• Wisata Alam Banyuwangi
  • sumber : banyuwangibagus.com
  • sumber : wisatajatim.info
  • sumber : beritaoposisi.co.id
  • sumber : ublik.id
  • sumber : magazine.job-like.com

Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi

posted in: Daftar Menarik, Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Wisata Alam Banyuwangi. Sebagai kabupaten yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, Banyuwangi kaya akan pesona alam yang sebagian besar tersebar di wilayah pesisirnya. Selain Kabupaten Malang, Banyuwangi adalah surga wisata pantai di Jawa Timur.

Banyuwangi merupakan kawasan transit wisatawan yang ingin berwisata ke Pulau Bali, kesempatan itu menjadikan Banyuwangi selalu berbenah dan terus menebar pesona. Berbekal banyaknya potensi wisata, Banyuwangi kini tampil sebagai salah satu destinasi wisata utama Jawa Timur.

Wisata alam di Banyuwangi menjanjikan pengalaman wisata yang cukup lengkap. Sebagai bagian kawasan Tapal Kuda paling timur, Banyuwangi memiliki border pantai-pantai yang indah. Julukan The Sunrise of Java juga mengisyaratkan bahwa matahari terbit di daerah ini adalah salah satu yang terbaik. Selebihnya, Banyuwangi juga kaya akan hutan dan gunung-gunung yang menawan.

Selain keindahan alam, Banyuwangi adalah Kota Osing dan Kota Festival. Suku Osing sebagai masyarakat pribumi banyuwangi akan memanjakan wisatawan dengan keunikan budaya mereka. Sementara itu, sejak tahun 2011, dalam rangka mengangkat potensi dan budaya daerah, banyak sekali diadakan kegiatan yang dikemas dalam tajuk Banyuwangi Festival.

Ingin menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata kali ini? Terutama bagi pecinta alam, Banyuwangi benar-benar akan memanjakan petualangan Anda. Tentu, wisata alam Banyuwangi sangatlah banyak, namun jika Pembaca tidak memiliki banyak durasi liburan, dibawah ini adalah beberapa objek wisata alam di Banyuwangi yang sangat direkomendasikan.

Wisata Alam Banyuwangi yang Terbaik & Terindah

1. Kawah Ijen (Gunung Ijen)

Wisata-Kawah-Ijen-Banyuwangi Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : bromomalangtour.blogspot.com

Dunia telah mengetahui bahwa Kawah Ijen di Gunung Ijen, Jawa Timur adalah salah satu keajaiban alam di Indonesia. Selain menyajikan pemandangan alam yang luar biasa, Kawah Ijen adalah tentang fenomena langka yang keberadaannya menjadi magnet yang mampu menarik para pelancong dari seluruh dunia.

Kawah Ijen dikatakan sebagai kawah paling asam terbesar di dunia. Memiliki tingkat keasaman hingga mendekati angka nol, sementara suhu mancapai 200 derajat celcius. Keunikan Kawah Ijen akan semakin kentara disaat gelap di pagi buta, yakni pemandangan api biru (blue fire) yang menjadi daya tarik utama obyek wisata alam ini.

Wisata Kawah Ijen merupakan bagian dari Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Kawasan ini terletak di Kecamatan Licin (Kabupaten Banyuwangi) dan Kecamatan Klobang (Kabupaten Bondowoso). Ingin tahu lebih detail mengenai obyek wisata alam Banyuwangi ini? Baca selengkapnya di Wisata Kawah Ijen

2. Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai-Plengkung Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : ublik.id

Pantai Plengkung menjadi salah satu varian wisata alam di Banyuwangi sebagai sisi keeksotikan Taman Nasional Alas Purwo. Bagi wisatawan Mancanegara, pantai ini lebih dikenal dengan sebutan G-Land. Namanya menjadi sangat terkenal karena inilah surga bagi penggila aktivitas surfing. Tidak tanggung-tanggung ombak di Plengkung dapat mencapai 8 meter di bulan-bulan tertentu. Tidak hanya itu, bahkan pantai ini menawarkan formasi gelombang 7 susun yang sejauh ini sangat dicari oleh para pecinta selancar dunia.

Aktivitas surfing di pantai ini umumnya dilakukan pada kisaran bulan April hingga Oktober. Di bulan-bulan tersebut biasanya ombak sangat besar dengan puncaknya di bulan Agustus. Tentu, Anda bisa saja datang setiap saat, namun jika diluar bulan diatas, kemungkinan tidak ada aktivitas para peselancar karena ombak pantai yang cenderung kecil. Baca selengkapnya di Pantai Plengkung Banyuwangi

3. Pantai Boom
Pantai-Boom-Banyuwangi Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : beritadaerah.co.id

Di masa lalu pantai ini adalah pelabuhan penting sehingga masih didapati banyak bekas fasilitas pelabuhan, termasuk dermaga, gudang-gudang, hingga tempat pelelangan ikan. Kini, Pantai Boom menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Banyuwangi sebagai tempat paling diminati oleh wisatawan lokal. Oleh karena letaknya yang berada di pusat kota, menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Salah satu keunikan Pantai Boom adalah pasir pantainya yang berwarna hitam dan memiliki latar-belakang Pulau Bali. Selain itu, pantai ini menawarkan kemolekan tersendiri, baik saat matahari terbit maupun saat matahari terbenam. Dengan semakin banyaknya fasilitas yang dibangun, banyak hal yang bisa dilakukan. Disini Anda bisa menikmati pemandangan dengan bersantai di pedestrian yang tertata rapi, bermain kuda atau ATV.

Pantai Boom adalah obyek wisata alam Banyuwangi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Bahkan disini telah dibangun amphitheater sebagai panggung seni. Untuk diketahui, Pantai Boom sering dijadikan tempat diselenggarakannya event besar seperti Sewu Gandrung, Banyuwangi Jazz Festival dan lain-lain. Baca lebih lengkap mengenai aktivitas, fasilitas, tiket dan rute di Pantai Boom Banyuwangi

4. Teluk Hijau (Green Bay)

Pantai-Teluk-Hijau-Banyuwangi Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : bertemanangin.wordpress.com

Banyuwangi sangat kaya dengan wisata pantai. Diantara yang menonjol ada Pantai Teluk Hijau yang menawarkan kekhasan tersendiri dalam hal keindahan. Sajian pesona alam melalui pasir putih nan lembut dengan pemandangan karang yang indah serta semakin sempurna dengan adanya air terjun setinggi 8 meter.

Pantai Teluk Hijau (Green Bay), sesuai namanya wisata alam Banyuwangi satu ini identik dengan warna hijau jika dilihat dari kejauhan. Keadaan tersebut disebabkan oleh tumbuhan alga yang terdapat di perairan dangkalnya yang memantulkan warna hijau di permukaan perairannya.

Teluk Hijau termasuk pantai tersembunyi dan masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, pemandangan yang tersaji menjadi lebih asri ketmbang pantai-pantai yang lainnya. Jika tertarik, Anda bisa mengunjunginya dengan menuju Taman Nasional Meru Betiri di bagian selatan Pesanggrahan, Desa Sarongan, Kabupaten Banyuwangi. Untuk informasi lebih lengkap, Pembaca bisa membacanya di Teluk Hijau Banyuwangi

5. Pantai Sukamade
Pantai-Sukamade Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : banyuwangibagus.com

Di Banyuwangi, pantai ini termasuk dalam triangle diamonds atau tiga tujuan wisata utama di Banyuwangi, selain Kawah Ijen dan Pantai Plengkung. Penamaan triangle diamonds sendiri merujuk pada garis lurus dalam peta yang menghubungkan ketiga objek wisata alam Banyuwangi tersebut yang membentuk segitiga. Bersama dengan Teluk Hijau, Pantai Sukamade menjadi bagian yang melengkapi kekayaan alam di Taman Nasional Meru Betiri.

Selain panorama alam pantai yang molek, pantai ini merupakan pusat penangkaran penyu. Berwisata ke Pantai Sukamade memungkinkan Anda untuk menyaksikan secara langsung bagaimana penyu bertelur, melihat penangkarannya, hingga mengikuti kegiatan pelepasan anak penyu ke laut. Oleh karena memiliki arah yang sama dengan Teluk Hijau dan Pantai Rajegwesi, bisa juga menjadikan ketiganya sebagai satu paket wisata Banyuwangi. 

6. Pantai Rajegwesi

Pantai-Rajegwesi Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : wisatajatim.info

Ketika Anda telah menentukan pilihan untuk pergi ke Teluk Hijau dan Pantai Sukamade, jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai Rajegwesi. Disinilah setiap wisatawan dapat menikmati pengalaman wisata penuh keindahan yang menenangkan di pantai yang jauh dari keramaian kota. Pemandangan pantai sangat molek dengan dikelilingi oleh hutan tropis dari Taman Nasional meru Betiri.

Secara administratif, Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarogan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan kondisi jalan yang teduh dengan perbukitan yang indah serta rumah-rumah klasik penduduk setempat. Wisata alam Banyuwangi ini sangat ideal untuk berenang karena ombak yang cukup tenang dan tidak terlalu besar. 

7. Air Terjun Lider

Air-Terjun-Lider-Banyuwangi Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : beritaoposisi.co.id

Terutama bagi Anda yang menyukai petualangan alam bebas, Air Terjun Lider bisa menjadi sebuah hadiah terindah saat berwisata alam di Banyuwangi. Sebuah perjalanan penuh tantangan melewati beberapa tebing curam, hingga menyeberangi sungai sebanyak 7 kali di hutan lindung petak 74, Blok Lider. Tepatnya berada dilereng timur Gunung Raung di kawasan Resort pemangkuan Hutan (RPH Jambewangi), Banyuwangi Barat.

Air Terjun Lider merupakan satu diantara wisata alam Banyuwangi dimana setiap bagiannya menciptakan panorama yang eksotik. Percikan buih air terjun mengurai cahaya matahari menjadi spectrum warna pelangi yang menakjubkan melalui 60 meter tumpahan air dengan ketinggian 1.300 mdpl. Air terjun ini juga didampingi oleh 4 air terjun kecil yang semakin menawan dengan dinding tebing berupa deretan batu berdimensi rata. Keberadaannya seolah menggantung diantara dua jurang yang menghimpit air terjun ini. 

8. Pulau Merah

Pantai-Pulau-Merah-Banyuwangi Daftar Objek Wisata Alam Terbaik & Terindah di Banyuwangi
sumber : magazine.job-like.com

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menarik banyak wisatawan untuk mengaguminya. Sebuah perpaduan menawan antara pantai berpasir putih berair sejernih kristal dengan barisan pegunungan yang rimbun dan hijau. Pulau Merah merupakan salah satu wisata alam di Banyuwangi yang sangat ideal untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Pantai Pulau Merah juga dipercantik oleh keberadaan gunung kecil yang unik di tengah pantai. Bukit bertanah merah tersebutlah yang menjadikan pantai ini dinamakan Pulau Merah. Nama lain yang pernah disandang pantai ini adalah Pantai Ringin Pitu.

Pulau Merah adalah surga lain bagi para peselancar di Banyuwangi. Meski ombak tidak seekstrim di Pantai Plengkung, ombak di Pulau Merah sangat ideal untuk aktivitas surfing. Di tahun 2013 yang lalu, di Pulau Merah pernah diselenggarakan event International Surfing Competition yang melibatkan para peselancar dari 20 negara. Baca lebih detail mengenai wisata alam Banyuwangi ini di Pulau Merah Banyuwangi

Objek Wisata Alam Banyuwangi

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.7 (6 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *