Danau Batur, Bali – Wisata Alam nan Eksotik, Bentuknya Mirip Bulan Sabit

Danau Batur. Jika ada rencana wisata ke Bali, cobalah ke wilayah Kintamani di Kabupaten Bangli. Terutama bagi traveler pecinta alam pegunungan, kawasan ini wajib dikunjungi. Keberadaan Gunung Batur berketinggian 1717 mdpl mendominasi lanskap alamnya.

Gunung Batur juga termasuk kaldera salah satu yang terbesar di dunia. Di kaldera seluas 13,8 x 10 km itulah keindahan membentang. Di dalamnya, di kaldera Batur Lama, tepatnya di sebelah tenggara, ada danau kawah bernama sama, Danau Batur yang selalu mempesona.

Berada pada ketinggian 1031 mdpl, Danau Batur Kintamani memanjang sejauh 7,5 km dan melebar sekira 2,5 km. Meski kalah populer dengan Danau Beratan yang terkenal bersama komplek candi airnya, danau yang titik terdalamnya mencapai 88 meter ini tak kalah menawan.

Salah satunya karena keindahan alamnya, UNESCO kemudian menetapkan Danau Batur di Kintamani ini sebagai kawasan Taman Bumi (Global Geopark Network). Dalam sejarahnya, danau ini merupakan dampak dari dua letusan besar yang terjadi puluhan ribu tahun lalu.

Sebagai danau kaldera aktif, warna airnya senantiasa berubah karena kandungan belerang di dalamnya serta adanya sumber air panas. Keunikan lain dari danau seluas 16 kilometer persegi ini adalah bentuknya. Jika dipotret dari atas sekilas mirip bulan sabit.

Danau Batur Bali
sumber : @doddyarisusanto

Aktivitas di Danau Batur

Banyak hal yang bisa dilakukan di danau ini. Sebelum benar-benar sampai di lokasi, tepatnya ketika masih berada di Desa Pekraman, sempatkanlah sejenak menikmati lanskap alam dari ketinggian. Bentuk danau yang melengkung sekilas terlihat dari desa ini.

Ketika sampai di danau, Anda bisa menjelajahi perairannya menggunakan perahu yang disediakan untuk disewa. Suka memancing? di sinilah tempat ideal untuk melakukannya. Nile Tilapia atau yang lebih dikenal sebagai Ikan Mujair sangat dominan di danau ini.

Danau Batur Kintamani
sumber : travelbos.co.id

Bagi penggemar fotografi, banyak spot-spot molek untuk diabadikan. Keeksotikan danau semakin kentara di kala sunrise dan sunset. Suka selfie? cari sudut-sudut terbaik untuk mengabadikan diri, lakukan hal itu dengan penuh etika.

Jangan lupa untuk juga berkunjung dan merasakan mandi di pemandian air panasnya, sementara sejauh mata memandang dimanjakan pemandangan. Objek wisata yang dikenal sebagai Sumber Air Panas Batur atau Batur Natural Hot Spring itu bisa dijumpai di desa Toya Bungkah.

Selebihnya, cobalah melebar hingga tiba di desa kuno yang berada di seberang danau. Desa Teruyan namanya. Sebuah desa adat Bali Aga yang dikenal memiliki tradisi pemakaman yang unik. Jenazah tidak dikubur melainkan diletakkan di bawah pohon Taru Menyan.

Fasilitas dan Akomodasi

Sebagai salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Bangli, fasilitas wisata Danau Batur sangatlah memadai. Bahkan, agar pengalaman wisata semakin berkesan, Anda perlu mencoba menikmati kuliner di tepian danau. Menunya beragam dengan harga bervariasi.

Di tepian danau, juga tersedia fasilitas perahu tradisional bagi mereka yang ingin mengarungi perairannya. Ada juga persewaan alat pancing, jadi Anda bisa saja tidak membawa alat pancing sendiri untuk merasakan sensasi memancing di danau cantik ini.

Untuk akomodasi, banyak varian penginapan yang tersebar tidak jauh di sekitaran danau. Khusus bagi sobat traveler yang ingin bermalam lebih dekat dengan alam, bisa juga mendirikan tenda di lahan yang tersedia di tepi danau.

Biaya Wisata & Harga Tiket

KeteranganHarga
Tiket Masuk
Sumber Air PanasRp. 15.000
ParkirMotorRp. 2.000
MobisRp. 5.000
BusRp. 10.000
Rental di BaliMotorRp. 50.000
MobilRp. 500.000
Sewa Perahu (maks 10 org)Rp. 500.000
Sewa Alat PancingRp. 10.000
Penginapan TerdekatLihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Batur Lake, Bali
sumber : kintamani.id

Lokasi & Rute Danau Batur

Lokasi Danau Batur : Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

Danau ini berjarak sekitar 65 km dari kota Denpasar, membutuhkan durasi sekitar 2 jam berkendara untuk mencapainya via Gianyar. Kalau dari Singaraja, Anda bisa mencapainya melalui Desa Kubutambahan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Cara terbaik untuk berkunjung adalah memanfaatkan paket wisata Bali dari travel agent. Jika ingin melakukan perjalanan mandiri, bisa juga menyewa kendaraan di rental mobil di Bali. Kisaran harga sewanya ada dalam daftar di atas. Peta Lokasi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *