Kali Cokel Pacitan – Indah Alamnya, Seru Aktivitas di Kejernihan Airnya

Kali Cokel. Pacitan merupakan destinasi ideal bagi penggemar pantai di Jawa Timur. Watu Karung adalah salah satu wilayah yang memiliki beberapa pantai indah di sana. Selain Pantai Watukarung yang menjadi spot peselancar dunia, ada Pantai Kasap dan sejumlah pantai lain yang juga mempesona.

Hanya saja artikel ini bukan tentang pantainya, melainkan tentang sungai jernih yang mengalir tenang di sekitarnya, Kali (sungai) Cokel namanya. Secara terpisah, sungai ini melejit keberadaannya sebagai objek wisata susur sungai mengejar popularitas Sungai Maron yang lebih dulu dikenal di Pacitan.

Sungai Cokel diminati karena airnya bersumber dari Goa Luweng Jaran sehingga lebih jernih. Hal ini berbeda dengan Sungai Maron yang keruh ketika musim penghujan tiba. Suasana yang tenang dan masih alami dengan jajaran pohon kelapa menghiasi tepiannya menjadi daya tarik tersendiri.

Liburan ke Pacitan, wajib kiranya berkunjung ke Watu Karung. Sembari menikmati eksotika alam pantai-pantainya, jangan lupa mampir ke Kali Cokel. Lokasi objek wisata ini masih berada di satu area dengan Pantai Kasap, yakni di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Wisata Kali Cokel
sumber: @asrul_ashadi

Aktivitas Wisata Kali Cokel

Wisata Kali Cokel Pacitan memungkinkan wisatawan menjelajahinya dengan beberapa cara. Meski mungkin sobat traveler bisa saja berjalan di sepanjang tepiannya, aktivitas paling menarik adalah di atas perairannya. Naik perahu atau mencoba mendayung di atas Stand-Up Paddle Board (SUP).

Dengan berperahu, sobat akan diajak berkeliling menjelajahi muara sungai sejauh kurang lebih 2 kilometer. Sepanjang menyusuri sungai, kesejukan dan nuansa hijau benar-benar memanjakan mata sebelum akhirnya tiba di lautan lepas yang indah berhias jajaran pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Sejauh ini biaya naik perahu di Kali Cokel adalah 17 ribu rupiah. Untuk kapasitas perahunya adalah sekitar 5-6 orang. Ide menarik lainnya adalah mencoba keseruan wahana Stand-Up Paddle Board (SUP). Sejenis watersport yang memungkinkan Anda berdiri sambil mendayung di atas sebuah papan.

Jika durasi wisata berlebih, cobalah melebar ke beberapa pantai di Watu Karung. Menikmati cantiknya ombak di Pantai Watukarung atau mengagumi kemolekan Pantai Kasap yang dikatakan sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Selebihnya, Andalah yang paling tahu cara terbaik menikmati wisata ini.

Wisata Susur Sungai Kali Cokel
sumber: @wiwidantari

Fasilitas Kali Cokel Pacitan

Meski tergolong tempat wisata baru di Pacitan, wisata susur Sungai Cokel telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Ada beberapa lokasi parkir di sekitarnya, yang terdekat tidak terlalu luas. Seperti yang disebutkan di atas, di sini telah disediakan fasilitas perahu dan SUP.

Untuk konsumsi, ada beberapa warung penjual makanan dan minuman di sekitarnya. Jika ingin fasilitas yang lebih lengkap, bisa menuju Pantai Watukarung. Selain fasilitas dasar yang memadai, di sekitar pantai banyak tersedia penginapan seperti homestay, guest house, villa, dan resort.

Kali Cokel Pacitan
sumber : pacitannews.com

Harga Tiket Masuk Wisata

Sejauh ini, objek wisata Kali Cokel tidaklah menetapkan biaya tiket masuk secara mandiri. Namun untuk memasukinya, wisatawan akan melewati pintu masuk Pantai Watu Karung dan membayar tiket masuk di pantai tersebut. Rinciannya sebagai berikut:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Roda 2 Rp. 5.000
Parkir Roda 4 Rp. 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute & Peta Lokasi Wisata

Karena pintu masuknya ada di Pantai Watukarung, maka sobat perlu menuju pantai tersebut terlebih dahulu. Sekitar satu jam ke selatan dari Kota Pacitan. Meski jalan yang dilalui berkelok-kelok dan banyak persimpangan, sudah banyak petunjuk yang mengarah ke pantai ini.

Ketika sampai di pantai tersebut, setelah menyelesaikan pembayaran di gerbang loket, silahkan belok ke kiri. Jika mengendarai mobil harap hati-hati karena jalannya lumayan sempit. Manfaatkan peta di bawah ini, klik “directions/petunjuk arah” untuk mempermudah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *