Air Terjun Tibumana Bali – Air Terjun nan Cantik Berseri di Kabupaten Bangli

Air Terjun Tibumana. Sebagai primadona wisata Indonesia, Bali menawarkan spot wisata yang kaya. Pantai adalah satu hal yang mencolok mewakili eksotika alamnya. Namun bagaimana dengan Bangli, sebagai satu-satunya kabupaten tanpa pantai di Bali?

Tentu saja, Bangli tetap mempesona dengan caranya sendiri. Danau Batur, danau terbesar di Bali, ada di Kintamani di Kabupaten Bangli. Ini juga berarti Gunung Batur yang memiliki kaldera, salah satu yang terbesar di dunia itu juga berada di Bangli. Jadi, tidak ada alasan untuk mengabaikannya.

Selain pesona Gunung dan Danau Batur, keindahan alam Bangli juga diperkaya oleh sejumlah air terjun molek merona. Tibumana Waterfall, salah satunya. Sobat bisa mengunjungi wisata air terjun ini di Desa Apuan, Susut, Bangli, Bali. Lalu? lanjutkan membaca agar tahu informasi selengkapnya.

Air Terjun Tibumana Bangli Bali
sumber: @lebroncaptures

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Bali tidak memiliki air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Berbeda halnya dengan Air Terjun di Lumajang, Jawa Timur, yang umumnya tinggi menjulang. Apalagi Air Terjun Madakaripura yang tingginya mencapai 200 meteran. Air Terjun Tibumana sendiri hanya berketinggian sekira 20 meter saja.

Meskipun begitu, komposisi alam yang sejuk menyegarkan dipastikan sanggup membuat Anda betah bertahan. Tebing batu yang cenderung basah itu melingkar indah berhias keberagaman hijau tetumbuhan. Nuansa kedamaian demikian melekat, daya tarik yang pasti membuat siapapun terpikat.

Air Terjun Tibumana Bangli sering dikatakan sebagai air terjun kembar. Hal ini terkait dengan debit air sungai di atasnya. Jika debit airnya besar, air yang terjun terbagi menjadi dua bagian yang berdampingan. Namun ketika debit airnya kecil, hanya satu aliran yang terjun ke kolam di bawahnya.

Dengan satu maupun dua aliran air terjun, Tibumana tetaplah indah. Terlebih dilengkapi kolam alami yang membuat siapa saja ingin basah. Mandi, berenang atau berendam sudah menjadi aktivitas yang tak harus dipinta. Kebanyakan wisatawan pun melakukannya, termasuk juga turis mancanegara.

Di kolam alami yang tidak terlalu dalam itulah kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu mereka. Sebagian yang lain mungkin selfie, mengabadikan diri dengan latarbelakang molek air terjunnya. Anda juga perlu melakukannya. Atau, ingin bersantai menikmati suasana? bisa saja, gazebo pun tersedia.

Kalau mandi atau berenang, usahakan tidak berada persis di bawah air terjunnya. Di balik air terjun tersebut ada goa sempit dan gelap. Meskipun belum ada yang membuktikannya, warga sekitar menyakini goa tersebut adalah jalan pintas ke Pura Goa Besakih. Ada sejumlah bendera sebagai batas beraktivitas.

Bisa juga jika ingin berkeliling menjelajahi area wisata alam ini. Khususnya bagi penggemar fotografi, temukanlah sejumlah spot terbaik yang Anda suka. Sebelum sampai di spot utama, ada juga air terjun lain berdebit air kecil dengan jembatan kayu dan sungai tenang di bawahnya. Selamat berwisata!

Tibumana Waterfall Bali
sumber: @auzanta

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Meski berada di lokasi yang cukup tersembunyi, Tibumana Waterfall telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Akses jalan dari loket menuju lokasi pun bagus, dilengkapi rangkaian anak tangga dengan pegangan berupa pipa. Nuansa yang dihadirkan asri, seolah sudah ditata sedemikian rupa.

Di beberapa bagian telah tersedia gazebo kayu untuk beristirahat, termasuk satu di sekitar spot utama air terjunnya. Ada juga ruang ganti pakaian. Selebihnya, akses jalan juga diperlengkap dengan jembatan kayu di atas aliran sungai. Area parkir memadai, ada toilet dan warung di sekitarnya.

KeteranganHarga
Tiket Masuk± Rp 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Air Terjun Tibumana
sumber: @dhawandirksen

Rute Air Terjun Tibumana Bali

Air Terjun Tibumana berlokasi di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Susut, Bangli, Bali. Kira-kira 33 km dari Kota Denpasar atau sekitar 1 jam berkendara. Secara keseluruhan jalan hingga tiba di lokasi sudah lumayan bagus, namun berkelok-kelok. Gunakan peta di bawah ini untuk mempermudah.

Bermanfaatkah artikel ini?

Berikan nilai Anda dengan bintang!

Rating rata-rata 4 / 5. Jumlah penilai: 1

Belum ada yang menilai! Jadilah yang pertama.

Sepertinya artikel ini bermanfaat untuk Anda...

Bagikan ke teman-teman di media sosial?

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat buat Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beritahu kami apa yang kurang dari artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *