino Traveling. Salah satu agen travel di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Tidung, yang juga menyediakan paket Pulau Pari. Harga paketnya pun terjangkau, mulai dari IDR 300 K untuk paket 2 Hari 1 Malam.

Fasilitas paket wisata tersebut juga lengkap. Meliputi transport kapal PP, penginapan, makan 3x, sepeda, alat snorkeling dan kapal menuju spotnya, camera underwater, guide (laut dan tour) dan barbeque. Juga, jalan-jalan ke pantai-pantai yang ada di Pulau Pari.

Semua fasilitas tersebut masuk dalam Paket Standard. Ada juga Paket Lengkap dengan fasilitas lebih banyak. Selain trip Pulau Pari, Dino Traveling juga menyediakan paket-paket Kepulauan Seribu lainya. Untuk info lebih lanjut, hubungi kontak di bawah ini.

INFO KONTAK / BOOKING DINO TRAVELING
Telp0852-0000-0344
Situs / BookingDino Traveling (dinotraveling.com)
Peta LokasiGoogle Maps

Demikian informasi 5 Hal Untuk di Ketahui Jika Ingin Trip ke Pulau Pari, semoga bermanfaat. Jika berminat dan memang punya waktu berlebih, baca juga artikel terkait, yakni Biaya Wisata ke Pulau Tidung dan Daftar Pulau Terbaik di Kepulauan Seribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *