Bukit Campuhan Ubud Bali – Suasananya Sakral, Alamnya Indah Maksimal

Wisata adalah tentang penyembuhan atau bisa juga tentang pelarian menuju pada kegembiraan. Apabila Anda memilih Pulau Bali sebagai destinasi, Ubud merupakan kawasan paling strategis untuk menyembuhkan diri. Banyak solusi retreat dari Ubud, termasuk Bukit Campuhan yang menawarkan lanskap mengagumkan.

Segenap masyarakat Bali sangat menghormati kawasan Campuhan berkat kekuatan spiritualnya yang luar biasa. Senantiasa begitu sejak wilayah ini ditemukan pada abad ke-8. Istilah Ubud sendiri berasal dari Ubad (obat) yang mengacu pada tradisi penyembuhan dengan memanfaatkan berbagai tanaman dari wilayah ini.

Dalam hal wisata, kawasan Bukit Campuhan Ubud populer dengan nama Campuhan Ridge Walk. Ini adalah salah satu Tempat Wisata Terbaik Ubud yang wajib Anda kunjungi. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat Ubud. Tepatnya berada di Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Wisata Bukit Campuhan Ubud
credit: flickr/artembali

Daya Tarik Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Bali merupakan objek wisata yang menawarkan aktivitas luar ruangan. Tempat favorit bagi segenap wisatawan yang ingin lebih dekat dengan keindahan alam Ubud. Hadir sebagai opsi liburan terbaik, setelah sebelumnya wisatawan puas menjelajahi pusat Ubud yang kental dengan nuansa seni dan budaya.

Tjampuhan Ridge Walk menjadi istilah populer yang menandai bahwa bukit ini mengharuskan siapapun untuk “berkeringat”. Memasuki ketenangan alam dengan bersepeda, trekking atau jogging. Treknya mudah dengan akses jalan yang sudah tertata rapi, sehingga semua wisatawan dari berbagai usia pun bisa melakukannya.

Berkunjung ke Bukit Campuhan Ubud, Anda bisa memilih berangkat awal pagi untuk menikmati indahnya sunrise. Seiring dengan kesejukan udara, alam melukis pagi secara perlahan merubah lembah perbukitan untuk kembali hijau sempurna. Semakin indah, ketika kabut tebal turut menyempurnakan panoramanya.

Atau, bisa juga sore hari. Nikmatilah sepenuhnya pemandangan senja ketika hijau alam perlahan menghitam, seiring matahari mulai terbenam. Demikianlah adanya, Bukit Campuhan selalu menawan, baik sunrise maupun sunset. Jadi, datang dan tentukan pilihan. Nikmatilah bukit ini dengan cara yang Anda suka.

Wisata Ubud Bali selalu lekat dengan religiusitas masyarakat Hindu Bali, demikian pula dengan Bukit Campuhan Ubud. Terdapat pura sakral di kawasan bukit ini, yakni Pura Gunung Lebah. Tempat pemujaan Sang Hyang Btari Danuring Gunung Batur ini dalam sejarahnya merupakan cikal bakal dari keberadaan Desa Ubud.

Oleh karena keberadaan Pura Gunung Lebah, bukit ini juga populer dengan sebutan Bukit Gunung Lebah. Sebutan lain untuk bukit ini adalah Bukit Cinta. Julukan yang terakhir ini merujuk pada banyaknya pasangan muda-mudi yang menjadikan Bukit Campuhan sebagai tempat ideal mereka menghabiskan waktu bersama.

Bukit Campuhan Ridge Walk
credit: @bckfwd

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Karena berjarak dekat dengan pusat Ubud, fasilitas umumnya mudah ditemukan sebelum pintu masuk Campuhan Ridge Walk. Apabila ingin bersepeda, Ubud menyediakan banyak persewaan sepeda. Harga sewanya sekitar Rp20.000. Untuk akomodasi, lihat rekomendasi Daftar Hotel Murah Ubud dan Hotel Bintang 5 Ubud Bali.

Daya Tarik Bukit Campuhan Bali
credit: flickr/peternijenhuis, CC BY-NC-ND 2.0

Peta Lokasi Bukit Campuhan Bali

Bukit Campuhan Ubud berlokasi di Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Dekat The Blanco Renaissance Museum atau kurang lebih 1 km ke arah barat dari pusat Ubud. Pintu masuknya dekat Hotel Ibah. Jika berangkat dari Denpasar, Anda perlu berkendara sekitar 1 jam. Lihat Peta Lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *