Desa Senaru, Lombok – Eksotika Budaya dan Alam di Kaki Gunung Rinjani

Desa Senaru. Seperti kebanyakan gunung-gunung pendakian di Indonesia, Gunung Rinjani di Lombok membentangkan pesonanya hingga ke desa-desa di sekitarnya. Satu di antaranya adalah Senaru, salah satu dari dua jalur pendakian resmi Rinjani, selain Sembalun Lawang.

Senaru Lombok adalah desa yang indah. Keindahan alam pegunungan terhampar di sejauh pandangan mata. Tidak hanya itu, kemolekan alam yang tersaji dengan bagusnya, disempurnakan oleh keberadaan masyarakat adat, Suku Sasak, yang senantiasa kekeh memegang budaya mereka.

Terutama bagi masyarakat perkotaan yang jauh dari eksotika pedesaan, Senaru adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Andakah salah satunya? pesiapkan diri untuk menjadi traveler paling berbahagia. Masuki ketentraman desa, jauhi dan lupakan hiruk pikuk kota.

Desa Senaru bisa dikunjungi di Kabupaten Lombok Utara. Desa ini masuk dalam wilayah Kecamatan Bayan. Sebagai jalur pendakian resmi Gunung Rinjani, sangat mudah menemukannya karena banyak jalan untuk mencapainya. Berangkatlah! setelah membekali diri dengan informasi dalam artikel ini.

Desa Senaru Lombok
sumber : @wisatadesasenaru

Aktivitas di Desa Senaru

Aktivitas di Senaru selalu bergantung pada durasi dan kebutuhan wisata yang sobat miliki. Mungkin dibutuhkan beberapa hari agar bisa puas menjelajahinya. Jika punya banyak waktu dan energi, ide terbaiknya adalah sekalian mendaki Gunung Rinjani.

Sendang Gile Waterfall - Wisata Desa Senaru
Sendang Gile Waterfall, sumber : @lim_franky

Jika memang berencana melakukan pendakian Rinjani, bisa mencoba memulai dengan menggunakan rute Sembalun dan mengakhirinya di Desa Senaru. Sebab, rute inilah yang dipilih oleh kebanyakan pendaki. Selanjutnya, Anda bisa mengeksplorasi sepuasnya kemolekan desa ini.

Adapun jika tidak tertarik untuk mendaki, abaikan saja dua paragraf di atas. Banyak sekali objek wisata di Senaru yang dipastikan mampu memuaskan gairah wisata, siapa saja. Wisata Desa Senaru lebih menawarkan ragam objek wisata alam dan budaya.

Untuk wisata alam, selain Gunung Rinjani, Senaru memiliki beberapa air terjun yang menawan. Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah yang paling populer di Pulau Lombok. Keduanya bisa diakses melalui pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun Tiu Kelep Lombok
sumber : @liloandtrip

Tentu, masih banyak sudut alam yang semuanya layak dijelajahi. Namun, dua air terjun tersebut dengan pemandangan selama liku-liku untuk mencapainya sudah sangat mewakili. Selebihnya, sisa waktu liburan bisa dialihkan untuk menghayati budaya masyarakat Sasak.

Jadikan wisata menjadi lebih bermakna dengan berkunjung ke desa adat Senaru. Mencoba lebih dekat dengan budaya dan religiusitas masyarakatnya. Mengagumi arsitektur rumah yang unik atau bercengkerama ringan dengan warga setempat, atau…manfaatkan kamera!

Jika terlanjur terpikat, pergi ke Pura Penataran Agung Rinjani. Untuk diketahui, selain indah, Rinjani juga bervibrasi spiritual dan disucikan. Bisa juga melebar hingga ke hutan Bangket Bayan. Bersafari di hutan adat tersebut pasti memberi pengalaman tersendiri.

Pastikan juga singgah di Masjid Kuno Bayan Beleq yang unik dan dikatakan sebagai masjid tertua di Pulau Lombok. Kagumi juga rumah adat Karang Bajo. Mumpung di Bayan, jangan sia-siakan kesempatan, temukanlah nilai kearifan dari keeksotikan yang menyelimuti tempat ini.


Fasilitas & Akomodasi di Desa Senaru

Sebagai salah satu jalur pendakian resmi Rinjani dan sebagai desa wisata budaya, Senaru telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas umumnya bisa ditemukan di sekitar atau di pintu masuk masing-masing objek wisata di Desa Senaru.

Untuk akomodasi, beragam pilihan penginapan sudah tersedia dengan harga yang bervariasi. Ada homestay, guest house hingga cottage dan lain sebagainya. Harga penginapan mulai dari 100 ribuan. Untuk melihat daftar harga, dalam tabel di bawah, klik Cek Harga.

Harga Tiket Masuk Wisata Desa Senaru Lombok : Beberapa objek wisata di Senaru tidak menetapkan tarif atau gratis, bisa juga memberi donasi secara sukarela. Jika ada biaya, hanya untuk parkir. Namun, sebagian lainnya ada juga yang telah ada tiket masuknya.

Keterangan Harga
Desa Senaru Gratis / Donasi, Parkir Rp 2.000
Sendang Gile & Tiu Kelep Rp 10.000, Parkir Rp 3.000
Masjid Bayan Beleq Gratis / Donasi, Parkir Rp 5.000
Gunung Rinjani Rp 35.000
Penginapan Cek Harga
mungkin harga kurang akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu
Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq, sumber : travelagentlombok.com

Lokasi & Rute Desa Senaru

Lokasi Desa Senaru : Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Dari Mataram, desa ini bisa dicapai dengan sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa memilih jalur Lendang Bajur di Gunung Sari. Rute angkutan ini akan melewati kawasan hutan Baun Pusuk dan langsung menuju desa Senaru.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau ingin menyewa mobil di Lombok. Bisa juga memilih jalur pesisir barat melalui kawasan Pantai Senggigi dan melewati Bukit Malibu. Selain durasi perjalanan sedikit lebih singkat (2 jam), pemandangan selama perjalanan sangat menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *