Gili Kedis, Lombok – Pulau Cinta, Meski Mungil Namun Indah Mempesona

Gili Kedis Lombok. Ketika memilih Lombok sebagai destinasi liburan, aneka wisata bahari telah siap memanjakan. Namun perlu memfilter tujuan, karena setiap wilayahnya saling mendefinisikan keindahan. Salah satu ide terbaiknya adalah ke wilayah Lombok Barat yang setiap saat senantiasa memikat.

Selain berkunjung ke Pantai Senggigi, cobalah pergi ke selatan ke Sekotong, kemudian memilih satu diantara ragam Pulau Gili. Dijamin! segala bentuk obsesi wisata bahari seketika terlunasi. Di sekitar Gili Nanggu yang menawan, temukanlah Gili Kedis yang mungil dan manis.

Istilah Kedis dalam bahasa Sasak berarti burung kecil atau pipit. Dinamakan Kedis, mungkin karena luas pulau Gili ini memang kecil dan bisa jadi yang terkecil di antara Gili di Lombok. Oleh karena identik dengan nuansa romantis, ada juga yang menjulukinya sebagai Romantic Island.

Gili Kedis sering juga disebut Pulau Cinta. Kalau penamaan ini merujuk pada daratannya yang ketika air surut terlihat berbentuk seperti lambang “love” jika diamati dari ketinggian. Secara administratif, Gili Kedis Lombok berlokasi di desa Medang, kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Gili Kedis Lombok
sumber : youtu.be/PlUMLVXkYng

Aktivitas di Gili Kedis Lombok

Meski kecil, namun Gili Kedis Lombok adalah pulau yang cantik luar dalam. Panorama pantai yang indah seolah mengajak Anda menjelajah sejenak di hamparan pasir putihnya. Selanjutnya, perairan dangkal yang jernih bak kristal itu akan menggoda Anda untuk basah dalam ketenangannya.

Bermain air atau berenanglah. Puaskanlah aktivitas di permukaan sebelum kemudian masuk menyelami kedalaman. Lihatlah betapa Anda berada di surga penuh keragaman terumbu karang yang indah, sementara aneka jenis ikan turut menyertai sejauh rasa ketakjuban Anda.

Pastikan durasi wisata kali ini panjang, sebab island hopping juga merupakan aktivitas yang sangat disarankan. Melebarlah ke gili-gili tetangga. Bersantai dan menikmati keindahan lanskap alam di Gili Sudak, kemudian lanjut ke Gili Nanggu, snorkeling lagi, gembira lagi.

Sebenarnya Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Kedis telah umum dijadikan satu paket wisata. Selain ketiganya masih ada beberapa pulau gili lain diperairan Sekotong. Semua bergantung durasi dan kebutuhan wisata Anda. Jika terlanjur suka, bisa juga menjelajahi semuanya.

Gili Nanggu Wisata Lombok
sumber : pertiwilomboktour.com

Fasilitas di Pulau Gili Kedis

Fasilitas umumnya berada di Gili Nanggu dan Gili Sudak, di keduanya telah ada penginapan berupa resort dan cottage. Di Gili Nanggu juga telah ada fasilitas umum lainnya seperti lahan perkemahan tempat ibadah, cafe dan rumah makan, serta toilet bersih. Jadi, wisata ke Gili Kedis, usahakanlah menjadikannya satu paket dengan gili-gili yang lain.

Harga Tiket Masuk Gili Kedis Lombok :

Keterangan Harga
Sewa Kapal (muat 10 orang) ± Rp 350.000
Tiket Masuk Gratis
Penginapan di Gili Sudak / Gili Nanggu ± Rp 250.000 >
Lahan Camping Gili Nanggu ± Rp 100.000 / tenda
Alat-alat Snorkeling ± Rp 15.000 – Rp 25.000 / item
Pulau Gili Kedis
sumber : radjatahu.blogspot.com

Cara Pergi ke Pulau Gili Kedis

Jika dari Kota Mataram, lanjutkan perjalanan sekitar 1 jam menuju desa Batu Kijuk, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil karena tidak ada angkutan umum. Dari desa tersebut menyeberang dalam durasi sekitar 20 menitan.

Jika berangkat dari Bandara, naik Damri dan berhenti di bundaran Patung Sapi di Gerung. Lanjut naik angkot ke Pelabuhan Lembar dan menyeberang. Opsi lain adalah menuju ke Pelabuhan Tanjung Kelor, hanya saja tidak ada angkutan, bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil atau travel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *