• sumber : pipikentang.blogspot.com
  • sumber : @beny.faza
  • sumber : @gresiktourism
  • sumber : @gresiktourism
  • sumber : @gresiktourism

Mau Liburan Ke Pulau Bawean? Berikut Objek Wisata & Aktivitas Wajibnya

posted in: Daftar Menarik, Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pulau Bawean. Sejauh ini, Gresik merupakan wilayah yang lebih menonjolkan wisata religi dan sejarah dalam hal pariwisatanya. Adapun untuk wisata alam, kabupaten di Jawa Timur ini kurang begitu terdengar, pasalnya pesona alam Jawa Timur lebih terpusat di daerah lain, seperti Malang dan Banyuwangi.

Meskipun begitu, salah satu Kota Wali ini wilayahnya juga termasuk Pulau Bawean yang menawan. Berada 120 kilometer lepas pantai Laut Jawa, pulau ini adalah surga wisata bahari yang pasti menarik dikunjungi. Jadi, sebuah ide yang sempurna jika traveler menetapkannya sebagai tujuan wisata.

Pulau yang dijuluki Pulau Putri ini tidak saja menawarkan alam bahari yang cantik, namun juga Suku Bawean yang eksotik. Meski sebagai sub-suku Jawa, bahasa dan budayanya sangatlah khas. Julukan Pulau Putri sendiri merujuk pada tradisi merantau pemudanya sehingga yang banyak tinggal adalah kaum wanita.

Bagi penikmat liburan, wajib hukumnya mempertimbangkan wisata Pulau Bawean. Banyak hal yang bisa dilakukan dan dipastikan Anda sibuk dalam ketakjuban. Sebelum mantab untuk berangkat, sebagai bekal informasi, berikut adalah rekomendasi tempat beserta aktivitas yang layak untuk dicoba.


Lebih Mendalam Meresapi Eksotika Pulau Bawean

Eksotika Pulau Bawean
Rusa Bawean, sumber : @beny.faza

Berkunjung ke suatu tempat yang baru, hal paling menarik adalah mencoba lebih dekat dengan kesejatian yang membangun tempat itu, tidak terkecuali di Pulau Bawean. Jadikan liburan lebih bermakna. Mencoba akrab dengan suku asli Bawean bisa menjadi awal yang sempurna.

Selain itu, pulau ini juga dikenal karena fauna uniknya, yakni Rusa Bawean (Axis Kuhli) yang hanya bisa ditemukan di pulau ini. Sekitar 30an ekor fauna endemik ini bisa traveler jumpai di penangkarannya di Desa Pudakit. Jangan lupa untuk juga mencicipi Buah Merah khas Bawean.

Tahukah sobat pulau cantik ini juga terkenal dengan batu sejenis marmer?, batu onyx namanya. Selebihnya, usahakanlah datang ke Sentra Anyaman Bawean di Desa Gunung Teguh. Di tempat tersebut, Anda bisa membeli beragam souvenir menarik berbahan anyaman dari pandan.


Berburu Keindahan Pesisir Pantai di Pulau Bawean

Pantai Ria
Pantai Ria, sumber : @gresiktourism

Wisata pulau identik dengan pantai dan Bawean selalu siap dengan pantai-pantai moleknya. Jika ingin bergembira di pantai penuh wahana, datang saja ke Pantai Mombhul. Banyak spot menarik untuk selfie. Kabarnya, disini akan ada water boom serta penangkaran rusa dan penyu.

Sobat juga bisa berkunjung ke Pantai Ria, melihat aktivitas nelayan dan bertahanlah hingga keindahan matahari terbenam menyapa. Ada juga Pantai Mayangkara yang keindahannya menyimpan sejarah Siti Zaenab istri Sunan Giri ketika pertama kali menemukan pulau ini.

Yang pasti, diantara banyaknya pantai yang tersebar, jangan lupa sempatkan waktu berkunjung ke Tanjung Gaang. Sudut paling eksotik dengan tebing koral menjulang dan hamparan karang yang luas. Berenang, snorkeling atau berperahu adalah aktivitas yang wajib dicoba.


Terkesima Diantara Gunung Sabu dan Danau Kastoba
Danau Kastoba
sumber : @gresiktourism

Selain wisata bahari, wisata Bawean diperkaya oleh perbukitan dan danau yang tenang, Danau Kastoba. Terletak di dataran cukup tinggi, danau selebar 725 ha ini terlebih dulu akan menguji traveler melalui jalan setapak dan ratusan anak tangga sebelum bermanja didalamnya.

Nuansa hijau atau istilah apa saja yang sewilayah makna dengan kedamaian bisa ditemukan di danau berair jernih ini. Sebuah objek wisata dambaan para pecinta alam. Meresapi benar kesejukan udara, terbuai harmoni suara alam untuk kemudian hening bersamanya.

Jika ingin lanskap yang lebih sempurna, sediakan energi untuk mendaki. Meluncur ke Gunung Sabu. Trekking sejenak, kurang lebih satu jam untuk sampai dipuncaknya. Dari atas, danau beserta perbukitan yang memeluknya itu indah, semakin indah saat sunrise.


Jelajah Alam Asri di Jajaran Air Terjun Berseri

Air Terjun Laccar
sumber : @gresiktourism

Eksotika alam Pulau Bawean juga mencakup sederetan air terjun yang menawan. Pilih salah satunya atau kalau suka, jamahlah semuanya. Sebagai saran awal, datanglah ke Air Terjun Laccar di Kebun Teluk Dalam. Aksesnya mudah sekitar 15 kilometer dari Sangkapura.

Seperti umumnya air terjun, tebing batu-batu mendominasi komposisi alam dengan balutan kehijauan menyelimutinya. Burung-burung beserta kawanan monyet bernyanyi, menyambut siapapun yang datang kesini. Jadilah salah satunya, yang disapa percikan segar airnya.

Jika ingin melebar, ada beberapa air terjun lain selain Laccar. Di dekat Danau Kastoba, temukanlah Air Terjun Candi Grojogan dengan kolam alami. Ada juga Air Terjun Murtalaya menghiasi jurang yang dalam. Susunan apik batu-batu adalah keistimewaannya.


Island Hopping? Melebar ke Pulau-Pulau Menawan

Pulau Noko
sumber : pipikentang.blogspot.com

Suatu pulau yang terkesan menyendiri, kebanyakan ada pulau-pulau kecil lain yang menemani, begitu pula dengan Pulau Bawean. Pulau-pulau kecil ini turut mewarnai geliat pesona wisata bahari Bawean, melalui hamparan pasir putihnya, melalui keindahan taman lautnya.

Pertama, Pulau Noko yang mungil selebar 1 kilometeran. Pasirnya putih lembut terhampar cukup luas. Nyaris tanpa ombak, sementara di kedalaman lautnya tersimpan keindahan yang mempesona. Surga pecinta pantai, snorkeling? lakukan saja namun bawa sendiri alatnya.

Bersebelahan dengan Pulau Noko, ada Pulau Gili sebagai pulau kecil yang berpenghuni. Pulau yang menampung sekitar 700 KK ini tak kalah indah. Memiliki pantai berpasir putih yang menawan, yang semakin menawan kala matahari mulai tenggelam. Datang dan bergembiralah disana.

Masih kurang? tenang! coba ke Noko Selayar, gundukan di tengah laut yang hampir seluruhnya hanyalah pasir putih yang terhampar. Di kedalaman airnya inilah surga bawah laut Bawean yang sebenarnya. Berenang? snorkeling? diving? pilih saja yang sobat suka.

Selebihnya, masih ada beberapa pulau lain yang tak kalah indahnya, baik pantai maupun taman lautnya. Jika durasi wisata panjang, bertahanlah dan jelajahi apa saja hingga mendekati ekspektasi Anda. Pulau lain, diantaranya Pulau Cina dan Pulau Nusa yang keduanya berada di barat Bawean.


Cara Pergi Wisata Ke Pulau Bawean

Liburan ke Bawean, bisa ditempuh menggunakan jalur udara dan laut. Jalur udara bisa menggunakan pesawat Airfast dari bandara Juanda. Sayangnya, tiket harus dibeli jauh-jauh hari, sementara tiket hanya bisa dibeli secara tunai di bandara.

Cek harga tiket dan jadwal keberangkatan pesawat disini.

Meski memakan waktu lama, cara umum pergi ke Pulau Bawean adalah melalui jalur laut. Dibutuhkan durasi perjalanan 3-8 jam bergantung pada jenis transportasi laut yang digunakan, Bahari Ekspress 8e atau KMP Gili Iyang. Tiket bisa dibeli langsung di pelabuhan Gresik.

Cek harga tiket & jadwal keberangkatan kapal disini

  • 4
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *