Bangsring Underwater Banyuwangi, Surga Snorkeling di Timur Pulau Jawa

Bangsring Underwater. Liburan ke Jawa Timur, memungkinkan banyak hal yang bisa dilakukan. Termasuk jika sobat ingin lebih dekat dengan alam. Salah satu ide terbaiknya adalah ke Banyuwangi. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini kaya akan pesona alam, terutama koleksi pantainya.

Tentu, pastikan untuk memfilter tujuan agar mendekati ekspektasi wisata Anda. Terkhusus bagi traveler yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut, wisata Bangsring Underwater Banyuwangi adalah saran terbaik untuk dicoba.

Berminat? segera meluncur ke Pantai Bangsring di Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Oleh karena lebih menonjol di wisata bawah laut, saat ini pantai ini lebih dikenal sebagai Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi.

Apa yang tersaji di bawah laut Selat Bali ini benar-benar mampu menyedot kekaguman siapa saja, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Taman lautnya benar-benar terjaga, kaya keragaman hayati dengan beragam jenis ikan berwarna-warni memperkaya kemolekannya.

Bangsring Underwater atau biasa disingkat Bunder merupakan objek wisata alam berbasis konservasi terumbu karang, baik yang alami maupun buatan. Tempat wisata bahari ini tercipta sebagai buah hasil kerja keras para nelayan desa setempat.

Perjuangan keras mereka untuk menyelamatkan laut dan isinya dari kepunahan benar-benar berhasil dan membanggakan. Tidak heran jika di pertengahan tahun 2017 lalu diganjar penghargaan Kalpataru untuk kategori Penyelamat Lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bangsring Underwater Banyuwangi
sumber : bangsringboat.blogspot.com

Aktivitas di Wisata Bangsring Underwater

Salah satu daya tarik utama Pantai Bangsring adalah Rumah Apung Bangsring. Rumah terapung di tengah pantai seluas 27 kali 7 meter ini akan menyibukkan sobat dengan banyak aktivitas. Jadi, mulailah keceriaan dengan menaiki perahu untuk mencapainya.

Bahkan jika terlanjur doyan, bisa juga kembali memilih menaiki kano atau banana boat dari tempat ini dan menjelajahi sekitarnya. Stok kano yang tersedia adalah sekitar 17 buah, sementara banana boatnya ada 4 buah. Pastikan Anda, tidak kehabisan jatah.

Rumah Apung Bangsring dibangun sebagai tempat penjinakan ikan hiu yang ditempatkan dalam beberapa keramba berukuran 3×3 meter. Oleh karena itu, tempat ini diletakkan agak ke tengah laut agar ikan-ikan hiu bisa bertahan hidup dengan nyaman. Jika tertarik, boleh saja menikmati sensasi berenang dengan mereka

Berani? tenang saja. Selain telah disediakan peralatan menyelam lengkap, sobat pun akan dipandu oleh para penyelam yang tentu saja lebih mengutamakan keselamatan pengunjungnya. Jadilah berani dan bersikap tenang ketika ikan-ikan hiu coklat mulai menyambut dengan mengitari Anda.

Tidak hanya mereka, ikan-ikan hias, lobster dan ikan-ikan lainnya juga turut menemani pengalaman wisata mendebarkan ini. Apapun aktivitas Anda di Rumah Apung Bangsring, pastikan untuk tidak ketinggalan kemolekan matahari terbenam di tengah laut di Pantai Bangsring Banyuwangi.

Sobat ingin fokus pada satu hal “snorkeling”? tentu saja. Bangsring Underwater adalah akuarium raksasa yang akan memanjakan obsesi Anda tersebut. Masukilah kejernihan airnya dan nikmati pesona kedalaman laut dangkalnya.

Jelajahi keragaman hayati bersama berbagai jenis biota laut. Snorkeling adalah salah satu aktivitas utama di Pantai Bangsring yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan jika baru pertama kali ini, ada pemandu yang akan membantu Anda melakukannya.

Penasaran dan ingin lebih dalam lagi? menyelam (diving) adalah pilihan sempurna. Lakukan dan bergembiralah di saat sejauh mata memandang hanyalah warna-warni keindahan. Komposisi keeksotikan di dominasi oleh aneka terumbu karang dan disempurnakan beragam biota laut.

Pantai Bangsring Banyuwangi
sumber : merahputih.com

Fasilitas Wisata di Bangsring Underwater

Sebagai objek wisata alam yang terus berkembang, Bangsring Underwater terus melengkapi fasilitas yang ada. Sejauh ini beragam fasilitas telah tersedia, mulai dari gazebo, penyediaan alat snorkeling, kamera underwater, hingga chasing waterproof.

Ada juga persewaan kano, banana boat hingga perahu tradisional bagi mereka yang ingin melanjutkan Wisata ke Pulau Tabuhan. Bagi yang ingin menginap, ada beragam hotel dan penginapan di sekitar Pantai Bangsring Banyuwangi

Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi
sumber : @acutski

Harga Tiket Masuk Bangsring Underwater

Berikut ini adalah daftar harga tiket masuk Wisata Bangsring Banyuwangi beserta tarif penyeberangan, parkir dan fasilitas lainnya. Harga tertera dalam daftar berikut bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan pengelola.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 2.000
Penyeberangan Rp. 10.000
Parkir Sepeda Motor Rp. 3.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Camera Underwater Rp. 150.000 / unit
1 Chasing Waterproof Rp. 35.000
1 set Fin / Sirip Rp. 15.000
1 set Alat Diving Rp. 400.000 (khusus yang berlisensi)
1 set Alat Diving + Guide Rp. 800.000
Try Diving (pemula) Rp. 150.000 / 15 menit
Perahu Kano Tunggal Rp. 30.000 / 60 menit
Perahu kano Double Rp. 40.000 / 60 menit
Banana Boat Rp. 5.000 / orang (PP Rumah Apung)
Bola Air Rp. 30.000
Kursi pantai Rp. 5.000 / 60 menit
Sewa Perahu ke Tabuhan Rp. 500.000 / minimal 10 orang
Penginapan Terdekat Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi & Rute ke Pantai Bangsring Banyuwangi

Objek Wisata Bangsring Underwater terletak sekitar 20 kilometer ke utara dari Kota Banyuwangi. Cara terbaik menuju ke sana adalah melalui Stasiun Banyuwangi Baru. Apabila ingin naik bus, bisa melanjutkan ke Terminal Sri Tanjung dan naik bus jurusan Situbondo kemudian turun di jalan raya Bangsring.

Dari jalan raya lokasi pantai masih 1,5 kilometer lagi. Jalan masuknya agak kecil, usahakan tidak kelewatan. Jika lebih tertarik naik taksi, mengingat jaraknya yang cukup dekat, biasaya tidak pakai argo. Jadi nego tarifnya. Bisa juga menggunakan ojek di Stasiun Banyuwangi atau memanfaatkan Ojek Online.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *